[REVIEW] Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++*

Hi all! It’s me Indira and welcome (back) to my blog.


Sebenarnya waktu awal nge-blog, saya udah pernah mengulas produk ini tapi menggunakan Bahasa Inggris. Setelah lama nge-blog saya memutuskan buat nulis dengan Bahasa Indonesia aja, karena lebih leluasa dan lebih puas dengan yang ditulis, Akhirnya saya nulis ulang juga review dalam Bahasa Indonesia sunscreen yang udah jadi kesukaan saya sejak beberapa tahun lalu. Skin Aqua, brand ini mempunyai beberapa produk sunscreen saya udah coba 3 dari 4 variant yang tersedia dan sampai pada kesimpulan Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++ ini yang paling cocok dengan kulit dan selera saya. Pertama kenal produk ini waktu kondisi kulit wajah berminyak sampai sekarang jadi kombinasi. Emang ada sunscreen lain yang juga saya sukai, tapi Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++ merupakan sunscreen terbaik dan masih di urutan paling pertama buat saya.





skin-aqua-uv-moisture-milk, review-skin-aqua, skin-aqua-sunscreen, sunscreen-skin-aqua-spf-50




Brand : Skin Aqua

Product Name : UV Moisture Milk SPF50 PA+++

Price : ± Rp 50.000

Netto : 40g

BPOM : NA181301033990

Description :
Melembabkan, mencerahkan sekaligus memberikan perlindungan gada terhadap sinar UV-A dan UV-B.
Improved Hyaluconic Acid (AcHA) berfungsi untuk memberikan kelembaban dan kelembutan extra pada kulit.
Collagen berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit.
Vitamin B5 dan E berfungsi untuk: menutrisi kulit.
SPF 50+ memberikan perlindungan 51x lebih lama terhadap sinar UV-B yang dapat menyebabkan kulit merah karena terbakar sinar matahari dibanding kulit yang tidak dilindungi.
PA+++  memberikan perlindungan yang optimal terhadap sinar UV-A yang dapat menyebabkan penuaan dini, timbulnya kerutan halus, bintik hitam dan penggelapan warna kulit.
Water Based Formula sehinnga tidak lengket dan cepat meresap, terasa ringan di kulit
⇝Tidak menggunakan zat pewarna dan parfum.
⇝Dapat digunakan sebagai pelembab atau dasar makeup
⇝Diformulasikan bagi kulit orang Asia

Ingredients :
Water, Cyclopentasiloxane, Zinc Oxide, Silica, Dimethicone, Triethoxylsilyethyl Polydimethylsiloxyethyl, Hexyl Dimethicone, Ethyhexyl Methoxycinnamate, Isononyl Isononanoate, Polymethylsilsesquioxane, Butylene Glycol, Diethylaminohydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Acrylates/Dimethicon Copolymer, Glycerin, Lauroyl Lysine, M ethylparaben, Propylparaben, Disodium EDTA, Tocopheryl Acetate, Sodium Hyaluronate, Sodium Acetylated Hyaluronic (AcHA), Panthenol, Dipotassium Glycyrrhizate, Hydrolyzed Collagen.

Disclosure : Product mentioned here were sent to me for review purpose. However all opinion based on my experience. Read more here.

Jenis sunscreen terbagi menjadi 2, yaitu chemical atau organic sunscreen dan physical atau inorganic sunscreen. Cara mengetahui apakah sunscreen yang dipakai adalah organic atau inorganic bisa dilihat pada ingredients-nya. Ingredient yang menandakan chemical sunscreen, yaitu : Avobenzone, Ecamsule, Ensulizole, Homosalate, Mexoryl XL, Neo Heliopan AP, Oxybenzone, Octocylene, Octinoxate, Octisalate, PABA, Trolamine salicylate, Tinosorb S, Tinosorb M, Uvinul T 150. Sementara itu ingredients untuk physical sunscreen adalah Zinc Oxide dan Titanium Dioxide. Entah itu chemical atau physical sunscreen selalu dipakai pada step terakhir skincare karena cara kerjanya sama kok.

Mana yang lebih baik chemical atau physical sunscreen? Banyak yang bilang physical sunscreen lebih baik but I can't say 100% yes karena tiap kulit orang beda. Selain itu saya bukan expert dalam hal ini. Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++ ini dilihat dari komposisinya termasuk physical dan chemical sunscreen karena ada Zinc Oxide dan Ethyhexyl Methoxycinnamate (Octinoxate) nya.

Skin Aqua UV Moisture Milk ini mengandung silica, salah satu komposisi yang paling banyak ditemukan pada makeup primer. Gak heran kalau permukaan kulit saya selalu jadi halus setelah pakai ini.
skin-aqua-uv-moisture-milk, review-skin-aqua, skin-aqua-sunscreen, sunscreen-skin-aqua-spf-50


Semua produk sunscreen Skin Aqua yang diproduksi oleh PT. Rohto Laboratories Indonesia dilengkapi dengan box. Didalam box nya ini ada lem yang buat jadi susah dibuka, jadi terjamin produk yang dibeli pasti baru kalau masih susah dibuka karena ada lem nya ya. Semua informasi tentang produknya lengkap banget ada di setiap sisi box nya.

skin-aqua-uv-moisture-milk, review-skin-aqua, skin-aqua-sunscreen, sunscreen-skin-aqua-spf-50
(bisa di zoom untuk baca lebih jelasnya)

skin-aqua-uv-moisture-milk, review-skin-aqua, skin-aqua-sunscreen, sunscreen-skin-aqua-spf-50

Botolnya berwarna biru muda dengan tutup model ulir yang berwarna lebih tua. Ukuran sunscreen Skin Aqua ini ramping, cocok buat dimasukkan ke dalam pouch jadi mempermudah saat reapply, di kantong celana pun muat kok. Pokoknya jangan malas-malas buat aplikasikan ulang sunscreen setiap 2-4 jam setelahnya. Cara aplikasikan ulang termudah bagi saya pakai sunscreen yang tipe spray.
skin-aqua-uv-moisture-milk, review-skin-aqua, skin-aqua-sunscreen, sunscreen-skin-aqua-spf-50

Memakai sunscreen ini hukumnya wajib banget! Saat lagi terburu-buru di pagi hari biasanya setelah mencuci wajah pasti langsung pakai sunscreen. Meskipun saya gak akan banyak melakukan aktivitas di luar ruangan pokoknya sunscreen gak pernah terlewatkan untuk dipakai setiap pagi hari.
Selain berfungsi untuk melindungi kult dari ‘jahat’nya sinar matahari terhadap kulit, sunscreen merupakan salah satu dari banyak cara untuk memperlambat skin aging. Nah buat yang habis jerawatan dan ada bekas kemerahan juga jangan lupa buat pakai sunscreen karena efek terkena matahari pada bekas jerawat itu bisa buat makin menggelap sampai ada bekasnya kalau kulit kita gak pakai sunscreen.
skin-aqua-uv-moisture-milk, review-skin-aqua, skin-aqua-sunscreen, sunscreen-skin-aqua-spf-50

Skin Aqua UV Moisture Milk SPF50+ PA+++ ini teksturnya tidak terlalu kental. Buat kulit kering memang terasa kurang melembapkan, buat kulit berminyak saya ngerasa gak bikin kulit jadi greasy dan terasa lembap. Di daftar komposisi gak tertulis parfum atau fragrance, cuma saya ngerasa ini ada wangi yang mungkin bersumber dari ingredients. Wanginya sih agak aroma obat atau rumah sakit hehe, tapi bisa dibilang hampir gak  tercium.
skin-aqua-uv-moisture-milk, review-skin-aqua, skin-aqua-sunscreen, sunscreen-skin-aqua-spf-50

Pemakaian sunscreen itu pada langkah terakhir rutinitas skincare pagi hari atau sebelum ber-makeup. Meskipun foudation, primer dan barang-barang makeup kamu tertulis ada SPF nya tetap harus memakai produk sunscreen, karena yang ada pada makeup tidak bekerja maksimal. Untuk menggunakan makeup setelah memakai sunscreen disarankan sekitar 10 menit setelahnya, agar sunscreen yang dipakai bisa membentuk ‘lapisan’ untuk melindungi kulit. Cara pengaplikasian foundationnya disarankan jangan digeser tapi di tap-tap. Selain pakai sunscreen di wajah biasanya saya pakai di bagian yang gak tertutup pakaian.
Sebelum mengeluarkan isinya saya sarankan untuk mengocok botol nya dulu. Soalnya pernah beberapa kali saya lupa ngocok botolnya yang keluar 2 jenis cairan gitu. Waktu itu yang keluar campuran antara air yang merupakan kandungan utama produk ini dan cairan berwarna putih susu, jadi kepisah harusnya kan cairan berwarna putih susu aja. Biasanya saya mengalami ini waktu buka produk yang baru mungkin karena kelamaan berdiri di etalase toko.
Pengalaman saya setelah pakai suncsreen Skin Aqua UV Moisture Milk SPF50+ PA+++ ini bertahun-tahun adalah gak ada whitecast (bikin warna kulit terlihat sangat), ringan, cepat meresap, gak bikin wajah berminyak, dan beberapa menit setelah meresap sempurna kulit wajah terasa lebih halus. Pokoknya rasa halus pada permukaan kulit saya beda deh saat saya pakai suncreen ini dan saat saya gak pakai.


Salah satu info lengkap tentang sunscreen bisa cek video di bawah :


Info lain mengenai sunscreen bisa dibaca pada link berikut :
  • http://blog.reneerouleau.com/chemical-vs-physical-sunscreens-pros-cons/
  • http://kindofstephen.com/physical-vs-chemical-sunscreens-myths/
  • https://www.instagram.com/p/BdznlObl7_-/?taken-by=labmuffinbeautyscience
  • https://www.instagram.com/p/BcI4MpYlEH9/?taken-by=labmuffinbeautyscience



RATING : 5/5

Kesimpulannya saya rasa Skin Aqua UV Moisture Milk ini cocok buat semua tipe kulit. Soalnya kan ya seperti yang sudah saya tulis waktu dulu kulit saya berminyak gak ada masalah dan saat kulit saya sekarang cenderung kering kulit juga tetap gak ada masalah. Memang ada paraben tapi ya saya bukan orang yang anti paraben. Jangan lupa untuk selalu melakukan metode double cleansing setelah pakai sunscreen 😉.



Thank you very much for reading and I hope you liked this review!

31 Comments

  1. Baru sadar ternyata sunscreen itu penting ya walaupun kita udah menggunakan produk yang ada UV Protectornya. Skin Aqua ini sepertinya oke ya, harganya juga aman buat kantong. Nanti coba cari aaah. Mkasi infonya yaaa

    ReplyDelete
  2. Aku waktu itu sempet mau beli ini. Udah masukin ke keranjang pas di Watson. Tapi pas mikir2 lagi aku belum baca reviewnya tentang SKin Aqua yang ini cocok ga buat kulit berminyak, soalnya kulitku berminyak. Tapi ternyata di mbak ga ada masalah ya yang berminyak juga dulu. Makasih

    ReplyDelete
  3. Ini juga sunscreen favoritku karena murmer dan bagus :D

    kaniarda.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Wah baru tau skin aqua itu punya rohto..jadi makin terpercaya. Apalagi banyak tambahan vitamin selain spf yg tinggi. Yang jelas harganya jg bersahabat ya mba

    ReplyDelete
  5. Wiih ada botol spray nya juga.. Btw ini ready di mana ya kak? adikku sering nih nyariin yang begini tapi di kota kecil kami agak susah nyarinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di shopee banyak kok kak, di klik indomaret juga ada ya kak

      Delete
  6. Jadi sunscreen ini diaplikasikan pertama kali setelah wajah dibersihkan ya, baru setelah itu pakai foundation dll nya itu? Pelembabku SPF nya cuma 23.

    ReplyDelete
  7. Salah satu sunscreens yang harga nya terjangkau dan midah ditemukan.. tapi aku belum pernah coba. Kalau rating nya 5/5 sih jadi pengen coba juga

    ReplyDelete
  8. Ih botolnya bagus lucu lucu ya :)

    ReplyDelete
  9. Aku gak pernah pake sunscreen 😆

    ReplyDelete
  10. Pengapkikasian dengan cara spray memang lebih praktis. Eh, skin aqua ini produknya Rohto ya? Kirain cuma produksi obat tetes mata.

    ReplyDelete
  11. Terimakasih reviewnya Mba... menarik banget ulasannya... jadi pengen mencoba dan mudah-mudahan cocok

    ReplyDelete
  12. Oh sunscreen tetap penting dipakai ya. Ku pikir pelembab dan foundation udah ada SPF, yaudah. Thanks for the tips!

    ReplyDelete
  13. drdulu pngn coba ini hlo. cm selalu tergoda beli sunscreen yg lain. 😂😂
    itu kok ada yg HK sunscreen spraynya 😍😍 kayaknya emg lebih prktis yah klo pake spray..

    ReplyDelete
  14. my faves aku juga :D ini must have banget ih buat aku :)

    ReplyDelete
  15. my faves aku juga :D ini must have banget ih buat aku :)

    ReplyDelete
  16. Aku juga pake Skin Aqua varian ini, diseling dengan yang spf 30 sesuai kebutuhan.

    ReplyDelete
  17. Wahhh, kau meracuni sekaligus memberi voucher.
    makasih kode voucher nya ...

    ReplyDelete
  18. Ka, mau tanya
    Kalau misalnya di pelembab kita ada SPF nya juga apa harus tetep pake sunsreen ? kalau iya, urutan pemakaiannya bagaimana ya ?

    ReplyDelete
  19. Ini sunscreen favoritku selain biore uv aqua rich ^^
    Pas banget teksturnya menurutku; licin, gampang dibaur, tapi bisa meresap sempurna ke kulitku yang oily ini <3

    Aku baru banget nemu blogmu, dan I can say I love it so muuuch~ kemana aja aku haha. Jarang2 blogger Indonesia yang mau dan bisa bahas produk dari sisi ingredientnya dengan bahasa yang mudah dimengerti. Konten tulisan dan fotonya juga bagus buanget.

    Btw, ini mixed sunscreen sis, soalnya selain zinc oxide, ada kandungan ethylhexyl methoxycinnamate alias octinoxate (chemical sunscreen).

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ampun ke skip ya, padahal aku sendiri nulis octinoxte. thank u :)

      Delete
    2. mau tanya sis, pelembab yang cocok di gunakan sebelum sunscreen ini apa ya?

      Delete
    3. mohon maaf nih, kalau nanya cocok apa gak aku gak bisa jawab. karena ya harus coba sendiri kan kulit tiap orang beda :)

      Delete
  20. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  21. Belinya yang spray dimana yaa

    ReplyDelete
  22. di watsons singapore/malaysia kayaknya ada, aku beli yg ini di jepang

    ReplyDelete
  23. Itu bisa untuk tangan nggak ?

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

Jika ingin berkomentar dengan meninggalkan link, silakan gunakan NAME&URL. Link pada kolom komentar akan dihapus.

Jika butuh jawaban cepat, silakan tanyakan melalui instagram: indiranyan