Trik Belanja Hemat dengan Promo dari Tokopedia*

Tuesday, November 20, 2018

Hi all! It’s me Indira and welcome (back) to my blog.


Perkembangan e-commerce di Indonesia dianggap sangat pesat dibandingkan negara lainnya. Masyarakat yang semakin melek teknologi serta berkembangnya teknologi finansial membuat usaha-usaha online tumbuh bak cendawan di musim hujan. Para pelaku usaha tersebut juga ingin mendapatkan keuntungan besar yang didapatkan dari kegiatan masyarakat berbelanja online hari ini.

Untuk mendukung perkembangan pengusaha-pengusaha kecil dan menengah di Indonesia, Tokopedia hadir memberikan ruang yang luang. Di website berkonsep mal modern ini, setiap orang dapat menjadi penjual, pembeli, atau bahkan keduanya. Berbagai merek produk diperjualbelikan di marketplace ini. Harganya pun beragam, mulai dari yang terjangkau hingga yang cenderung mahal.



BERBELANJA DENGAN HEMAT

Nah, salah satu tantangan ketika berbelanja online adalah kurangnya pengendalian diri dari calon pembeli. Akibatnya, uang yang dikeluarkan untuk membeli barang secara online jauh di luar kemampuan. Padahal, jika belanja online dilakukan dengan cara  yang tepat, dapat membuat pengeluaran justru lebih berkurang. Anggaran yang tersisa pun dapat digunakan untuk keperluan lain.

Supaya Anda dapat berbelanja dengan hemat di toko-toko online tersebut, dalam hal ini khususnya Tokopedia, simak promo Tokopedia terbaru dariShopBack dan beberapa trik yang perlu diketahui.

1.      Lakukan perbandingan produk

Sejumlah produk yang dijual online dibanderol dengan harga yang murah. Di sisi lain, ada pula produk yang sama dengan harga yang lebih mahal. Jika Anda mendapatkan harga murah, tentu akan sangat menguntungkan. Sebaliknya, jika Anda mendapatkan barang dengan harga yang jauh lebih mahal daripada aslinya, tentu akan merasa rugi.

Untuk menghindari hal itu, sebaiknya lakukan perbandingan terlebih dahulu sebelum membeli suatu barang. Perbandingan utama adalah dari segi harga. Produk sepatu, misalnya, dengan merek yang berbeda, harga yang ditawarkan juga berbeda. Bahkan, ada pula yang memiliki merek yang sama, tetapi harga berbeda karena ditawarkan oleh penjual yang berbeda.

Untuk produk make up, sangat banyak pilihan produk dan juga seller di Tokopedia. Selain membandingkan harga produk, perhatikan juga reputasi dari seller penjualnya.

2.      Manfaatkan bulan spesial
sumber : kekenaima.com

Pada waktu-waktu tertentu, Tokopedia memberikan tawaran promo kepada para pelanggannya. Biasanya, tawaran ini dapat dinikmati dalam waktu yang terbatas. Membeli pada saat promo tentu akan lebih hemat dibandingkan jika Anda tidak memperhatikan waktu yang tepat. Sebagai contoh, pada momen Harbolnas atau hari Belanja Online Nasional.

Untuk mendapatkan informasi tentang promo, Anda bisa memantaunya melalui website dan aplikasi Tokopedia atau ShopBack. Melalui aplikasi ini, para pengguna akan mendapatkan informasi yang valid mengenai jenis-jenis promo yang diberikan oleh online marketplace. Daftar kode promo Tokopedia di ShopBack adalah salah satu panduan untuk mendapatkan harga barang yang hemat saat berbelanja online.

ShopBack juga menawarkan keuntungan ekstra berupa cashback yang akan didapatkan oleh pembeli setelah melakukan transaksi belanja di marketplace yang dipilih. Hal ini sangat bermanfaat, terutama bagi orang-orang yang cenderung lebih senang berbelanja secara online daripada di toko-toko fisik.

3.      Gunakan fitur dengan urutan termurah

Salah satu teknis yang perlu Anda pahami pada saat belanja hemat di Tokopedia adalah mengenal fitur untuk mengurutkan dari yang termurah. Anda hanya perlu mengaktifkan opsi tersebut sehingga ketika barang muncul setelah proses pencarian, pilihan yang paling awal terlihat adalah produk dengan harga yang paling murah.

Keunggulan menggunakan fitur ini adalah dapat menghemat waktu Anda. Daripada harus mencari satu demi satu dan membandingkan mana produk yang paling murah. Dengan cara otomatis, Anda akan dihadapkan pada pilihan termurah. Nah, selanjutnya tanggung jawab Anda adalah memastikan kualitas produk sesuai dengan harga yang diberikan.

Jangan sampai, karena hanya ingin mendapatkan produk murah, Anda justru mengorbankan kualitas. Bukan hanya rugi, Anda bisa juga merasa tidak nyaman ketika menggunakannya.

4.      Menyimak review dari pembeli lain

Salah satu hal yang perlu Anda perhatikan untuk menghindari kerugian karena berbelanja online adalah selalu menyimak review dari pembeli lain. Para pembeli yang puas biasanya akan mengungkapkan kepuasannya dengan memberikan pernyataan-pernyataan positif. Sebaliknya, pembeli yang tidak puas akan menunjukkan pernyataan negatif terhadap produk maupun toko tersebut.

Nah, Anda tentu sangat diwajibkan untuk memperhatikan hal ini supaya pembelian tersebut tidak berakhir mengecewakan atau justru merugikan.

5.      Jangan ragu komplain jika produk tidak sesuai

Karena merasa enggan direpotkan dengan produk yang harus dikembalikan, seorang pembeli akhirnya memutuskan untuk berbelanja lagi. Padahal, barang yang lama diterima tidak digunakan dan hanya dibiarkan tersimpan. Keputusan ini tentu tidak bijak dan membuat Anda tidak jadi berhemat.

Sebaiknya, Anda memanfaatkan fitur komplain yang tersedia di Tokopedia apabila barang yang diterima tidak memuaskan dan tidak sesuai dengan spesifikasi yang tercantum. Namun, tentu saja Anda harus sedikit repot karena ada sejumlah prosedur yang harus dijalani. Sebagai contoh, Anda perlu mengisi formulir khusus mengenai alasan penolakan barang tersebut.

BERBELANJA DENGAN BIJAK

Promo atau sale memang sangat menggiurkan. Banyak orang tidak berpikir panjang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli suatu barang. Untuk menghindari terjadinya masalah pada pengelolaan keuangan Anda, sebaiknya jangan abaikan hal ini.

Berbelanja dengan bijak berarti harus pandai menentukan pilihan. Melakukan survei dengan mendalam akan membantu Anda mengenal jenis produk tersebut sehingga tidak salah ketika membeli. Bisa jadi, masalah yang dihadapi adalah Anda pada akhirnya tidak menyukai produk tersebut karena spesifikasi atau warnanya ternyata tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Nah, demikian cara berbelanja dengan hemat di Tokopedia. Apakah Anda tertarik? Segera persiapkan diri untuk berburu barang-barang murah dan berkualitas.


Thank you very much for reading and I hope you liked this post!

RELATED POST

6 komentar

  1. nah iya, kalau belanja di e-commerce emang kudu mau meluangkan waktu sedikit buat baca review dari pembeli sebelumnya....
    Btw, aku selalu pakai tokopedia buat bayar-bayar tagihan bulanan. Lebih hemat karena banyak cashbacknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya cashback-nya tokped emang lumayan banget ya mba

      Delete
  2. Setujuuuu, manfaatkan bulan bulan atau momen momen khusus buat belanja di tokopedia. Dijamin bakal dapet harga yg bikin hati berbunga-bunga. 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya paling sering banget hari spesial diskonnya gede!

      Delete
  3. Sejak baru nikah ini sudah jadi favorit aku, paling jago make aplikasi toped ini. Sekali nyoba aplikasi belanja lain bingung mo nyari yg termurah haha

    ReplyDelete

Hello. Thank you for visiting my blog and share your opinion. I'll reply comment after I read. Make sure you use active profile when leave comment so I can visit your blog too. Feel free to ask follow back especially if your blog content similar with me.

Comment with active links (clickable link) to your own blog, giveaway post, referral links will be automatically removed to make this blog spam-free.