[REVIEW] Benton - Papaya-S Sun Cream SPF 50+/PA++++*

Hi all! It’s me Indira and welcome (back) to my blog.


Benton Papaya-S Sun Cream SPF50+/PA++++ merupakan sunscreen kedua dari Benton. Sebelumnya aku sudah me-review sunscreen Benton yang pertama. Konsep produk juga masih mirip, menggunakan physical dan chemical sunscreen agents. Sunscreen pertama Benton yaitu Papaya-D Sun Cream SPF38/PA+++, tidak terlalu berbeda dari nama ya hanya saja SPF dan + nya lebih tinggi. Papaya-D, huruf D adalah untuk 'daily'. Sementara Papaya-S, huruf S-nya adalah untuk 'sport'. Apakah ada perbedaan yang lain? Bisa baca terus post ini ya 😊



 
Brand : Benton
Product Name : Papaya-S Sun Cream SPF50+/PA++++
Brand Website : www.bentoncosmetic.com
Price : ± $21
Netto : 50g 
PAO : 12M

Disclosure : Product mentioned here were sent to me by Benton for review purpose. However all opinion based on my experience. Read more here.


Description :
Benton’s Papaya-S Sun Cream is Benton’s second physical & chemical suncream designed for outdoor activities. Papaya-S Sun Cream has the highest sun protection factor available in Korea, SPF50+ / PA++++. Mixed with chemical and physical sunscreen agents, the suncream effectively blocks both UVA and UVB, and helps to protect skin from external stressors. Also, niacinamide and adenosine in the formula help to achieve a bright and smooth complexion.

About ingredients:
Carica Papaya (Papaya) Fruit Water(43%) / Carica Papaya (Papaya) Fruit Extract It is said that Christopher Columbus was so impressed by the papaya’s taste and called it ‘the fruit of the angels’. The papaya is rich in vitamins and contains polyphenols, minerals, and papain. Such components in the papaya help to keep skin healthy and beautiful. Carica Papaya Seed Oil – Extracted from the seed of the papaya, Papaya Seed Oil helps to make skin supple and smooth. Also, the oil helps skin to retain moisture.   Papain – Papain is a protease obtained from the papaya. It is effective in pore care, controlling sebum and dead skin cells.

Recommended for following skin types :
Skin exposed to frequent outdoor activities
Skin that wants a natural tone-up
Dull skin lacking suppleness
Skin that wants a light, moist sunscreen
Skin that wants high protection against UVA/UVB with a minimal white cast

Ingredients :
Carica Papaya (Papaya) Fruit Water(43%), Titanium Dioxide, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Zinc Oxide, Octyldodecanol, Dicaprylyl Carbonate, Coco-Caprylate/Caprate, C12-15 Alkyl Benzoate, Cetyl PEG/PPG-10/1 Dimethicone, Pentylene Glycol, Niacinamide, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Glycerin, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Aqua (Water), 1,2-Hexanediol, Polyglyceryl-3 Diisostearate, Magnesium Sulfate, Beeswax, Aluminum Hydroxide, Dimethicone, Propanediol,Hydrogen Dimethicone, Disteardimonium Hectorite, Carica Papaya Seed Oil(5000ppm), Glyceryl Caprylate, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Triethoxycaprylylsilane, Panthenol, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Beta-Glucan, Carica Papaya (Papaya) Fruit Extract(750ppm), Xanthan Gum, Xylitylglucoside, Anhydroxylitol, Xylitol, Adenosine, Carthamus Tinctorius (Safflower) Bud Extract, Disodium Adenosine Triphosphate, Papain(100ppm), Algin, Glucose, Geranium Maculatum Oil

ingredients analysist :

Dibandingkan sunscreen pertamanya yang sudah release kira-kira sebulan lebih awal, Benton Papaya-S Sun Cream ini lebih banyak memiliki ingredients yang berfungsi sebagai UV Protection, yaitu Titanium Dioxide, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Zinc Oxide, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Glycerin, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine. Dimethicone disini berfungsi untuk menstabilkan formula produk ini karena persentase physical sunscreen (Titanium Dioxide dan Zinc Oxide) nya tinggi. Untuk info lebih lengkap mengenai basic knowledge tentang ingredients pada produk ini, bisa dibaca pada kedua link di atas ya.

Berbicara tentang kemasan, sunscreen Benton yang satu ini juga dilengkapi box dan sunscreen nya sendiri dikemas dalam tube. Warna kemasannya didominasi putih dan sedikit warna orange. Pada box nya terdapat tulisan bahasa inggris dan korea. Lumayan cukup kok info di box nya karena bahasa inggris yang ada merupakan terjemahan dari tulisan korea nya. Biasanya kan banyak brand lain yang cuma ingredients aja yang dalam bahasa inggris, Good Job Benton! 😉


Tube sunscreen nya juga berukuran standar. Dengan tutup ulir berwarna silver yang hanya perlu dipencet badan tube nya untuk mengeluarkan isi. Perlu diingat produk yang masih baru pasti bagian mulu tube nya masih menempel silver foil. Benton tidak mencetak expired date nya, melainkan manufacture date yang terdapat pada bagian atas belakang tube. Namun kita bisa tahu kok expired date nya, yaitu 30 bulan setelah tanggal produksi tersebut. Untuk waktu pemakaian yaitu 12 bulan terhitung sejak kamu membuka segel pada mulut tube nya.

Tekstur dari Benton Papaya-S Sun Cream SPF50+/PA++++ ini tidak sepadat Benton Papaya-D Sun Cream SPF38/PA+++ melainkan lebih sedikit cair namun tidak seperti air, warna cream Benton Papaya-S Sun Cream ini saat aku bandingkan lebih putih. Meskipun teksturnya lebih cair aku malah ngerasa ini kok susah diratakan ya, karena aku lihat rata atau tidaknya dari whitecast yang super parah pada wajah aku. Whitecast-nya ini kelihatan banget bisa lihat foto di bawah, setelah 15 menit baru perlahan menghilang dan warna kulit aku mulai kembali normal.


Kemungkinan kalau kulit kamu lebih putih warnanya whitecast-nya gak akan separah aku (I'm shade 33 on Sephora foundation). Wanginya masih sama dengan Benton Papaya-D Sun Cream cuma lebih kuat, tapi makin lama wanginya akan berkurang sampai gak tercium apa-apa lagi kok.

Benton Papaya-S Sun Cream ini terasa lengket waktu baru saja diaplikasikan, namun kira-kira 10 menit setelahnya sudah gak terasa lagi, gak berasa apapun setelahnya, makanya aku selalu pakai pelembab sebelum pakai sunscreen benton ini.

Aku sudah pakai suncream ini sejak bulan Agustus. Pertama-tama seperti biasa aku melakukan test patch terlebih dahulu dengan mengaplikasikan sedikit produk ini pada bagian wajah yang sering muncul jerawat yaitu pipi bagian kanan. Eh bodohnya pada hari yang sama aku test patch juga produk yang lain di tempat yang sama. Keesokan harinya muncul cystic acne jadi aku gak tau penyebabnya apa. Setelah sebulan akhirnya cystic acne itu hilang juga meskipun masih ada bekasnya sekarang, jadi deh aku coba pakai benton suncream ini lagi. Alhamdulillah gak ada cystic acne yang muncul lagi, tapiii muka aku jadi gatel ditambah whiteheads muncul banyak banget mostly di rahang setiap pakai ini 😭.

Setelah beberapa kali pakai-berhenti-pakai-berhenti produk ini sampai akhir bulan September lalu aku tarik kesimpulan kalau aku gak cocok dengan benton Papaya-S Sun Cream SPF50+/PA++++ ini lebih cocok dengan produk satunya.

RATING: 2/5
Ya meskipun penilain dari aku gak tinggi,  bukan berarti produk ini jelek. Setiap kulit punya efek berbeda-beda dengan tiap produk. Sayang banget sih kulit aku bereaksi buruk dengan produk ini, padahal aku senang ini SPF dan ++++ nya tinggi.


Thank you very much for reading and I hope you liked this review!


Follow me on : 
blogbyindira@gmail.com

15 Comments

  1. Padahal udah SPF 50+/PA ++++ ya mbak, sayang banget ga cocok.. Aku malah pengen nyobain Benton Papaya-D sun cream ini... ^^

    ReplyDelete
  2. Saya kalau lihat postingan beauty gini suka salah fokus sama kemasan produknya yang emang cantik-cantik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga kalau beli sering karena kemasannya yg cantik aja :D

      Delete
  3. Sukaaa banget review kosmetik dari blog mba Indira.

    Aku pakai merk lain yang bikin white-cast ((istilah yang baru aku dapet setelah baca blog mba Indira)) karena kadar SPF nya tinggi.
    Tadinya aku menyimpulkan, asal SPF tinggi pasti white-cast yaa?

    Ternyata engga begitu kan yaa, mba Indira...lama-lama mereka nge-blend sehingga kulit terasa tanpa riasan - alami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau teksturnya cream dari semua yg udah pernah aku coba selalu whitecast,
      tp kalau teskturnya yg gel biasanya gak :D

      iya ngeblend jadi warna kulit lagi, sama kayak foundation yg bisa berubah beberapa ada yg menggelap warnanya setelah dipake

      Delete
  4. Replies
    1. emang disini ga bgtu hits dibanding brand korea lain :D

      Delete
  5. Idem sama yg atas, baru tau merk ini. Tp jd tertarik berhubung aku sering traveling di autdoor :)

    ReplyDelete
  6. Kalau produk benton aku baru coba yang shea butter hand cream nya yang katanya dupe nya loccitane, kalau ini belum

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi penasaran sama hand creamnya,
      padahal udh order beberapa bulan lalu gegara redline beacukai jd batal deh hiks

      Delete
  7. aku pake merek lain juga emang ada white cast yang kelihatan banget sih. Tapi ini sangat melindungi kulit dari paparan sinar matahari

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe ada aku jg pernah nyoba brand lain sih yg whitecast nya ga ilang2

      Delete
  8. wah padahal SPF nya tinggi yah tapi ga cocok. Aku setuju juga sih kulit orang beda-beda aku pun nyoba yang bioere ga cocok padahal reviewnya bagus banget :(

    main ke blogku yuk
    www.sabrinamaida.com
    @sabesabrina

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

Jika ingin berkomentar dengan meninggalkan link, silakan gunakan NAME&URL. Link pada kolom komentar akan dihapus.

Jika butuh jawaban cepat, silakan tanyakan melalui instagram: indiranyan