Tempat Wisata Jogja yang Masih Jarang Dikunjungi

Minggu depan kebetulan ijin aku untuk cuti dikabulkan. Ngapain sih cuti? Kerjaan yang aku lakukan belakangan ini benar-benar menyita waktu dan pikiran. Jadi, boleh lah ya mengistirahatkan diri, me-refresh otak sebentar. Prinsip aku soalnya kerja dan bersenang-senang harus seimbang. Kebetulan akhir Agustus sampai awal September ini sepertinya kerjaan akan sedikit santai. Ya semoga gak ada tugas tambahan yang mendadak.

Rencana aku minggu depan mau liburan sebentar ke Kota Jogja! Kota yang menurut aku ramah dan tenang. Ya, aku anggap Jogja termasuk kota yang ‘tenang’ karena meskipun kota yang gak asing (siapa sih yang gak kenal Jogja?) dan sering dijadikan tujuan wisata banyak orang, tapi alamnya masih indah dan gedung-gedung yang ada tidak setinggi di Jakarta.

Banyak sekali tempat yang ingin dikunjungi di Jogja. Kali ini aku mau solo travelling aja. Soalnya introvert ini emang lagi butuh waktu istirahat dengan cara sendirian, biar jiwanya siap untuk bersosialisasi lagi 😆.

Untuk ke Jogja, aku beli tiket pesawat Jakarta Jogja di Pegipegi. Gak hanya pesan tiket pesawat aja, di pegipegi juga bisa sekaligus pesan tiket hotel. Mudah sekali untuk mengecek harga tiket pesawat di situs ataupun aplikasi Pegipegi ini. Harga tiket murah pasti selalu muncul paling atas, tau aja aku anaknya selalu cari harga termurah 😀. Di situs ataupun aplikasi pegi pegi  juga ada travel tips, sungguh membantu sekali buat aku mempersiapkan diri untuk pergi sendirian.

Aku sih maunya ke tempat wisata yang gak mainstream. Eh emang ada tempat wisata yang gak mainstream? Maksudnya tuh gak ke tempat wisata yang selalu dibicarakan, seperti slaah satunya Candi Prambanan, kan udah bosan!

Tempat pertama yang paling aku kunjungi itu Museum Benteng Vredeburg. Semasa sekolah sering sekali dengar cerita tentang benteng yang dibangun pada masa Belanda ini. Alasan benteng ini dibangun, dari beberapa sumber katanya untuk memata-matai Sultan Hamengku Buwono. Soalnya pihak Belanda agak ketakutan, takutnya Sultan memalingkan muka dari Belanda.

sumber = www.pegipegi.com

Sejak 1992 sampai sekarang dijadikan tempat untuk belajar sejarah pra kemerdekaan sampai masa orde baru. Belajarnya lewat media apa? Kita disajikan diorama, patung, foto-foto dan lukisan yang berhubungan dengan masa sejarah.

Setelah ke tempat di tengah kota, aku mau ke dataran tinggi supaya bisa lihat Kota Jogja semuanya. Objek wisata satu ini lagi hits belakangan yaitu Tebing Breksi.

Tempat yang terlihat ini awalnya adalah bekas lokasi tambang. Entah siapa yang mempopulerkan ini pertama kali, kalau dilihat memang bekas-bekas di tebing setelahnya terlihat seperti ukiran yang ada di Candi. Ya sebenarnya aku agak ngeri juga sih tebingnya runtuh. Tapi, aku lihat di Google Photos tempatnya indah sekali saat malam hari. Gak perlu ragu gak bisa lihat apa-apa di malam hari karena sudah terdapat penerangan.

Terakhir nih, aku ingin mengunjungi Jurang Tembelan 😲 

sumber = www.datawisata.com

Apa langsung banyak yang berpikir aku mau kesini untuk berfoto-foto ria? Gak kok, aku kalau liburan tipe orang yang jarang mendokumentasikan, sibuk menikmati keindahan alam dengan mata telanjang. Emang sih banyak bagian yang instagramable ya, tapi aku ke sini mau melatih nyali biar berani dengan ketinggian.

sumber = www.datawisata.com

Jadi, apakah kalian juga ada yang lagi suntuk dengan rutinitas sehari-hari dan ingin istirahat sebentar. Gimana sih cara kalian menghadapi rasa suntuk? Apa seperti aku juga jalan-jalan sendirian? Tulis ya di kolom komentar 😉.

4 Comments

  1. Akoooh pengin bangetttt!
    Aku seneng ber-solo traveling, kayak pengin kontemplasi dgn diri sendiri, tapi di tempat yg berbeda dgn keseharian.
    Hanya saja, ini anakku baruuu aja jadi anak SMP. Jadi ya aku kudu nahan diri dulu, hiks hiks
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Ke Tebing Breksi aku blom pernah nih..jadi penasaran juga Krn lihat foto2 keren yg lalu lalang di lini masa..haha..

    ReplyDelete
  3. Aku pengeeen deh ke Tebing Breksi di Jogja mba...bagus bangeet ya mba dan sepertinya memang harus diniatkan ya

    ReplyDelete
  4. Pantai di Gunung Kidul tuh mbak cantik semua. Kudu main ke sana kalau mampir ke Jogja

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

Jika ingin berkomentar dengan meninggalkan link, silakan gunakan NAME'URL. Link pada kolom komentar otomatis akan terhapus.

Jika butuh jawaban cepat, silakan tanyakan melalui instagram: indiranyan