[REVIEW] L'Oreal Infallible Pro Matte - 107 Fresh Beige

Loreal Infallible Pro Matte, foundation yang pemakaiannya paling tricky yang pernah aku coba! Jadi nih bisa kan aku udah bosan tuh sama LA Girl Pro Coverage HD Foundation, jadi ya aku coba cari-cari foundation lain. Tadinya mau nyoba Maybelline Fit Me yang gampang ditemukan dan pilihan warnanya sudah lumayan banyak, tapi karena gak pakai pump (tahun lalu ya, sekarang sih udah ada pump-nya) jadi mundurlah dan karena ada diskon lumayan besar untuk foundation loreal ini, jadilah aku beli.

Loreal Infallible Pro Matte

RATING : 3.5/5

BISA DIBELI DI :
Sociolla, Lazada, Watsons, Guardian
Rp 149.000 - 30 ml
BPOM : NA11170301221

loreal-infallible-pro-matte-107


KOMPOSISI :
Aqua / Water / Eau Dimethicone Isododecane Nylon-12 Acrylates/Polytrimethylsiloxymethacrylate Copolymer Silica Butylene Glycol Peg-10 Dimethicone Isohexadecane Isononyl Isononanoate Pentylene Glycol Synthetic Fluorphlogopite Bis-Peg/Ppg-14/14 Dimethicone Magnesium Sulfate Phenoxyethanol Caprylyl Glycol Acrylates Copolymer Disodium Stearoyl Glutamate Disteardimonium Hectorite Calcium Gluconate Perlite Magnesium Gluconate Tocopherol Aluminum Hydroxide [+/- May Contain / Peut Contenir CI 77891 / Titanium Dioxide CI 77491, CI 77492, CI 77499 / Iron Oxides]
**komposisi produk disalin dari kemasan

note :
tulisan ini sudah selesai sejak mei tahun 2019, tapi baru di posting januari 2020
 karena pemilik blog baru ada niat foto

🌟DESKRIPSI PRODUK🌟
L’Oreal Paris Infallible Pro-Matte Foundation merupakan alas bedak atau foundasi dengan hasil akhir yang matte dengan formulanya yang tahan lama hingga 24 jam. Dengan tekstur yang ringan dan creamy, membantu menyembunyikan ketidak sempurnaan kulit wajah, menjadikannya halus dan bersih. Cocok untuk semua jenis kulit.
**deskripsi produk disalin dari situs Sociolla

🌟KEMASAN🌟
loreal-infallible-pro-matte-107


Ini kemasan foundation yang paling travel-friendly dari semua foundation yang aku punya saat ini. Soalnya dalam bentuk tube dan gepeng, jadi sama sekali gak berat ataupun makan tempat ya. Seingetku produk barunya itu disegel plastik bening di bagian dekat tutupnya. Bagian mulutnya tersegel dengan kertas warna silver.

Untuk expired date ini ada di sisi samping. Masa pakai yang disarankan 12M (12 bulan) setelah pertama kali dibuka, makanya belakangan ini aku lagi rajin banget pakai foundation saat keluar rumah. Keluar yang dimaksud itu kerja ya, kalau cuma jajan ke warung seberang rumah sih jelas enggak hueheheh. Ya kali ke warung dekat rumah doang pakai foundation dulu, kelamaan waktu nge-blend foundationnya dibanding di warung.

loreal-infallible-pro-matte-107

Informasi di tube juga tulisannya jelas bisa dibaca. Nama dan warna shade bisa dilihat bagian depan. Bagian belakang tertulis ingredients, hasil akhir dari foundation ini sampai tips pemakaiannya. 

Bagian tutupnya ini model ulir, terus aku nyaranin waktu buka tutupnya jangan ngarah ke bawah bagian mulut tube itu, bisa tumpah-tumpah apalagi waktu masih baru. Seperti yang bisa dilihat di foto, messy banget kan bagian mulut tube.

loreal-infallible-pro-matte-107

“Ya tinggal dibersihin aja ribet banget.”

Iyeee, tapi kan mau nunjukin lho. Makanya di foto gak aku lap dulu bagian mulutnya.

🌟WARNA, TEKSTUR, WANGI🌟
Tekstur foundationnya gak yang creamy gak terlalu seperti air juga, ditengah-tengah lah, ehm teksturnya bisa dibilang agak moussey gitu kali ya, nah bingung deh sama penjelasannya. Aku kan seringnya ngeratain foundation ini dengan jari, entah kenapa aku ngerasa ada bulir-bulirnya. Untuk wanginya, ehm wangi yang gak ganggu soalnya ketika diratakan juga hilang dan wanginya juga bukan tipe yang waktu buka tutup langsung tercium gitu.

Loreal Infallible Pro-Matte Foundation setau aku lumayan banyak juga pilihan warnanya ada 12,  101 – Classic Ivory, 102 – Shell Beige, 105 – Natural Beige, 107 – Fresh Beige, 109 – Classic Tan, 110 – Crème Café. Shade yang aku punya ini 107 – Fresh Beige. Sesungguhnya waktu browsing hasil swatch foundation ini, hati ini agak cenderung ke 108 – Caramel Beige, tapi nyari dimana-mana gak nemu dan kayaknya gak masuk sini deh. Jadi yasudahlah aku pilih yang Fresh Beige. Pilihan warna foundation ini kurang lengkap, kalau lihat swatch yang beredar nih ya dari shade 108 ke 109 warnanya ‘lompat’ jauh banget, dari medium langsung jadi warna yang kecoklatan 😔.

loreal-infallible-pro-matte-107

Loreal Infallible Pro Matte Foundation Fresh Beige ini warnanya cukup masuk di warna kulit wajah aku, tapi gak perfect match. Undertone-nya kuning tapi gak yang kuning kenceng gitu sih. Buat yang kulitnya sawo kelewat matang bisa jadi pertimbangan, coba sendiri ya biar yakin!

Aku gak bakal bilang, “WAH INI PERCAYA DEH PAS BANGET BUAT KULIT SAWO MATANG.”

Pokoknya coba sendiri aja, soalnya harus nyamain undertone dan berbagai hal lainnya. Aku gak akan menjawab pertanyaan yang berupa kira-kira di kulit aku yang warnanya gini-gini di brand ini aku pakai warna ini cocok gak, dan pertanyaan yang mirip gini ya.

🌟CARA PEMAKAIAN🌟
Urutan pakai foundation ini dipakai setelah sunscreen kalau gak memakai primer. Kalau pakai primer, foundation ini setelah primer. Ada juga yang pakai concealer lalu setelahnya foundation, iya bisa juga. Dicoba aja pas dan nyamannya gimana di kulit kalian ya.

Selama 6 bulan terakhir aku pakai ini setelah sunscreen, soalnya emang gak ada makeup primer. Baru bulan lalu beli makeup primer, itu juga jarang dipakai. Aku setelah pakai foundation ini, pakai bedak hanya di bagian hidung aja.

Diawal-awal kan aku bilang ya pakainya ini tricky banget di kulit aku. Jadi aku jelaskan dulu ya. Buat yang sering baca review skincare aku, mungkin udah hafal kulit wajah aku didominasi kering tapi bagian hidung berminyak, itu pun kadar minyaknya masih terbilang santai lah.

Terus kulit kering kenapa aku malah beli foundation yang matte?
Ya kan udah ditulis juga diawal, karena bosan sama foundation sebelumnya dan juga ini lagi diskon.

Cara aku pakai ini di blend dengan jari, bukan makeup brush. Entah kenapa waktu pakai makeup brush hasilnya cakey meskipun aku udah pakai skincare yang melembapkan. Pakai beauty blender aku belum coba, soalnya udah setahunan ini aku gak punya beauty blender.

Biasanya kalau pakai foundation aku itu setelah cairan dikeluarkan langsung dibagi ke beberapa titik di wajah ya, ini gak bisa soalnya nge-set nya cepat banget. Jadi biasanya aku ratakan setengah muka dulu, saat udah beres baru deh ke sisi lainnya.

🌟PENGALAMAN🌟
Sebenarnya aku udah lama ngincar foundation Loreal, tapi yang jadi incaran aku Loreal Infallible Total Cover. Kenapa? Soalnya tergoda dengan claim-nya yang full coverage, jadi bisa menutupi dosa masa lalu yang ada di wajah. Eh ternyata Loreal infallible Pro-Matte Foundation ini juga oke coverage-nya medium to full, isinya juga lebih banyak 😁.

Aku pakai foundation ini paling suka 1 layer aja. Pernah coba pakainya 2 layer, entah kenapa warnanya jadi terang, jadi warnanya kalau lebih dari 1 layer sangat gak pas dengan kulit aku. 

Selain tools-nya, hal lain yang bikin tricky pakai ini itu, kondisi kulitnya. Lembapnya harus pas, gak boleh yang terlalu basah ataupun kering, karena bakalan bikin hasilnya cakey. Hasil akhir foundation ini matte! Jadi udah sebasah apapun wajah ini aku buat setelah pakai skincare, kalau udah pakai foundation ini ya langsung matte gak ada glow-nya sama sekali ini muka. Ya gak masalah sih untuk kulit aku yang didominasi kering ini, selama emang skincare nya udah lumayan melembapkan, ketika ditengah hari walaupun muka terlihat matte waktu dipegang gak terasa kering ataupun kulitnya seperti ketarik.


Aku paling lama pakai foundation ini 15 jam, untuk daya tahannya aku perhatikan rata-rata 6 jam setelah pemakaian foundation mulai luntur, itu juga hanya di bagian hidung aja yang berminyak. Bagian lain yang kulitnya normal mengarah ke kering tetap ada dan terbilang masih ‘rapih’. Padahal aku gak pakai makeup primer dan setting spray lho!. Jadi ya bisa dibilang setelah terbiasa aku puas dengan foundation loreal ini meskipun sangat tricky pakainya, ya siapa suruh kulit cenderung kering malah beli foundation matte.

Aku sangat merekomendasikan ini sih buat yang suka hasil foundation matte dan kemampuan menutupi bekas jerawatnya cukup baik!


Buat yang mau beli foundation Loreal ini bisa cek di Sociolla. Kalau belanja di Sociolla Rp 250.000 ada potongan Rp 50.000 dengan kode SBNLAH14. Kode ini hanya bisa dipakai pada barang dengan harga normal ya!

(Update 10 Juli 2020: kode SBNLAH14 sudah tidak berlaku. Kodenya ganti menjadi SBN054EB0 (angka nol ya bukan huruf O)

Klik gambar di bawah kalian bisa langsung beli foundation Loreal ini  😉


Terima kasih telah membaca postingan ini dan sampai jumpa pada postingan yang lain! 

7 Comments

  1. Aduh jd inget kmaren liat iklan di IG watson, fondi ini dijual cm 54rb. Udah mo borong, taunya mreka salah kasih harga.

    ReplyDelete
  2. Berarti mantul ya buat dipake seharian. Paling setelah wudhu bisa di pake blooting paper aja ya di area T-zone.

    ReplyDelete
  3. Kalo ga salah foundie satu ini sering ada promo yaa? Mupeng nih tapi pengen nyari shade yang cocok hehe

    ReplyDelete
  4. Cakep foundationnya, sesuai untuk undertone Indonesia dan bentuk tube gini enak buat dibawa kemana-mana juga gak khawatir pecah atau tumpah.

    ReplyDelete
  5. Aku cocok sama shadw 105. Emang matte banget sih dan nggak perlu bedak lagi kalo pakai ini. Aku biasanya apply pakai jari hehe.

    ReplyDelete
  6. Salah satu foundie yg banyak di pake di kalangan beauty vlogger ya, aku sering liat di yutup2 hehe

    ReplyDelete
  7. Sampai saat ini msh jadi foundie favorit aku, krna gak oksidasi.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

Jika ingin berkomentar dengan meninggalkan link, silakan gunakan NAME&URL. Link pada kolom komentar akan dihapus.

Jika butuh jawaban cepat, silakan tanyakan melalui instagram: indiranyan