Rencana Liburan di Cirebon!*

Punya kedua orang tua yang kampung halamannya sama, rasanya ingin sesekali saat liburan berkunjung ke tempat lain. Kebetulan sebentar lagi sudah mau libur semesteran, tau sendiri kalau libur semesteran kuliah itu lama. Aku jadi kepikiran ingin mengunjungi rumah om di Cirebon.

ikon-kota-cirebon
sumber : liputan6.com

Aku gak pergi sendirian, rencananya mau pergi dengan adik yang juga sebentar lagi libur kuliah. Selain mengatur budget, gak lupa juga buat rincian apa aja sih yang mau dilakukan nanti di Cirebon, bermalam dan pergi ke tempat wisata mana saja, serta bikin daftar  tempat makan enak mana aja yang gak boleh dilewati.



Untuk transportasinya nih, aku dari Jakarta ke Cirebon naik kereta. Daripada bawa kendaaran sendiri nanti kelelahan dan waktu sampainya juga gak pasti. Kalau naik kereta kan sudah ada estimasi waktu sampai, dan selama ini naik kereta bedanya gak sampai 10 menit dibandingkan perkiraan yang tercantum di tiket. Pokoknya kalau masih di Pulau Jawa aku lebih milih naik kereta deh dibanding pesawat. Saat balik aku juga akan tetap memilih naik kereta.

Tempat yang mau aku kunjungi banyak, tapi ini aku share tempat yang gak boleh dilewatkan saat mengunjungi Cirebon 😆 

Makam Sunan Gunung Jati


Tempat ini sih gak boleh dilewatkan ya, apalagi sebagai muslim pastinya nanti ada rasa penasaran kalau melewatkan tempat ini saat mengunjungi Cirebon. Aku penasaran sekali ingin melihat arsitekturnya yang katanya perpaduan Tiongkok, Jawa dan Arab.

Bukit Gronggong

bukit-gronggong
sumber : cireboncinnamon.com

Dari info yang beredar, Bukit Gronggong ini sih rasanya gak boleh dilewatkan oleh anak muda. Selain bisa menikmati pemandangan kota Cirebon, dilengkapi juga dengan lampu-lampu yang disusun sedemikian cantiknya. Jadi bisa dikunjungi saat pagi ataupun malam hari.

Telaga Remis

Tempat yang terletak di bawah kaki gunung Ciremai ini rasanya pas sekali untuk melepat penat buat yang tinggal di kota besar. Lihat keindahan alam itu selalu bisa buat otak aku lebih ‘fresh’ dibandingkan jalan-jalan di mall.


Selain tempat wisata aku juga mau mampir makan di tempat-tempat makan yang terkenal 😉

Empal Gentong H. Apud

empal-gentong-haji-apud
sumber : margaapsari.com

Empal Gentong H. Apud ini sudah punya 3 cabang, jadi pasti banyak yang suka ya. Pertama kali dibuka tempat makan ini adalah tahun 1994, sudah seumuran dengan aku. Harganya pun relative terjangkau hanya kurang dari Rp 30.000 saja setiap porsinya.

Nasi Jamblang Ibu Nur

nasi-jamblang-ibu-nur
sumber : detik.com

Kuliner khas Cirebon lainnya yang memiliki pilihan lauk lumayan banyak ini. Apa sih spesialnya? Makanan ini dibungkus daun jati. Setiap makanan yang dibungkus atau beralaskan daun itu selalu lebih endesss. Apalagi waktu dimakan saat lagi hangat-hangatnya, aroma harum dari daunnya semakin bikin nafsu makan.

Mie Koclok Mas Edy

mie-koclok-mas-edy
sumber : okezone.com

Semua makanan yang menggunakan bahan mie, bagi aku sama sekali gak boleh dilewatkan. Aku nih gak bisa ya dalam seminggu gak makan mie ayam sekali aja. Dari sumber yang aku baca Mie Koclok Mas Edy ini sudah ada sangat lama dan jadi bisnis keluarga. Kebayang banget deh nikmatnya kuah kental, mie  basah, irisan daun bawang serta kol, toge, telur rebus yang diiris, suwiran ayam goreng yang ditaburi bawang, Nyummmy!

Kalian yang masih kuliah apa sudah mempersiapkan untuk liburan semester kali ini? Ayo dimanfaatkan liburan semesternya, soalnya udah gak ada tanggal merah dan hari kejepit lagi . Oh ya dari semua yang perlu dipersiapkan, fisik juga penting banget. Jangan bergadang terus ketika UAS, nanti malah masuk angin dan kemungkinan sakit lainnya karena kurang tidur. Jangan lupa juga buat bawa obat-obatan pribadi selama pergi liburan nanti ya!

3 Comments

  1. Waaah recommended nih wisata di Cirebon. Bisa menikmati tempat wisata sambil kulineran. Empal gentong sama mie koclok ini andalan ya mba....suka banget sama cita rasanya.

    ReplyDelete
  2. Waahh yg Empal Gentong H. Apud itu emang legend banget kayaknya yaaa, udh berapa kali baca review tentang perjalanan orang ke Cirebon pasti ada tentang makanan yg satu ini.
    Semoga liburannya menyenangkan yaah, nilainya juga bagus semua ;)

    ReplyDelete
  3. Wuhu kuliner cirebon kok enak semua tampaknya apalagi empal gentongnya itu loh

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

Jika ingin berkomentar dengan meninggalkan link, silakan gunakan NAME'URL. Link pada kolom komentar otomatis akan terhapus.

Jika butuh jawaban cepat, silakan tanyakan melalui instagram: indiranyan