[REVIEW] ElsheSkin Acne Treatment Series*

Hi all! It’s me Indira and welcome (back) to my blog.


Jerawat itu satu hal yang gak bisa diatur kapan mau munculnya sama seperti jodoh. Meskipun sudah rajin double cleansing, rajin-rajin pakai skincare, gak stress dan faktor lainnya, tetap aja jerawat bisa muncul seenaknya dan gak bisa gitu aja langsung diusir seperti ngusir kucing.

Selama ini seringnya aku mengalami jerawatan saat datang bulan, itu pun biasanya paling banyak 4 biji. Jerawatan juga kalau coba produk skincare yang gak cocok tapi biasanya hilangnya cepat gak sampai seminggu.

Bulan Mei lalu aku pernah coba produk skincare baru dan berujung muncul jerawat karena gak cocok. Gak seperti biasanya yang kalau jerawat karena coba produk baru hilangnya cepat tanpa pakai produk spesial untuk jerawat. Jerawatnya ini selama 2 minggu gak hilang juga. Akhirnya aku memutuskan untuk pakai ElsheSkin Acne Treatment Series yang aku dapat sejak beberapa bulan lalu.

review-elsheskin, elsheskin-untuk-kulit-berjerawat, elsheskin-acne-treatment-series
ElsheSkin Acne Treatment Series 
Rp 285.000

ElsheSkin merupakan brand lokal asal Yogyakarta dan tenang aja produk ElsheSkin terdaftar di BPOM. Setau aku ElsheSkin dinominasikan sebagai skincare jerawat terbaik oleh FemaleDaily.  


Buat yang mau coba produk ElsheSkin, bisa curhat dulu dengan Beauty Assistant-nya ElsheSkin di Line dan Whatsapp. Kalian harus kirim foto wajah dan jawab beberapa pertanyaan, untuk memastikan produk apa yang akan cocok untuk keadaan kulit.

Disclosure : Product mentioned here were sent to me for review purpose. However all opinion based on my experience. Read more here.

Baca terus pengalamanku memakai skincare ElsheSkin untuk jerawat ini. Di akhir post ada kode voucher diskon ElsheSkin buat yang tertarik mau coba atau repurchase produk-produk ElsheSkin 😊.


ElsheSkin Acne Cleansing Wash

elsheskin-acne-cleansing-wash, review-elsheskin, elsheskin-untuk-kulit-berjerawat, elsheskin-acne-treatment-series

Netto : 100 ml 
BPOM : NA18161201045

Ingredients :
Aqua, Sodium Laureth Sulfate, Cocamidopropyl Betaine, Cocamide DEA, Glycol Distearate, Cocamide MEA, Laureth-10, Polysorbate 80, Sulfur, Sodium Chloride, Salicylic Acid, Polyaminopropyl Biguanide, Methylisothiazolinone

Langkah pertama dalam rutinitas skincare untuk wajah dan wajib adalah membersihkan wajah. ElsheSkin Acne Cleansing Wash ini produk pertama yang aku pakai pada pagi hari, untuk malam hari aku pakai produk ini setelah cleansing oil.

Botol kemasan dan design-nya terbilang simple dengan tutup flip top. Isinya berbentuk gel yang akan sedikit berbusa ketika dicampurkan dengan air. Sabun wajah ini memiliki pH yang sesuai untuk kulit wajah, setelah aku cek sendiri pH nya 5-6. Jadi gak bikin kulit terasa kering setelah pemakaian meskipin SLS ada di urutan ke-2. Aku kurang suka dengan wanginya yang kata orang-orang wangi sulfur, tapi oke lah masih bisa dimaklumi karena hanya beberapa detik di wajah.  Selain Sulfur ada Salicylic Acid sebagai ingredients yang dikenal baik untuk membasmi/mengatasi jerawat.


ElsheSkin Acne Refresh Toner

elsheskin-acne-refresh-toner, review-elsheskin, elsheskin-untuk-kulit-berjerawat, elsheskin-acne-treatment-series

Netto : 100ml
BPOM : NA18161201046

Ingredients :
Aqua, Propylene Glycol,  Alcohol, Polysorbate 80, Sulfur, Salicylic Acid, Methylparaben, Allantoin

Produk selanjutnya di basic skincare routine adalah memakai toner. ElsheSkin Acne Refresh Toner berfungsi untuk menyegarkan wajah dan mengangkat sisa kotoran yang kemungkinan masih menempel pada kulit.

Bentuk kemasannya sama persis seperti face wash-nya, tapi berbeda di bagian tutup yang bukan flip top melainkan cetrekan (?) gitu. Cara aku pakai dengan menuangkan ke  kapas dan tepuk-tepuk pada wajah, jangan digeser. Wanginya kurang lebih sama juga dengan face wash-nya. Sayangnya aku kurang menikmati pakai ini, karena ada Alcohol yang bikin kulit wajah aku yang didominasi kering ini, jadi semakin kering 😞. Ingredients untuk mengatasi jerawatnya juga sama seperti di atas, Sulfur dan Salicylic Acid.


ElsheSkin Acne Night Treatment

elsheskin-acne-night-treatment, review-elsheskin, elsheskin-untuk-kulit-berjerawat, elsheskin-acne-treatment-series

Netto : 100ml 
BPOM : NA18160100365

Ingredients :
Aqua, Alcohol, Lactic Acid, Propylene Glycol, Caprylic/Capric Triglycaride, Cetearyl Alcohol, PEG-20 Stearate, Glyceryl Stearate, PEG-100 Stearate, Stearic Acid, Polysorbate 80, Sulfur, Stearyl Alcohol, Cetyl Alcohol, Vaccinium, Myrtillus Fruit Extract, Salicylic Acid, Xanthan Gum, Tocopheryl Acetate, Capryloyl  Stearic Acid, Aminomethyl Propanol, Methylparaben, Propylparaben, Allantoin, BHT, Imidazolidinyl Urea, Sodium Metabisulfite

Berbeda dengan face wash dan toner nya yang bisa dipakai oleh kulit acne prone meskipun sedang tidak ada jerawat yang sedang muncul. ElsheSkin Acne Night Treatment ini hanya dipakai saat ada jerawat dan hanya dipakai pada malam hari karena mengandung AHA (Lactic Acid) sebanyak 3%.

Isinya memang hanya 15g, tapi aku yakin ini akan bertahan lama soalnya cuma dipakai sebagai spot treatment atau hanya ditotol di atas jerawat bukan dipakai semuka ya! Waktu dipakai aku gak merasa ada rasa perih apapun, mungkin karena aku sudah terbiasa dengan produk yang mengandung AHA dengan kadar yang lebih tinggi. Setelah aku pakai ini jerawat tipe papule yang ada di wajah aku hilang dalam 2-3 hari.

❗❗❗❗❗
Saat memakai produk yang mengandung AHA jangan pernah lupa untuk memakai sunscreen pada pagi hari (ya sunscreen sebenarnya wajib meskipun pada malam hari gak memakai produk yang mengandung AHA). Penggunaan produk yang mengandung AHA menyebabkan kulit lebih sensitive dengan paparan sinar matahari. Salah satu contohnya kulit bisa lebih cepat menjadi kemerahan dibanding biasanya.

Selanjutnya aku akan membahas 2 sunscreen untuk kulit berjerawat dari ElsheSkin. Pada kemasan kedua produk ini gak tertulis, aku sudah tanyakan ke CS ElsheSkin, kedua sunscreen ini masing-masing ber-SPF30 ya.


ElsheSkin Daily Protection for Acne

sunscreen-elsheskin, elsheskin-daily-protection-for-acne-skin, review-elsheskin, elsheskin-untuk-kulit-berjerawat, elsheskin-acne-treatment-series

Netto : 15g  
BPOM : NA18160100365

Ingredients :
Aqua, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Propylene Glycol, Caprylic/Capric Triglyceride, Cetearyl Alcohol, PEG-20 Stearate, Stearic Acid, Glyceryl Stearate, PEG-100 Stearate, Cetyl Alcohol, Ethylhexyl Palmitate, Polysorbate 80, Sulfur, Titanium Dioxide, Aluminum Hydroxide, Salicylic Acid, Tocopheryl Acetate, Methylparaben, Propylparaben, BHT, Imidazolidinyl Urea, Aminomethyl Propanol

ElsheSkin Daily Protection for Acne ini untuk tipe kulit kering-normal. Sunscreen agent yang dipakai adalah Ethylhexyl Methoxycinnamate dan Titanium Dioxide. Selain itu ada Sulfur dan Salicylic Acid untuk mengatasi jerawat.

Kemasannya tube dengan isi yang terhitung sedikit. Well, good point-nya ini mudah untuk dibawa kemanapun. Tekstur sunscreen ini cream dan gak ada whitecast waktu pakai. Aku ngerasa gak nyaman saat memakai produk ini, karena aku ngerasa kok seperti gak meresap dan bikin kulit aku terasa gerah dan ya tipikal lengket-lengket sunscreen gitu deh. Padahal aku cuma pakai face wash dan toner dari rangkaian ElsheSkin ini. Jadinya aku coba yang versi gel deh 😏.


ElsheSkin Daily Protection Gel for Acne Skin

sunscreen-elsheskin, elsheskin-daily-protection-gel, review-elsheskin, elsheskin-untuk-kulit-berjerawat, elsheskin-acne-treatment-series

Netto : 15g 
BPOM : NA181710101724

Ingredients :
Aqua, Alcohol, Niacinamide. Glycerinm Trehalose, Phenylbeazimidazole Sulfonic Acid, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Panthenol, Polysorbate 80, Sulfur, Carbomer, Capryloyl Sailicylic Acid, Methylparaben, Ethylparaben, Propylparaben, Phenoxyethanol, Aminomethyl Propanol, Allantoin

Dikarenakan aku merasa kurang sreg dengan sunscreen yang di atas, aku mencoba yang versi gel. Setelah aku coba, ini masuk 3 sunscreen teratas kesukaan aku! ElsheSkin Daily Protection Gel for Acne Skin ini sebenarnya untuk oily skin. Kemasannya tube yang kecil banget jadi bisa masuk pouch ataupun masuk kantong celana jeans aku. Ini cuma awet seminggu lebih aku pakai karena aku rajin reapply juga. Sunscreen ini terasa adem waktu aku aplikasikan dan cepat sekali meresap, tentunya gak whitecast!

Sunscreen agent-nya ada Phenylbeazimidazole Sulfonic Acid. Selain itu ada Niacinamide yang memiliki manfaat untuk mengontrol produksi minyak yang berlebih. Juga ada Sulfur untuk mengatasi jerawat. Sayangnya masih ada Alcohol pada urutan ke-2.

Hasilnya bisa dilihat pada foto berikut.
hasil-pemakaian-elsheskin, review-elsheskin, elsheskin-untuk-kulit-berjerawat, elsheskin-acne-treatment-series

Maaf warna kulitnya berbeda karena pencahayaan. Aslinya warna kulit aku tidak mengalami perubahan ya! Foto sebelum adalah jerawat yang sudah 2 minggu ada di wajah aku sebelum memakai ElsheSkin Acne Treatment Series ini. Beberapa hari setelah memakai semua produk untuk jerawat aku, terlihat hanya bekasnya saja. Sekarang aku lagi pakai ElsheSkin Radiant Skin Serum untuk menghilangkan bekasnya, nanti akan aku share juga review-nya, tungguin yak 😜.
  
Catatan tambahan :

  • Aku gak langsung pakai semua produk ini sekaligus. Seperti biasa aku pakai satu per satu, setelah 2 hari baru aku tambahkan produk baru. Cara ini mempermudah untuk mengetahui produk mana yang gak cocok di kulit aku.
  • Awalnya aku hanya memakai produk-produk dari ElsheSkin seri ini aja. Setelah beberapa waktu aku menambahkan produk lain karena ngerasa gak cukup. Dikarenakan tipe kulit aku didominasi kering, ditambah produk ElsheSkin Acne Treatmet Series ini mengandung Alcohol yang bisa membuat kulit aku semakin kering dan dehidrasi. Aku gak pakai produk ElsheSkin ini aja. Aku memakai beberapa produk dari brand lain agar kulit aku tetap lembap. 

RATING : 3/5
Aku senang jerawat yang sudah anteng ada di wajah aku jadi mengering setelah pakai ElsheSkin Acne Treatment Series ini. Sayangnya aku rasa rangkaian ini aja kurang pas untuk pemilik kulit kering harus ditambah dengan produk lain. ElsheSkin gak cuma fokus untuk jerawat, mereka juga punya rangkaian skincare untuk jenis kulit lain. Selain itu mereka juga ada klinik-nya lho, bisa cek di instagram @elsheskin alamatnya 😉.

review-elsheskin, elsheskin-untuk-kulit-berjerawat, elsheskin-acne-treatment-series

Diskon 10 % dengan kode SQUDINDIRA tanpa minimal order.
Untuk pembelian produk ElsheSkin di :
LINE : @elshe (pakai @ ya!)
WhatsApp : 087839734234

  Thank you very much for reading and I hope you liked this review!

9 Comments

  1. ckckckck.. sekarang ELsheskin makin terdepan ya ind product-productnya.. aku dulu pernah pakai untuk yang kulit normal. So Far So good ;)
    Sunscreen dalam bentuk gel memang paling cakeeep dah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini aku pertama kali coba sunscreen gel mba, terus langsung jatuh cinta :D

      Delete
  2. Aku juga pernah tuh pakai produk skincare eh malah jerawatan. Jadi malah kesannya beli produk buat numbuhin jerawat kan. Wkwkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya kadang ada yg gitu, untung elsheskin lumayan ngefek buat ngeringin jerawat aku

      Delete
  3. Makin banyak produk perawatan yang bisa menjadi pilihan ya

    ReplyDelete
  4. Sekarang mulai banyak ya produk skincare lokal dan bagus-bagus banget ya. Penasaran juga ini pengen nyoba Elshe karena aku doyan nyobain skincare

    ReplyDelete
  5. Produknya belum ready di semua kota di Indonesia ya mbak? kemaren" cari produk ini di Bengkulu tapi belum nemu huhuhu

    ReplyDelete
  6. Pernah pake skin acne tapi mungkin karena gak cocok jadinya malah jerawatan. Mau deh cobain produk ini siapa tahu cocok untuk aku. Makasih infonya kak :)

    ReplyDelete
  7. Ini bagus ya buat jerawat? Aku banget nih pengen memberantas jerawat bandel

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

Jika ingin berkomentar dengan meninggalkan link, silakan gunakan NAME&URL. Link pada kolom komentar akan dihapus.

Jika butuh jawaban cepat, silakan tanyakan melalui instagram: indiranyan