Inspirasi Oleh-oleh Makanan dari Solo untuk Keluarga di Rumah

tempat-hits-di-solo

sumber: www.surakarta.go.id


Meski kota kecil, Solo merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki banyak sekali daya tarik wisata. Khususnya bagi yang selama ini tertarik dengan budaya, tanah Kelahiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini akan memuaskanmu. Deretan tempat wisata bertema budaya dan juga sejarah disajikan oleh Solo. Misalnya saja ada Keraton Surakarta, Candi Cetho, Pura Mangkunegaran, Kampung Batik Laweyan, dan masih banyak lainnya.

 

Puas jalan-jalan di Solo, jangan lupa untuk membawakan buah tangan untuk keluarga di rumah. Jangan hanya kamu saja yang berbahagia, bagi sedikit kegembiraanmu jalan-jalan dengan membawakan buah tangan. Tidak perlu banyak atau mahal, yang terpenting sudah tulus memberikan. Berikut ini inspirasi oleh-oleh makanan dari Solo.

 

1. Kue Mandarijn

Rekomendasi yang pertama adalah beragam kue dari Perusahaan Roti Orion, Solo. Ada banyak jenis kue yang dijajakan, namun yang paling banyak diminati adalah Mandarijn. Ini merupakan bolu yang sudah kondang sejak tahun 1930-an. Apalagi, kue ini bisa tahan sekitar 1 mingguan, jadi akan cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

 

Ada tiga jenis kue Mandarijn yang bisa dipilih, Orion Biasa, Orion Kismis, dan Orion Spesial. Varian yang paling banyak diminati adalah spesial. Untuk kisaran harganya sendiri mulai dari Rp95.000 sampai hampir Rp 300 ribuan. Alamat Toko Roti Orion berada di Jl. Jenderal Urip Sumoharjo, No. 80, Purwodiningratan, Jebres, Solo.

 

2. Serbat Jahe

Jahe merupakan bumbu dapur yang memang kerap kali menjadi teh hangat. Saat diminum akan menghangatkan tubuh, cocok diminum saat udara sedang dingin. Maka dari itulah, kamu perlu membeli banyak serbat jahe di Solo. Sudah sejak lama serbat jahe jadi buah tangan orang-orang yang berkunjung ke Kota Budaya ini. Kombinasi antara jahe dan beberapa rempah membuat tubuh jadi hangat. Jika sudah membeli serbat, kamu tidak perlu lagi menggeprek jahe utuh. Tinggal seduh saja.

 

3. Serabi Notosuman

Kuliner lainnya yang tidak boleh ketinggalan adalah Serabi Notosuman yang kondang. Benar memang jika makanan ini sudah buka cabang di berbagai kota di Indonesia. Namun membeli dari tempatnya secara langsung dari pusatnya biasanya akan memiliki rasa yang lebih otentik.

 

Serabi hangat yang dibungkus dengan daun pisang namun tidak menyeluruh membuat serabi makin enak. Ada dua versi serabi notosuman, yakni milik Ny. Lidia dan Ny. Handayani, namun sama-sama enaknya.

 

4. Intip Solo

sumber: www.surakarta.go.id


Oleh-oleh merakyat yang juga banyak dibawa sebagai oleh-oleh adalah Intip Solo. Ini merupakan camilan khas Solo yang sebenarnya adalah kerak nasi yang digoreng. Rasanya kombinasi manis, asin, dan juga gurih. Dahulu, pilihannya hanya rasa original saja. Namun sekarang pilihan rasanya beragam. Tapi saat membawanya usahakan untuk hati-hati karena gampang sekali remuk. Bentuknya juga lebar, dan hanya dibungkus plastik jadi peluru untuk ekstra hati-hati jika tak ingin hancur lebur. .

 

5. Abon Mesran

Lalu satu lagi yang bisa banget untuk dibawa pulang, ada Abon Mesran yang memiliki rasa gurih yang sangat nagih. Ada abon sapi biasa, sapi pedas, dan ayam. Ukurannya ada beberapa pilihan. Kamu bisa mendapatkan Abon Mesran ini di Jl. Kalilarangan No. 71, Jayengan, Serengan, Surakarta. Jam bukanya mulai pukul 08.00-21.00 WIB.

 

Asyik ya jika bisa leluasa jalan-jalan ke Solo, karena pesona wisatanya tidak kalah dengan wilayah lainnya di Indonesia. Baiklah, jika kamu memiliki rencana jalan-jalan ke Solo, bisa memilih Lion Air karena harganya cukup terjangkau namun fasilitas juga sudah memadai.

 

Traveloka sebagai penyedia layanan pemesanan tiket secara online juga melayani pemesanan Lion Air. Tidak perlu khawatir, Traveloka yang sudah didirikan sejak tahun 2012 ini senantiasa memberikan yang terbaik kepada para pelanggannya. Maka dari itulah, pesan Lion Air di sini.

 

Tapi sekali lagi perlu diingatkan, untuk selalu menerapkan protokol kesehatan saat jalan-jalan ke berbagai destinasi ya.



Terima kasih telah membaca postingan ini dan sampai jumpa pada postingan yang lain!

0 Comments

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

Jika ingin berkomentar dengan meninggalkan link, silakan gunakan NAME'URL. Link pada kolom komentar otomatis akan terhapus.

Jika butuh jawaban cepat, silakan tanyakan melalui instagram: indiranyan