Cara Menyimpan Alat Styling dengan Benar

Menata penampilan menjadi hal yang menjadi rutinitas saat ini, apalagi bila mengikuti berbagai acara atau pekerjaan yang mengharuskan untuk tetap tampil cantik dan profesional.

 

Salah satu yang bisa mempercantik penampilan adalah dengan penggunaan alat styling rambut. Dengan alat ini penampilan menjadi lebih baik, terlebih membuat tatanan rambut menjadi shiny dan optimal.

 

Intinya alat styling rambut memang alat yang penting untuk penampilan. Tetapi kemampuan akan menjadi sia-sia bila tidak disimpan dengan benar, yang berakibat pada rusaknya alat styling hingga menyebabkan korsleting yang berbahaya bagi keselamatan.

 

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan dan membuat alat styling tetap tahan lama, artikel ini akan membahas cara menyimpan alat styling dengan benar. Beberapa di antaranya adalah:


1. Gulung Kabel Alat Styling Dengan Huruf S

Berbagai perlengkapan alat styling yang memiliki kabel seperti hair dryer, alat catok, pengeriting dan berbagai alat styling berkabel lainnya memang harus digulung secara rapi.

 

Untuk menggulung kabel ini, ternyata tidak boleh dilakukan dengan melilit kabel ke alat styling. Hal ini bisa menyebabkan berubahnya bentuk kabel dan menyebabkan korsleting yang membuat alat styling menjadi rusak.

 

Cara yang tepat dalam menggulung kabel adalah dengan menggulung seperti pola huruf “S” atau pola melingkar. Setelah digulung dengan baik, ikat dengan menggunakan velco wrap atau dengan menggunakan karet biasa.


2. Simpan Dalam Kemasan Khusus

Setelah menggulung alat styling yang berkabel atau alat styling biasa, langkah yang dapat dilakukan adalah dengan menyimpannya di kemasan khusus. Salah satu kemasan yang direkomendasikan adalah kemasan kantong yang terdapat bagian empuk di dalamnya.

 

Alat styling memang bisa ditaruh di dalam laci atau di atas meja. Namun Anda harus berhati-hati karena bila ditaruh di dalam laci, bisa beresiko terjepitnya kabel yang mempercepat kerusakan alat styling.

 

Bila disimpan di atas meja, juga bisa beresiko mudah jatuhnya alat styling ke lantai. Salah satu faktor penyebab alat styling bisa jatuh adalah karena kabel yang tidak sengaja tertarik dan menyebabkan jatuhnya alat-alat styling yang dimiliki.


3. Gunakan Rak Styling

Bila ragu menyimpannya di laci, meja atau kemasan khusus, Anda juga bisa menggunakan rak styling untuk dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan alat-alat ini. Saat ini sudah banyak rak yang dapat menampung berbagai alat kecantikan termasuk alat styling.

 

Kita juga bisa nih bikin DIY (do it yourself) rak. Rak ini bisa dibuat di dinding atau di atas laci yang sudah dilubangi, kemudian dihubungkan dengan stop kontak yang ditaruh di dalam laci. Bila ragu menaruh alat styling di laci setelah digunakan, bisa juga ditaruh dalam potholder.


4. Letakkan di Folder Penyimpanan

Langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menyimpan alat styling adalah dengan menyimpannya di dalam folder penyimpanan. Folder ini memiliki fungsi yang beragam, tidak hanya dapat digunakan untuk menyimpan 1 alat styling, tetapi juga berbagai ragam alat styling lainnya.

 

Biasanya alat styling memiliki 2-3 compartments, yang dapat menyimpan alat styling rambut seperti hair dryer, alat catok atau pengeriting rambut di dalam satu folder. Gak perlu khawatir khawatir untuk menyimpan alat styling dalam keadaan panas di dalam folder. Hal ini karena folder alat styling sudah didesain khusus untuk tahan terhadap panas dan uap serta anti slip saat digunakan.

Penutup

Intinya cara menyimpan alat styling adalah dengan menggulung kabel dengan benar dan diletakkan di dalam tempat yang sesuai. Selain menyimpan dengan benar ternyata ada cara lain juga, yaitu dengan membersihkan dengan benar.

 

Untuk membersihkan alat styling, dibutuhkan cara khusus dalam membersihkan alat-alat tersebut. Misalnya jika itu alat catok, maka selalu bersihkan platnya dengan menggunakan lap basah dan alkohol. Sedangkan hair dryer, bisa dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi bekas.

 

Itulah beberapa cara menyimpan alat styling dengan benar, semoga tips untuk menyimpan alat kecantikan dengan baik dan membuatnya menjadi lebih awet ini bermanfaat!



Terima kasih telah membaca postingan ini dan sampai jumpa pada postingan yang lain!

0 Comments

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

Jika ingin berkomentar dengan meninggalkan link, silakan gunakan NAME'URL. Link pada kolom komentar otomatis akan terhapus.

Jika butuh jawaban cepat, silakan tanyakan melalui instagram: indiranyan