[REVIEW] Menard - Tsukika Cleansing Cream*

Wednesday, December 27, 2017

Hi all! It’s me Indira and welcome (back) to my blog.


Membersihkan makeup ini salah satu step paling penting banget. Makeup yang tidak terhapus dengan sempurna dan masih menempel di kulit bisa menyebabkan jerawatan, penggunaan skincare yang dipakai juga jadi tidak bekerja dengan baik karena kulitnya terhalang oleh lapisan makeup yang masih menempel pada kulit.


Masih ingat beberapa bulan lalu saya pernah post Unboxing Sociolla Box Juli 2017? Nah salah satu item yang saya dapatkan didalamnya yaitu Menard Tsukika Cleansing Cream. Setau saya Tsukika ini line paling basic harganya jug setau saya paling murah dibandingkan yang lain, contohnya produk-produk dari line Fairlucent, Lisciare dll.





Disclosure : Product mentioned here were sent to me for review purpose. However all opinion based on my experience. Words followed with * are affiliate link. Read more here.


Brand : Menard
Product Name : Tsukika Cleansing Cream 
Brand Website : www.menard.co.id
Where to Buy :  Sociolla*
Price : Rp 362.000
Netto : 135ml / 130g / 4.5oz
BPOM : NA22111200309


Saya gak akan membahas lengkap mengenai kemasan ya, karena produk yang saya dapat dari Sociolla Box beberapa bulan lalu ini tanpa box. Menard Tsukika Cleansing Cream ini berbentuk tube dengan tutup ulir. Tube nya berwarna light yellow-cream dengan tutup berwarna putih. Saat dibuka tutupnya bisa lihat bagian mulut tube nya masih tersegel.


Dengan isi 135ml membuat kemasannya hampir sama setinggi Juara Tiare Jasmine Body Milk Tea. Saya sendiri gak ada niatan buat bawa ini untuk bepergian karena  sangat memakan tempat. Tapi kalau ada kemasan yang lebih kecil boleh lah jadi salah satu penghuni pouch travelling saya. Sayangnya kemungkinan besar gak akan terjadi, karena saya gak cocok dengan produk ini 😔.

Menard Tsukika Cleansing Cream ini merupakan pembersih makeup dalam bentuk cream berwarna putih dengan wangi yang sebenarnya masuk ke kategori lembut tapi serius deh ini wanginya kok gak hilang-hilang ya saat dipakai juga, makanya saya merasa terganggu dengan wanginya ini. Wanginya gak special yah karena saya pernah mencium wangi seperti ini dari produk lain. Saran pemakaian yang dianjurkan adalah mengeluarkan produk sebanyak 1 ruas buku jari untuk satu wajah, setebal apapun makeup yang dipakai .  Setelah itu pijat-pijat wajah selama kurang lebih 5 menit sampai makeup luruh. Sebenarnya sama saja cara kerjanya seperti memakai cleansing balm.

Saya tidak suka memakai Menard Tsukika Cleansing Cream ini untuk menghapus makeup pada mata dan bibir, lebih memilih menggunakan eye & lip makeup remover untuk menghapus kedua area tersebut. Sebelumnya saya pernah memakai ini untuk menghapus eyeliner dolly wink dan mascara nya canmake, bersih kok. Tapi saya gak nyaman aja karena harus memijat dan menekan-nekan bagian mata. Makanya lebih memilih memakai dual phase makeup remover untuk mata dan bibir.

Baru setelahnya saya menggunakan Menard Tsukika Cleansing Cream ini untuk menghapus foundation, bedak, dan blush on.  Ada satu hal yang saya sadari, kalau saya memakai foundation yang full coverage atau makeup yang terbilang tebal waktu memijatnya akan lebih lama agar semua makeupnya nya luruh hehe.

Berikut demo menghapus makeup menggunakan Menard Tsukika Cleansing Balm. Saya menggunakan foundation yang sudah saya ratakan, sengaja memilih yang warnanya berbeda dengan warna kulit saya, yaitu warna yang lebih gelap agar terlihat perbedaan sebelum dan sesudah dibersihkan.


Setiap kali memakai Menard Tsukika Cleansing Cream ini saya merasa kulit wajah sedikit lembap, mungkin karena bentuknya yang cream ya. Kemampuan membersihkan makeup complexion juga boleh banget diacungi jempol. Namun cleansing cream begini bukan menjadi pilihan saya saat sedang terburu-buru atau lagi ngantuk-ngantuknya, karena ya saat sudah mengantuk saya pasti memilih produk yang bisa membersihkan makeup secara cepat agar saya bisa segera tidur.

Sayangnya ada 1 hal yang sangat jadi permasalahan, padahal Menard Tsukika Cleansing Cream ini sudah bekerja dengan baik sesuai tugasnya untuk membersihkan makeup. Setelah berhenti-pakai-berhenti-pakai produk ini selama 7 kali, saya baru berani menyimpulkan kulit saya gak cocok dengan produk ini. Setiap kali setelah memakai ini, kulit saya selalu merasa gatal dan selalu kemerahan pada beberapa titik. Rasa gatal tersebut bertahan sampai 2 hari setelahnya. Gak heran sih karena biasanya kulit wajah saya gak bereaksi positif dengan produk yang saya rasa wanginya mengganggu.


RATING : 3/5
Secara keseluruhan saya gemesss sama kulit saya yang gak cocok dengan produk ini. Padahal tugas produk ini untuk membersihkan makeup terbilang oke. Tapi saya gak kecewa banget karena kalau cocok juga saya gak kepikiran untuk repurchase sih, banyak produk lain yang kemampuannya sama dengan harga dibawah Menard Tsukika Cleansing Cream ini. Untuk saat ini produk nya jadi saya pakai buat bersihin kuas-kuas makeup.


Produk ini dan produk Menard yang lainnya bisa di beli di Sociolla*. Pakai kode SBNLAH14 untuk  dapat potongan Rp 50.000 dengan minimal pembelanjaan Rp 250.000

Thank you very much for reading and I hope you liked this review!

RELATED POST

18 komentar

  1. Weh bersih banget ya gak ada sisa. Bisa menghaluskan lagi kece banget nih kering gak ya di kulitku yang normal cenderung kering ini

    ReplyDelete
  2. Setiap produk emang cocok2an ya dengan si penggunanya, aku salut sama yang berani nyobain produk2 baru, emang baru berasa keluhan setelah beberapa hari kemudian.

    ReplyDelete
  3. Produk emang cocok-cocokan sih ya. Aku masih lebih suka sama yang bentuk cair daripada cream kalau buat bersihin makeup. Apalagi kalau ada wangi nyengat, aku kurang suka.
    Thanks ya reviewnya.

    ReplyDelete
  4. Aku juga punya ini, tapi sama sekali blom sempet dicobain. Iya harga nya mehong untuk ukuran cleanser ya

    ReplyDelete
  5. Wajah saya yg cenderung normal-kering mungkin cocok yaa pakek ini, karena lembab.

    ReplyDelete
  6. Bagi sebagian orang, produk kecantikan tertentu mungkin cocok di kulit mereka, tidak halnya dengan kita. Saya sih milih produk yang praktis dan tidak mahal deh hehe

    ReplyDelete
  7. Beberapa kali nyoba cleanser bentuk cream rasanya kurang cocok sih. Memang urusan kulit cocok-cocokan juga ya sama sebuah produk

    ReplyDelete
  8. Wihh keren nih..langsung bersih kinclong gitu o.O

    ReplyDelete
  9. harganya ga nahan deh. Aku masih bertahan dengan miscellar cleansing water buat bersihkan make up

    ReplyDelete
  10. Mayan juga potongan harganya, haduh tergoda beli nih mba In :-D

    ReplyDelete
  11. Wuih harganya hoho... Iya ya clenser cocok2an. Cuma kayaknya muka aku sih cocok merk apa aja. Tinggal kantongnya ada apa gak hehehe

    ReplyDelete
  12. Aku termasuk punya kult wajah yang sensitif jadi nggak berani nyobain, btw thanks reviewnya yaaa

    ReplyDelete
  13. Ini nih yang kucari, selain menghaluskan kulit cara kerjanya juga cepat.Cocok buat ibu-ibu yang punya anak baik, hihi

    ReplyDelete
  14. Harganya lumayan yaaa 😎😎 Boleh dong mbak nanti di share lagi make up cleanser yg harganya oke dan bagus kualitasnya

    ReplyDelete
  15. wahhh harganya lumayan juga ya mba..tapi thanks reviewnya jadi tahu banyak per make-up an

    ReplyDelete
  16. Aku jarang bersihin wajah pakai cream pembersih, lebih ke facial foam aja. yang cair pun jarang di pakai, tapi lihat reviewnya jadi bersih begitu boleh juga di coba

    ReplyDelete
  17. Wah, harganya sesuai dengan kualitasnya ya

    ReplyDelete
  18. padahal kayaknya bgus tuh cleansingnya, tp kok dikamu bisa bikin gatal sma merah2 apa ada alergi gitu ? >,<

    ReplyDelete

Hello. Thank you for visiting my blog and share your opinion. I'll reply comment after I read. Make sure you use active profile when leave comment so I can visit your blog too. Feel free to ask follow back especially if your blog content similar with me.

Comment with active links (clickable link) to your own blog, giveaway post, referral links will be automatically removed to make this blog spam-free.