[REVIEW] Swanicoco The Bio Therapy 1st Essence*

Friday, February 02, 2018

Hi all! It’s me Indira and welcome (back) to my blog.


Saat berbicara tentang produk skincare korea, First Essence gak bisa dilupakan karena berperan penting banget.  Sebelumnya mungkin banyak yang bingung bedanya first essence dengan essence itu apa? Saya bahas dari tekstur aja ya yang paling mudah dikenali. First essence teksturnya seperti air dan dipakai pada tahap pertama setelah cuci muka dan sebelum hydrating toner. Nah kalau saya pakai exfoliating toner biasanya baru saya pakai first essence setelahnya. Kenapa? Karena saya rasa exfoliator lebih baik dipakai dalam posisi semakin ‘dekat’ ke kulit agar lebih maksimal kerjanya. Sementara itu, tekstur essence biasanya lebih kental mirip seperti serum.

Urutan rutinitas skincare saya versi lengkap setiap harinya seperti ini
Pagi : Face Wash (Gel/Pads/Foam) – First Essence – Hydrating Toner – Serum/Essence – Eye Cream – Moisturizer – Sunscreen – Lip Balm
Malam : Cleansing Oil – Face Wash (Gel/Foam) – Exfoliating Toner – First Essence – Hydrating Toner – Serum/Essence – Eye Cream – Moisturizer/Sleeping Pack – Lip Balm


Saya memang belum banyak mencoba produk First Essence, sejauh ini baru 3 produk yang saya coba. First Essence yang mau saya ulas pada post ini merupakan first essence pertama yang saya rasa berpengaruh sekali pada kulit saya , yaitu Swanicoco The Bio Therapy 1st Essence.

swanicoco-the-bio-therapy-1st-essence

Disclosure : Product mentioned here were sent to me by Swanicoco for review purpose. However all opinion based on my experience. Read more here.


  
Brand : Swanicoco
Product Name : The Bio Therapy 1st Essence
Brand Website : www.swanicoco.com
Where to Buy : Qoo10, BeautyTap.com 
Price : around $50
Netto : 100ml

Description :
Elasticity, Moisture, Smoothing, Nutrition
Ingredients :
Bifida Ferment Lysate, Butylene Glycol, Allantoin, Xanthan Gum

Ingredients analysist :

Dari info yang ada 99% bahan nya adalah Bifida Ferment Lysate yang merupakan hasil fermentasi dari bakteri baik yang biasanya ditemukan pada sistem pencernaan. Berfungsi memperbaiki barrier kulit, DNA, mengurangi tingkat sensitifitas kulit jika dipakai setidaknya 2 bulan. Sayangnya belum banyak study yang di publish tentang ingredient ini, salah satu sumbernya bisa cek disini dan ada beberapa di akhir post. Produk skincare lain yang mengandung Bifida Ferment Lysate ada Estee Lauder Advanced Night Repair, Lancome Genifique Youth Activator. Nah sisa nya yang 1% adalah Butylene Glycol, Allantoin dan Xanthan Gum. Butylene Glycol merupakan humectants yang berguna untuk melembapkan dan juga menjaga kelembapan pada kulit. Allantoin pada umumnya berfungsi untuk soothing contohnya untuk mengurangi iritasi pada kulit, menenangkan kulit yang kemerahan akibat terbakar matahari selain itu Allantoin merupakan ingredient yang baik untuk kulit kering dan sensitive berdasarkan website SkinCarisma yang bisa di cek pada link di atas. Tenang aja Allantoinnya bersumber dari tumbuhan. Terakhir Xanthan Gum adalah emulsifier.

swanicoco-the-bio-therapy-1st-essence


swanicoco-the-bio-therapy-1st-essence

Swanicoco The Bio Therapy 1st Essence ini dilengkapi dengan box yang berwarna sama dengan botol didalamnya. Tulisan yang ada pada box berwarna silver, dengan campuran tulisan dalam bahasa korea dan inggris. Buat menerjemahkan tulisan Korea yang ada di box nya bisa pakai bantuan aplikasi Google Translate. Oh ya informasi yang ada gak hanya ada pada box bagian luar, informasi lebih jelas lagi ternyata ada pada bagian dalam box nya. Lagi-lagi informasi yang ada dalam bahasa Korea tapi seperti yang saya bilang bisa memanfaatkan aplikasi Google Translate untuk menerjemahkan.

Hmm, soal informasi yang ada pada bagian dalam memang kreatif ya jadi memanfaatkan tempat yang ada, tapi buat saya yang suka simpan box sampai produk habis kurang suka karena harus ‘merusak’ box-nya buat baca informasi yang terdapat pada bagian dalam box.


Botol Swanicoco The Bio Therapy 1st Essence ini berwarna merah seperti batu ruby dengan tutup ulir berwarna silver. Terdapat penutup pada bagian mulut botol. Material botolnya ini kaca, yup gak salah baca dari kaca jadi terbilang berat. Entah kenapa saya selalu ngerasa kemasan yang dari kaca itu selalu bikin kesan produknya mahal, tapi memang harga Swanicoco The Bio Therapy 1st Essence ini terbilang lumayan. Ya semoga saya gak sengaja ngejatuhin ini. Soalnya saya sayang banget sama produk ini, udah coba purchase di olshop luar negeri karena belum ada local seller yang jual tapi gak bisa nerima karena beacukai yang bisa dibilang nerima parcel dari luar yang isinya makeup atau skincare faktor untung-untungan.  Di foto gak kelihatan isinya tinggal seberapa banyak tapi dibawah cahaya kalau dilihat langsung akan terlihat kok, entah kenapa isinya sisa sebanyak apa gak tertangkap di hasil foto.

swanicoco-the-bio-therapy-1st-essence

Tipe dan masalah kulit saya adalah kombinasi (berminyak pada hidung sisanya kering). Sering mengalami dehidrasi dan kusam serta mudah terjadi iritasi selain itu terdapat garis halus pada bagian bawah mata.

[Baca: Swanicoco 2GF Bio Mix Mask Pack]

Swanicoco The Bio Therapy 1st Essence ini direkomendasikan dipakai dalam 10 detik setelah mencuci muka. Setau saya mengaplikasikan skincare memang lebih baik dalam kondisi kulit yang damp bukan kering agar penetrasinya lebih baik ke kulit.

Teksturnya ini seperti air, gak berwarna dan saya gak cium wangi apapun. Saya biasa ngeluarin produknya gak dituang ke telapak tangan, tapi langsung mengarahkan bagian mulut botol ke pipi dan jidat, setelah diratakan ke semua permukaan kulit wajah baru di pat-pat. Meresap sempurna tapi gak kasih hasil kulit jadi lebih bercahaya dan lebih plump dalam sekali pemakaian.   

swanicoco-the-bio-therapy-1st-essence

Teskturnya yang mirip air jadi pas buat 7 Skin Method, tapi saya sih baru pakai 2 kali buat 7 Skin Method soalnya sayang kalau cepat. Lagipula dari hasil hampir 2 bulan lebih (tepatnya 71 hari per akhir Januari)  cuma pakai satu layer aja pagi dan malam hari udah bagus hasilnya (tentunya saya yakin kombinasi dengan produk skincare lain juga punya peranan penting). Cara lain untuk memakai produk ini bisa digunakan dengan Methode CSM atau dituang ke tablet mask yang sebelumnya pernah saya bahas pada tulisan tentang Hatomugi Skin Cinditioner.


Selama pakai Swanicoco The Bio Therapy 1st Essence ini selama 41 hari pertama skincare baru yang saya coba hanya sheet mask Swanicoco yang saya ulas di blog bulan Desember lalu  dan saya pakai produk skincare yang sama pada pagi dan malam hari gak coba-coba ganti yang lain. Pemakaian saat hari ke 20 yang saya sadari bikin permukaan pipi saya lebih halus dan elastis. Hari ke 32 saya sadar kulit saya gak sekering biasanya bisa dibilang normal kalau nilainya berdasarkan tangan (but my skin analyzer device score is 36 which still considered as dry), tapi ya saya ngerasa pipi saya gak terasa bersisik apalagi rasa ketarik udah gak ada lagi di bagian pipi.

Gak ada before-after nya yah karena ini lebih ke tekstur kulit yang jadi lebih bouncy😊

"Efek produk ini terhadap jerawat gimana?"
Pertanyaan ini sebenarnya yang paling sering ditanyakan setiap mengulas skincare apapun. Produk ini gak akan meredakan dan juga gak memperparah jerawat. Baik itu jerawat hormonal yang datang hanya saat datang bulan atau jerawat karena gak cocok dengan suatu produk atau faktor lain, makanya pemilik kulit berjerawat perlu produk lain untuk mengatasi jerawat. Well perlu diingat Swanicoco The Bio Therapy 1st Essence ini gak ada klaim apa-apa terhadap jerawat ya jadi gak ada efek apapun terhadap jerawat menurut saya wajar banget.

RATING : 4.5/5
Swanicoco The Bio Therapy 1st Essence ini produk yang gak pernah saya lewatkan pagi dan malam hari semenjak pertama kali pakai. Hasil yang terlihat sejauh ini kulit terlihat lebih sehat gak pernah saya ngerasa kulit kering banget kecuali saya lupa minum air (kadang 1,5 liter botol minum kalau lagi sibuk itu habisnya dalam waktu 3 hari, please ini jangan ditiru). 3 dari 4 claim-nya yaitu elasticity, smoothing dan nutrition sudah saya rasakan hasilnya pada kulit saya. Sayangnya buat penderita fungal acne produk ini sebaiknya dihindari karena setau saya fermented ingredient(s) gak cocok buat yang menderita fungal acne. Selama 2 bulan lebih saya pakai ini isinya baru berkurang 30% sepertinya ini bakal bertahan 3 bulan lagi. Hal yang saya gak suka ini kemasannya yang terbuat dari kaca rentan pecah, buat harga emang relative mahal tapi saya suka sama hasilnya jadi ya saya gak masalah, tapi kalau bisa harganya jadi lebih murah tanpa mengurangi kualitas produknya tentu saya lebih senang hehe. Of course kalau ada produk lain dengan claim yang sama dan harga lebih murah saya tetap tertarik buat nyoba, tapi sejauh ini saya gak ada niatan buat ‘selingkuh’ dengan produk lain sampai ini habis.


Info menarik lain untuk dibaca : 
  • https://www.aad.org/media/news-releases/could-probiotics-be-the-next-big-thing-in-acne-and-rosacea-treatments
  • http://www.nailderella.com/2017/10/ingredient-focus-bifida-ferment-lysate.html
  • http://www.beautifulwithbrains.com/dupes-lancome-advanced-genefique-concentrate-loreal-youth-code-serum/
  • https://ohlolly.com/blogs/tips-reviews/more-than-a-fad-fermented-skincare
  • http://www.mywomenstuff.com/2012/02/tip-apply-skincare-on-damp-skin-for-better-absorption/


Thank you very much for reading and I hope you liked this review!

RELATED POST

16 komentar

  1. Harganya mahal juga ya Ind :( Btw, liat itu diagram yang pentagon mirip diagram hasil cek kulit di SKII hehe #kbbvmember

    ReplyDelete
  2. Eh sumpah ingredientsnya simpel amat. jarang banget produk korea ingre-nya sesimpel ini.
    Udah lama ninggalin essence. sepertinya aku harus coba pakai essence lagi. biar kulit plump kaya artis koreyah.
    #kbbvmember

    gadzotica.com

    ReplyDelete
  3. Harganya lumayan mahal ya, tapi kalo manfaatnya baik worth to try :)
    #kbbvmember

    www.lucyanaliu.com

    ReplyDelete
  4. Wah warna pekejingnya lain dari biasanya, dan bener banget kalau packaging kaca bikin produk terkesan mahal walau emang beneran mahal ya harganya hahahaa tapi dilema juga, aku takut kalau punya produk yang botolnya kaca gini, soalnya anakku suka main-main di meja riasku :(

    #kbbvmember

    ReplyDelete
  5. Kalau bicara masalah skincare, ingredients emang sensitif banget ya. Nice sharing! #kbbvmember

    ReplyDelete
  6. kok aku ngehnya first essence itu semacam toner juga ya hehe.. packagingnya kelihatan eksklusif ya.. #kbbvmember

    ReplyDelete
  7. Wah sama tuh, kalo lagi sibuk itu asli aku lupa banget minum. Bener2 kebiasaan gak baik sih, tapi kadang kalo kebanyakan minum malah keseringan pipis dan akhirnya repot kalo lagi banyak pergi2 :'

    #kbbvmember
    www.rzwdanti.com

    ReplyDelete
  8. harga nya lumayan pricey juga yah beb. Harus nabung dulu haha #kbbvmember

    http://luella.id/

    ReplyDelete
  9. ahhh ini pasti bgus bgt yah smpe dpt rating 4

    #kbbvmember

    torichux3.blogspot.com

    ReplyDelete
  10. Penasaran bgt sama produknya. Packagingnya jg kece bgt warna merah gitu, kbtln aku suka sama warna merah hehe^^

    #kbbvmember

    ReplyDelete
  11. Dengan harga segitu sih hasilnya menurutku worth ya. Tapi sayang banget belum banyak seller yg jual :(
    #kbbvmember

    ReplyDelete
  12. Mau coba ah apalagi bisa mengatasi jerawat, kalau bekas jerawat ngaruh gk sih kak?

    #kbbvmember

    ReplyDelete
  13. essence emang penting banget ya sekarang

    #kbbvmember
    jessicaliani.com

    ReplyDelete
  14. Wahhh, Produk Korea mmg no 1 yaa kalo soal skincare..

    #kbbvmember

    ReplyDelete
  15. Kayaknya nyeeesss ya d wajah. Adem kl d pake

    #kbbvmember

    ReplyDelete
  16. keliatannya bagus produknya, tp liat harganya bikin nangis T-T

    ReplyDelete

Hello. Thank you for visiting my blog and share your opinion. I'll reply comment after I read. Make sure you use active profile when leave comment so I can visit your blog too. Feel free to ask follow back especially if your blog content similar with me.

Comment with active links (clickable link) to your own blog, giveaway post, referral links will be automatically removed to make this blog spam-free.