[REVIEW] Clinelle Pureswiss HydraCalm*

Hi all! It’s me Indira and welcome (back) to my blog.


Akhir tahun lalu ada salah satu brand yang baru rilis di Indonesia, yaitu Clinelle. Aku tertarik banget buat coba produk-produk Clinelle terutama dari rangkaian Pureswiss HydraCalm. Pertama aku tertarik karena warna kemasannya yang menarik. Buat yang udah sering mampir ke blog aku pasti tau deh, aku kalau beli produk, kemasan selalu jadi salah satu pertimbangan. Produk yang kemasannya kurang menarik meskipun banyak review yang bilang bagus seringnya gak aku coba. Selain itu, hal yang buat aku tertarik dengan Clinelle Pureswiss Hydracalm series karena kebanyakan produk skincare yang kemasannya berwarna biru biasanya buat menghidrasi dan melembapkan kulit. Eh ternyata emang benar. 😀 


Disclosure : Product mentioned here were sent to me for review purpose. However all opinion based on my experience. Read more here.


Sebelumnya aku pernah coba ikut quiz yang ada di website Clinelle Indonesia untuk mengetahui produk Clinelle apa yang kemungkinan cocok untuk kulit aku. Result-nya aku direkomendasikan 7 produk, 5 diantaranya merupakan produk-produk Clinelle rangkaian Pureswiss Hydracalm. Clinelle PureSwiss HydraCalm series terdiri dari 5 produk ada Caring Milk, Cleansing Gel, Lotion, Serum dan Cream. Beruntungnya aku beberapa minggu lalu dapat 3 produk Clinelle PureSwiss HydraCalm dari Clozette Indonesia untuk di review.



Keunggulan dari Clinelle Pureswiss Hydracalm  series adalah diformulasikan dengan 3x Hydracalm Action dengan kandungan Natural Hyaluronic Acid, Pureswiss Thermal Spring Water dan Bio-Calm Complex. Bermanfaat untuk memberikan kelembapan pada kulit hingga 72 jam jika menggunakan seri lengkap, menghidrasi setiap lapisan kulit. Dengan p.H 5.5 sesuai dengan pH alami kulit, serta melembapkan tanpa meninggalkan rasa lengket atau berminyak pada kulit. Selain itu Clinelle juga diformulasikan tanpa “7 NOs” , yaitu : tanpa pewarna buatan, tanpa pewangi buatan, tanpa lanolin, tanpa minyak mineral, tanpa SD-alkohol, tanpa kandungan komedogenic, tanpa paraben

Seperti biasa cara aku coba produk skincare baru, aku melakukan test patch dulu di bagian kulit wajah yang paling sering muncul breakout yaitu pipi sebelah kanan. Biasanya dalam 1x24 jam kalau produk gak cocok akan menimbulkan reaksi pada kulit aku seperti gatal-gatal atau jerawat tipe whiteheads. Alhamdulillah setelah melakukan test patch gak ada reaksi buruk sama sekali dari semua. 😍

Tipe dan masalahan kulit aku :
Kombinasi (hanya berminyak pada T zone, bagian wajah lainnya kering), dehidrasi, kusam dan beberapa bekas jerawat tipe PIH. Untuk jerawat selama aku gak stress dan gak pakai produk yang gak cocok untuk kulit aku, biasanya jerawat hanya muncul saat mengalami menstruasi.

3 produk Clinelle yang aku coba ini mengandung Glycerin, Propylene Glycol, Anthemis Nobilis Flower Extract dan  Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract yang merupakan ingredients yang bagus untuk kulit kering karena merupakan humectants yang berfungsi untuk memberikan dan menjaga kelembapan pada kulit. Selain itu buat yang gak suka dengan keberadaan Paraben, produk-produk ini menggunakan Phenoxyethanol sebagai zat pengawet. Selanjutnya aku mau ulas satu per satu produk Clinelle yang aku dapatkan.

Clinelle Pureswiss HydraCalm Cleansing Gel


☆ (4/5)

Netto :
100ml
Price :
Rp 99.000
BPOM Number : 
NC14161203573

Ingredients:
AQUA (THERMAL SPRING WATER), DECYL GLUCOSIDE, COCAMIDOPROPYL BETAINE, PPG-26-BUTETH-26, GLYCERIN, ACRYLATES/C10-30 ALKYL ACRYLATE CROSSPOLYMER, PEG-40 HYDROGENATED CASTOR OIL, COCO-GLUCOSIDE, GLYCERYL OLEATE, PROPYLENE GLYCOL, POTASSIUM HYDROXIDE, CHLORPHENESIN, CITRIC ACID, ALLANTOIN, PELARGONIUM GRAVEOLENS FLOWER OIL, DISODIUM EDTA, CETRIMONIUM BROMIDE, CITRONELLOL, GERANIOL, LINALOOL, SODIUM BENZOATE, CASSIA ANGUSTIFOLIA SEED POLYSACCHARIDE, HYDROLYZED ALGIN, PHENOXYETHANOL, HYPERICUM PERFORATUM EXTRACT, MARIS AQUA (SEA WATER), ANTHEMIS NOBILIS FLOWER EXTRACT, CALENDULA OFFICINALIS FLOWER EXTRACT, CENTAUREA CYANUS FLOWER EXTRACT, CHAMOMILLA RECUTITA (MATRICARIA) FLOWER EXTRACT, TILIA CORDATA FLOWER EXTRACT, HYDROXYETHYLCELLULOSE, CHLORELLA VULGARIS EXTRACT

Clinelle PureSwiss HydraCalm Cleansing Gel merupakan pembersih wajah bebas sulfat yang secara efektif membersihkan kotoran dan sebum berlebih tanpa mengganggu kelembapan alami kulit karena memiliki pH 5.5 yang slightly acidic sesuai dengan kondisi kulit wajah. Sabun wajah ini dapat membuat kulit terasa segar, lembut dan kenyal.



Sabun  muka ini teksturnya gel yang tidak berwarna. Dikemas dalam tube berisi isi 100ml dengan tutup flip top, produk yang baru pada bagian mulut tube masih tersegel dengan alumunium foil. Produk ini bisa dipakai pada pagi dan malam hari. Saat pagi hari ini produk ini merupakan skincare pertama yang aku pakai untuk membersihkan wajah. Sementara itu pada malam hari aku memakai ini setelah membersihkan wajah dengan cleansing oil.

Cara aku pakai Clinelle PureSwiss HydraCalm Cleansing Gel ini biasanya aku mengeluarkan isinya sepanjang 1 cm pada telapak tangan yang agak basah, kemudian aku pijat wajahku dengan lembut, setelah dirasa cukup aku membilas wajah dengan air.

Cleansing gel ini gak berbusa sama sekali. Setelah dibilas kulit wajah tidak terasa kesat, malahan waktu aku pegang wajah jadi berasa kenyal dan lembap. Ada wanginya yang bikin segar, tapi wanginya bukan synthetic gitu, kemungkinan wanginya dari salah satu atau perpaduan ingredients yang ada karena di ingredients list gak ada fragrance.

Clinelle Pureswiss HydraCalm Lotion


 (5/5)

Netto :
150ml
Price :
Rp 199.000
BPOM Number : 
NC14160102351

Ingredients :
AQUA (THERMAL SPRING WATER), GLYCERIN, PENTYLENE GLYCOL, ACRYLATES/C10-30 ALKYL ACRYLATE CROSSPOLYMER, PPG-26-BUTETH-26, ALLANTOIN, CHLORPHENESIN, PEG-40 HYDROGENATED CASTOR OIL, SODIUM BENZOATE, BIS-PEG-18 METHYL ETHER DIMETHYL SILANE, CARRAGEENAN, O-CYMEN-5-OL, SODIUM HYDROXIDE, PROPYLENE GLYCOL, TETRASODIUM EDTA, PELARGONIUM GRAVEOLENS FLOWER OIL, HYDROLYZED ALGIN, CITRONELLOL, GERANIOL, LINALOOL, MARIS AQUA (SEA WATER), CASSIA ANGUSTIFOLIA SEED POLYSACCHARIDE, CITRIC ACID, CHLORELLA VULGARIS EXTRACT, PHENOXYETHANOL, HYPERICUM PERFORATUM EXTRACT, ANTHEMIS NOBILIS FLOWER EXTRACT, CALENDULA OFFICINALIS FLOWER EXTRACT, CENTAUREA CYANUS FLOWER EXTRACT, CHAMOMILLA RECUTITA (MATRICARIA) FLOWER EXTRACT, TILIA CORDATA FLOWER EXTRACT, HYDROXYETHYLCELLULOSE, BHT

Clinelle PureSwiss HydraCalm Lotion ini memiliki tekstur ringan seperti air yang berfungsi untuk membantu menutrisi, menghaluskan dan merawat kulit. Daya hidrasinya bisa membantu  memperbaiki pori-pori dan membantu penyerapan produk yang dipakai setelahnya. Produk ini bisa membuat kulit menjadi lebih halus, terhidrasi dan terawat baik. Selain itu memiliki pH 5.5 yang sesuai untuk kulit.


Clinelle PureSwiss HydraCalm Lotion ini merupakan toner, lebih tepatnya hydrating toner. Aku pakai pada pagi dan malam hari. Kemasannya terbuat dari plastik yang keras, dengan tutup ulir, bagian mulut tube nya beda banget karena juga ada pengamannya. Sehingga bikin lebih tenang buat dibawa kemana-mana karena kemungkinan bocornya sedikit. Kemasan produk yang baru masih tersegel dengan plastik, serta keterangan tentang produk dalam Bahasa Indonesia juga menempel pada plastik tersebut. Tekstur dari produk ini gak plek sama seperti air. Menurut aku agak sedikiiit lebih thick dibandingkan air biasa.

Setelah membersihkan wajah aku lanjut dengan exfoliating toner kemudian FTE lalu hydrating toner. Cara aku pakai produk ini aku teteskan ke wajah lalu aku pat-pat sedikit ditekan agar terserap dengan sempurna. Sering sekali aku pakai produk ini dengan menerapkan 7 SkinMethod atau mengaplikasikan hydrating toner sebanyak 7 lapis saat kulit aku dehidrasi parah. Setiap kali aku memakai ini yang aku rasa kulit terasa ‘penuh’ gitu karena dikasih minuman, kulit aku yang tadinya terasa kasar jadi halus dan langsung bouncy banget! 😍

Clinelle Pureswiss HydraCalm Serum


(4.5/5)

Netto :
20ml
Price :
Rp 279.000
BPOM Number : 
NC14160102385

Ingredients :
AQUA (THERMAL SPRING WATER), GLYCERIN, CYCLOPENTASILOXANE, PROPYLENE GLYCOL, BUTYLENE GLYCOL, DIMETHICONE, CYCLOHEXASILOXANE, COCOGLYCERIDES, SODIUM POLYACRYLATE, HYDROXYETHYL ACRYLATE/SODIUM ACRYLOYLDIMETHYL TAURATE COPOLYMER, PENTYLENE GLYCOL, POLYSILICONE-11, SODIUM BENZOATE, ALLANTOIN, CHLORPHENESIN, TOCOPHERYL ACETATE, O-CYMEN-5-OL, DISODIUM EDTA, POLYSORBATE 60, SORBITAN ISOSTEARATE, SODIUM HYDROXIDE, PELARGONIUM GRAVEOLENS FLOWER OIL, HYDROLYZED ALGIN, CITRONELLOL, GERANIOL, MARIS AQUA (SEA WATER), LINALOOL, CHLORELLA VULGARIS EXTRACT, CASSIA ANGUSTIFOLIA SEED POLYSACCHARIDE, CITRIC ACID, PHENOXYETHANOL, HYPERICUM PERFORATUM EXTRACT, ANTHEMIS NOBILIS FLOWER EXTRACT, CALENDULA OFFICINALIS FLOWER EXTRACT, CENTAUREA CYANUS FLOWER EXTRACT, CHAMOMILLA RECUTITA (MATRICARIA) FLOWER EXTRACT, TILIA CORDATA FLOWER EXTRACT, HYDROXYETHYLCELLULOSE

Clinelle PureSwiss HydraCalm Serum merupakan serum yang secara intensif membantu meningkatkan hidrasi dan mengunci kelembapan kulit  untuk hasil yang tahan lama. Hasilnya bisa membuat kulit menjadi lembap, halus dan lembut.


Clinelle PureSwiss HydraCalm Serum ini dilengkapi dengan box, produknya sendiri dalam kemasan pump. Sayangnya ini gak transparan jadi gak tau isinya sebanyak apa. Teksturnya merupakan light cream yang berwarna putih dan cepat meresap. Aku pakainya setelah Clinelle Pureswiss HydraCalm Lotion.

Serum ini merupakan produk yang isinya paling sedikit dan paling mahal dalam rangkaian ini. Aku paham kenapa mahal, karena cuma butuh sedikit aja untuk dipakai dan performance-nya nih kecil-kecil cabe rawit deh! Aku pernah sengaja pakai ini tanpa lotion-nya. Keren banget sih kulit langsung terasa lembap, halus dan lembut. Aku gak pernah lupa pakai ini pada malam hari. Buat pagi hari kadang aku gak pakai kalau kulit aku lagi gak terasa terlalu kering atau saat aku sedang terburu-buru pergi.


Me totally fall in love dengan semua produk Clinelle dari rangkaian Pureswiss HydraCalm yang aku coba ini. Please note, aku pakai produk-produk Clinelle ini tetap digabungkan dengan produk skincare dari brand lain ya (cleansing oil, exfoliating toner, first essence, eye cream dan moisturizer) gak hanya 3 produk Clinelle ini aja, tau sendiri skincare routine aku panjang 😀. Terus setelah aku ganti produk untuk cuci muka, hydrating toner dan serum dari  Clinelle ini semenjak 2 minggu lalu aku merasakan perbedaannya. Kulit aku terasa lembap lebih lama! Padahal sebelumnya meskipun skincare aku sudah berlapis-lapis malam hari, paling maksimal keesokan paginya waktu mau sholat kulit aku udah kering dan kasar lagi.

Cerita sedikit nih beberapa waktu lalu aku sempat sakit yang benar-benar lemas gak ada tenaga buat melakukan apapun kecuali memaksakan bergerak buat kamar mandi. Aku skip gak melakukan rutinitas pakai skincare 1,5 hari (pagi 2 kali dan malam 1 kali) karena emang benar-benar gak sanggup deh, udah bodo amat, mandi aja enggak. Kurang lebih selama hampir 35 jam dari terakhir aku pakai skincare, aku masih ngerasa kulit aku lembap dan halus gak terasa ada bagian kulit yang rough. Amazed banget padahal aku belum pakai semua produk dari series ini tapi kulit aku tetap lembab dan terasa halus, jadi mau beli produk lainnya biar makin maksimal.

Cuma ya namanya skincare pasti cocok-cocokan, gak menjamin yang cocok di aku bakal cocok di orang lain juga.  Highly recommended buat yang kulitnya dry dan dehydrated seperti aku mungkin akan cocok selama gak ada ingredients yang bikin kamu alergi ya 😉. 

Clinelle 
www.instagram.com/clinelleid
Clozette 
www.instagram.com/clozetteid

Thank you very much for reading and I hope you liked this review!

20 Comments

  1. Banyak bgt yg share ini, ku penasaran, terlihat cucok :(

    ReplyDelete
  2. Waaa..kalao pake rangkaiannya bisa melembabkan kulit hingga 72 jam..keeeren ih..kebetulan bgt kulit saya agak kering nih, bisa jadi referensi baru skincare

    ReplyDelete
  3. hai mba indira, nice to see your blog, it's really nice... setuju deh mba, packaging nya menarik bgt ya tapi harganya lumayan hihihi, ini ada kemasan tester gitunya ga yak untuk dicoba? thx mba ^^

    ReplyDelete
  4. Kelembapan hingga 72 jam. Wow wow tahan lama juga ya, hampir jam tiga hari

    ReplyDelete
  5. wah... baru tahu ada produk yang bisa melembabkan wajah dengan durasi yang lama seperti itu.. jadi pengen coba deh

    ReplyDelete
  6. Wah reviewnya lengkap banget ya, terima kasih ya, Aku jadi penasaran banget sama produknya Clinelle ini meski harganya lumayan ya tapi sepadan ya dengan kualitasnya

    ReplyDelete
  7. Produk ini kayaknya cocok untuk yang pengen ngelembabin dan bikin kenyal kulit ya 🙂 Menarik untuk dicoba

    ReplyDelete
  8. Hydra calm lotion kepengen aku cobain..kemarin liat d guardian udah tempting pengen beli ehh liat review ini jadi pas bangeet

    ReplyDelete
  9. I jg d pernah cb hydracalm series mrk.. Plg love sm lotionya.. Manthap buat jd skincare booster 😍👍 skrg lg cb yg caviar gold.. Itu jg manthap


    Xoxo
    Blossomshine

    ReplyDelete
  10. Pengen nyobain apa belinya cuma bisa online aja ya?

    ReplyDelete
  11. Seneng baca reviewnya, lengkap banget.. Aku udh lama banget penasaran sama serumnya.. Btw aku baru tau kalau clinelle itu asal lokal.. Banngga deh!

    ReplyDelete
  12. wadoh clinele lagi, yang bikin mupeng wkwk

    ReplyDelete
  13. Aku sukanya sama si Clinelle ini tuh komposisinya bener-bener oke. Kandungan yang kira-kira memicu alergi ga ada di produk ini. Lucky ya ketemu ini

    ReplyDelete
  14. jadi penasaran dengan produk clinelle ini mbak. cuma kalau di aceh belum ada pasti, paling beli online

    ReplyDelete
  15. wow mbak. Kalau aku skincare baru sebatas pake serum. Itu aja merutinkan udah susah buat aku 😂

    ReplyDelete
  16. waa aku baru tau nih brand nih, jadi pengen coba juga

    ReplyDelete
  17. Iya mbak, lucu ya botolnya, biru lagi, jadi ada kesan segar

    ReplyDelete
  18. banyak banget yg review ini, aku jadi penasaran, eh skrg udha keluar yg gold seris lagi aja. Tp mirip2 sama bio-essence ga sih menurut kamu packaging dan idenya? XD

    ReplyDelete
  19. Aku tertarik sama calming lotion-nya, Ind. Kayaknya enak yah diolesin habis panas2an di luar gitu yah ^^

    ReplyDelete
  20. I truly welcome this superb post that you have accommodated us. I guarantee this would be valuable for the vast majority of the general population. It is a great website and a nice share. I want to thank you. Good job! You guys do a great blog and have some great content. Keep up the good work.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

Jika ingin berkomentar dengan meninggalkan link, silakan gunakan NAME&URL. Link pada kolom komentar akan dihapus.

Jika butuh jawaban cepat, silakan tanyakan melalui instagram: indiranyan