[REVIEW] Cosrx AHA 7 Whitehead Power Liquid

Hi all! It’s me Indira and welcome (back) to my blog.


Pada awal bulan Mei lalu aku sudah me-review salah satu physical exfoliator yang aku pakai, BCL Skin Clear Peeling Gel with AHA Baby Smooth. Nah sekarang aku mau bahas chemical exfoliator satu-satunya yang memuaskan hasilnya yaitu Cosrx AHA 7 Whitehead Power Liquid. Wajah aku, terlebih bagian pipi dan sekitar under eye ini sering muncul whiteheads makanya aku memutuskan buat coba produk ini. Cosrx ini korean brand yang lagi naik daun, karena kualitas apalagi harganya yang terbilang murah untuk performance yang super kece berdasarkan baca sana-sini. Bagaimana di aku?


Sebelumnya aku sudah mencoba beberapa produk Cosrx yang mengandung BHA, tapi bereaksi sangat buruk di kulit aku. Produk-produknya Cosrx yang mengandung BHA yang sudah aku coba adalah Cosrx One Step Original Clear Pad,  Cosrx BHA Blackhead Power Liquid, Cosrx BHA Summer Pore Minish Serum. Jadi tolong jangan tanyakan review aku tentang 3 produk tersebut ya, karena waktu pakai 3 produk tersebut itu ibarat mimpi buruk bagi kulit aku. Well, tapi 3 produk tersebut banyak yang cocok di orang lain kok!

AHA bekerja dipermukaan kulit dengan cara membantu melepaskan sel-sel kulit mati. Selain itu dari beberapa sumber AHA bisa untuk hiperpigmentasi, membantu mengurangi tampilan PIH, membuat kulit cerah dan glowing. Dibandingkan BHA, AHA cenderung tidak membuat kulit terasa kering. Jenis-jenis AHA adalah Citric Acid, Glycolic Acid, Lactic Acid, Malic Acid dan Mandelic Acid (urutan berdasarkan abjad).

AHA dengan konsentrasi 5% sampai 10% dinilai paling aman dan efektif untuk bekerja pada kulit untuk eksfoliasi kulit mingguan. Penggunaan produk AHA harus sesuai dengan pH nya antara 3-4 jika diatas angka tersebut kemungkinan tidak akan bekerja efektif. Jika memakai produk yang mengandung AHA wajib menggunakan produk sunscreen, karena penggunaan AHA bisa membuat kulit menjadi photosensitivity. Photosensitivity ini membuat kulit menjadi mudah iritasi. Menurut Michelle dari LabMuffinBeautyScience pemakaian sunscreen tetap diwajibkan sampai seminggu setelah terakhir kali kamu memakai produk yang mengandung AHA. 



💢 Please read this short note first  💢
Cosrx AHA 7 Whitehead Power Liquid ini bukan acid toner, tapi acid exfoliator, karena % nya termasuk lumayan bukan mild, apalagi bagi pemula. Sangat tidak disarankan untuk dipakai setiap hari apalagi untuk pemula (aku pernah baca sih ada yang bisa pakai produk ini setiap hari, ini tergantung kondisi kulit sih kalau kamu gak merasa ada masalah yasudah. Namun berdasarkan rekomendasi dari para ahli yang tentunya sudah melalui proses penelitian AHA dengan konsentrasi sebanyak 7% ini tidak untuk penggunaan setiap hari.). Gak semua orang (kulit) butuh Acid, pemakaian Acid (AHA, BHA, PHA) itu butuh 'belajar' banget, banyak-banyak research. Jangan karena baca 1 atau 2 review yang pemakainya bilang memuaskan jadi langsung mau coba tanpa tahu lebih dalam. Setelah pakai Acid wajib banget pakai produk yang hydrating dan setelahnya dikunci dengan produk yang melembabkan, agar kulit tidak kering, iritasi dan efek lain yang kemungkinan bisa merusak keadaan kulit



 
Brand : Cosrx
Product Name : AHA 7 Whitehead Power Liquid
Brand Website : www.cosrx.kr
Bought at : 
Price : ₩ 15,600
Netto : 100ml
PAO : 12M



Description :
Formulated with 7% AHA(Glycolic Acid), AHA 7 Whitehead Power Liquid gently exfoliates skin and helps reveal a radiant even-toned complexion. AHA 7 Whitehead Power Liquid includes Pyrus Malus (Apple) Fruit Water containing natural AHA and Glycolic Acid(AHA) that gently exfoliates and moisturizes skin. Other properties contained in this liquid are vitamins, and natural moisturizing ingredients that can refine without stimulating the skin. Using this helps to improve the appearance of the skin by looking it healthier and more vital. It is gentle enough on irritated and sensitive skin.

PH (30)4.0±0.5

NOTICE :
💨It is suggested to use COSRX's chemical exfoliation with a cotton pad for maximum results. The use of both physical and chemical exfoliation will create maximum effect on the skin. Gently wipe your face with cotton pad.
💨Initial use of the product may give temporary irritation to the skin
💨Begin with using the product once a week, and after the skin has adapted to it, increase the usage up to 2 to 3 times a week
💨On the days you use AHA 7 Whitehead Power Liquid, do not use other exfoliating products such as products containing high concentration of AHA, BHA, retinol, or vitamin C
💨Although product has no added artificial fragrance, it may have some scent from its unique ingredients

Ingredients :
Pyrus Malus (Apple) Fruit Water 75%, Butylene Glycol, Glycolic Acid 7%, Water, Niacinamide, Sodium Hydroxide, 1,2-Hexanediol, Panthenol, Sodium Hyaluronate, Xanthan Gum, Ethyl Hexanediol

Kemasan Cosrx AHA 7 Whitehead Power Liquid ini gak ada yang spesial, sangat simple tapi entah kenapa kesan kalau ini produk yang 'serius' itu ada. Pada box nya terdapat penjelasan dalam bahasa inggris juga. Terdapat pump pada botolnya yang sturdy ini, lumayan bikin kaki sakit waktu kejatuhan. Expired date nya juga terdapat pada bagian bawah botol ini.


Cosrx AHA 7 Whitehead Liquid Power ini tidak berwarna dan terasa hampir seperti air tapi bukan yang plek 100% teksturnya sama seperti air. Cenderung tacky but not sticky. Untuk wanginya menurut aku gak enak seperti cuka kali ya, tapi wanginya akan menghilang setelah diaplikasikan ke kulit. Oh ya kadang wanginya ini tercium, kadang aku tidak mencium wangi apapun. 

Tipe kulit aku sejak pertama kali memakai produk ini sekitar April 2016 sampai sekarang bulan Oktober 2017 ini kulit aku berminyak pada hidung dan sisanya kering, kulitku bukan tipe yang acne-prone. 2 bulan pertama memakai ini, aku hanya memakai sekali tiap seminggu. Baru aku coba pakai 2 sampai 3 kali seminggu. Tapi aku sadar kalau kulit aku gak tahan dengan pemakaian sebanyak itu setiap minggunya karena jadi terasa panas dan merah-merah setiap kali pemakaian, makanya aku kembali hanya memakai ini seminggu sekali. Selain itu, setiap aku merasa kulit sedang dalam kondisi yang lagi rewel biasanya saat menstruasi, aku pasti gak pakai ini meskipun hari itu jadwalnya aku untuk pakai chemical exfoliator dari Cosrx ini.

Produk ini pernah aku feature di July 2016 Favs lho 😏!


Aku biasanya memakai ini setelah membersihkan dan mencuci muka lalu pada wajah yang kering aku memakai Cosrx AHA 7 Whitehead Power Liquid ini dengan kapas. Setiap pemakaian aku membutuhkan sekitar 3 kali semprot ke kapasnya. Setelah itu aku diamkan sekitar 30 menit. Oh ya kadang jari aku jadi basah juga akibat kapas yang aku semprotkan produk ini, pasti langsung aku cuci setelahnya karena kalau gak aku cuci misalkan aku mengucek mata jadi terasa perih. Selain itu kulit di jari aku jadi terasa seperti kaku dan keriput kalau gak aku cuci.

Lalu aku lanjutkan dengan pemakaian Hydrating Toner, seperti Corine de Farme Gentle Rose Water, Hadalabo Gokujyun Light Lotion. Dilanjut sheet mask, serum, eye cream, cream yang sudah dicampur dengan face oil lalu sleeping mask. Oh ya, aku pernah beberapa kali  pakai produk ini dan dilanjut dengan hydrating toner aja lalu aku ketiduran. Untung kulit aku gak kenapa-napa, gak jadi kering. Tapi aku ngerasa lebih tenang kalau setelah pakai chemical exfoliator begini pakai beberapa layer skincare  setelahnya 😀.

Waktu pertama kali aku merasa kulit aku sedikit cekat-cekit geli tapi masih bisa ditahan ya, misalkan minggu depan aku pakai lagi rasa cekat-cekit nya sudah tidak ada. Tapi, kalau aku skip pakai ini 2 minggu pasti rasa cekat-cekit nya itu muncul lagi, tapi kalau aku rutinkan lagi pakai setiap minggunya sudah tidak ada rasa cekat-cekitnya.

Kesimpulan dari hasil yang aku rasakan setelah memakai Cosrx AHA 7 Whitehead Power Liquid ini lebih dari setahun adalah aku gak mengalami masa purging. Setiap kali pemakaian setelahnya kulit terlihat cerah. PIH yang ada pada wajah aku juga cepat lenyapnya. 

Masih ada lagi lho hasil yang bikin aku jatuh cinta banget sama produk ini! 

Pemakaian 5 kali whiteheads pada wajah aku mulai berkurang bikin tiap pegang muka berasa rata gak geradakan. Garis-garis halus dekat mata yang soon bakal jadi kerutan beberapa tahun lagi, garis-garis halus tersebut mulai berkurang, yang ini sih aku sadar setelah pemakaian 4 bulan lebih. Tapi, kalau aku lupa pakai produk ini selama 2 minggu aku ngerasa deh itu whiteheads mulai muncul lagi ditambah muka jadi terlihat kusam. 

Hasil yang memuaskan tersebut jadi bikin aku gak lupa buat pakai, Makanya aku udah pakai Cosrx AHA 7 Whitehead Power Liquid ini botol ke-2. Sebenarnya botol yang pertama aja belum habis, masih sisa lebih dari setengah tapi ya mau gimana lagi soalnya udah lebih dari setahun, PAO produk ini kan hanya 12M. Jadi, daripada kulit aku kenapa-napa aku beli lagi deh dan aku share dengan teman aku agar tidak mubazir terbuang. 

RATING : 5/5
Serius aku cinta banget sama Cosrx AHA 7 Whitehead Power Liquid ini. Super recommended! Buat yang mau coba jangan lupa cari-cari info lebih lagi ya, karena ini chemical exfoliator, salah langkah bisa berakibat fatal pada kulit. Tapi aku yakin deh sekali kamu cocok pakai produk ini gak akan ngelirik produk lain yang sejenis!

Thank you very much for reading and I hope you liked this review!


Follow me on : 
blogbyindira@gmail.com

21 Comments

  1. Aku juga pakai ini dan sensasi cekitnya masih tetep kerasa padahal udah hampir setahun pakai. Kerasanya cuma dibagian yang lagi ada jerawatnya aja. Padahal pakai yang bha gak ada sensasi cekitnya :"

    www.ranioktavia.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pakai yg bha mukanya merah 2 hari terus beruntusan :"

      Delete
  2. Sensasi perih2 gtu ya mbak kalau makainya?
    Tapi kalau hasilnya bagus ya gpp kali ya nahan2 dikit hehe. TFS review produknya :D

    ReplyDelete
  3. duh aku masih pemula, tp pengen cobain jugaaa... ratingnya sampe 5 gitu hahaa. Nice info btw

    herstory-journal.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. dimantepin aja mba cari2 info,
      klo cocok emang oke bangeeet :D

      Delete
  4. Wah jd pgn berpindah ke lain hati nih. Skrg aq pake pixi mbak, udah tggl stgh, jd pgn nyoba yg neogen sbnrnya, tp stlh baca ini kok menggalau lagi ya.. btw salam kenal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh mba ini saya malah lagi mempertimbangkan buat nyoba Pixi Glow Tonic

      Delete
  5. baca reviewnya kok jadi pengen juga ya hehehe

    ReplyDelete
  6. Aku jg pgn cobain yang aHA ini habis lahiran. Reviewnya membantu banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah semoga bayi nya sehat ya kak.
      iya biar tenang nyoba macem2 ntar abis lahiran aja :)

      Delete
  7. Aku pake yg aha malem2 wajib pake hydrating toner juga?
    Aku baru 2 kali pemakaian si tapi gak pake hydrating toner setelahnya.
    Btw kok aku gak nyium bau cuka yah

    ReplyDelete
  8. Wajib pake hydrating toner ngga setelahnya. Aku baru 2 kali pemakaian tapi abis nya cuma langsung bilas air doang.
    Btw aku gak nyium bau cuka yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang wanginya tercium kadang gak. Harusnya sih gak usah dibilas ya...

      Delete
  9. Kak mau tanya kan aku punya lumayan banyak whiteheads nah sebagian itu di area mata (di kelopak mata, bawah mata, sama di ekor mata) bisa gak itu dipake diarea mata? Terus kalo misalnya pake itu caranya gimana? Essence dulu apa cosrx dulu? Soalnya kan essence itu dipake setelah toner.
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. cosrx aja 7 dulu kalau aku, karena prinsip aku kalau pakai Acid di kondisi baterai skin :)

      Delete
  10. Saya yg termasuk bandel memakai produk yg sudah melewati masa PAO namun tentunya dengan pemakaian yg higienis dan pastikan produknya selalu kedap udara. Selama produknya tidah berubah warna, bau, dan wujidnya dan tdk menimbulkan iritasi saya msh ksh toleransi perpanjangan di kulit saya namun utk yg pny kulit super sensitif tentu tidak dianjurkan, hehehe...
    Saya jg pakai produk ini melebihi masa PAO tp Alhamdulillah msh aman, 1 botolnya bsr bgt utk dipakai cuma setahun apalagi dgn pemakaian yg seminggu hanya 2 kali, beban jg ngabisinnya.

    Unextraordinarybeauty.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks sudah share pengalaman.

      next kalau mau komen pakai alamat blog, gunakan name/url ya :)

      Delete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

Jika ingin berkomentar dengan meninggalkan link, silakan gunakan NAME&URL. Link pada kolom komentar akan dihapus.

Jika butuh jawaban cepat, silakan tanyakan melalui instagram: indiranyan