[REVIEW] Mineral Botanica Soft Matte Lip Cream - Merlot

Hi all! It’s me Indira and welcome (back) to my blog.


Akhirnya niat buat posting review Mineral Botanica Soft Matte Lip Cream muncul juga. Udah dari tahun lalu penasaran sama brand lokal ini. Waktu awal-awal rilis mereka terima orderan lewat facebook, tapi aku order gak ada jawaban hiksss. Sekarang mah kalau mau order produk Mineral Botanica ini udah banyak yang jual, coba aja cek instagram brand Mineral Botanica ini banyak banget komentar promosi dari reseller mereka.

Setau aku brand Mineral Botanica ini brand lokal yang pertama kali ngeluarin liquid lipstick dan sekarang mereka juga punya micellar water yang aku udah cobain, duh cepat tanggap banget sama trend ya brand lokal ini, aku suka haha! 

Liquid lipstick dari brand Mineral Botanica ini udah rilis dari tahun lalu dan sejauh ini ada 20 shade, tapi 20 shade yang ada itu gak keluar berbarengan deh, bertahap gitu setau aku, kalau gak salah ada 3 batch gitu lah sampai ada 20 shade ini. Shade yang Merlot ini setau aku masuk ke tahap 2 yang rilis awal tahun 2016. Harga nya beragam, aku kurang tau harga resminya berapa, dari yang aku lihat sih range harganya mulai Rp 45.000 sampai Rp 65.000an tergantung tempat belinya.

mineral-botanica-smlc, mineral-botanica-soft-matte-lip-cream-mineral-botanica-merlot

 
Price : Rp 62.000
Bought at : Dan+Dan Store
Shade Available : 20 (12-08-2016)
1-Crimson Heart, 2-Champagne Beige, 3-Pink Parfait, 4-Fantasy Fuchsia, 5-Sweet Honey, 6-Plum Fairy, 7-Apple Berry, 8-Pinky Beige, 9-Pinky Orange, 10-Orchid Pink, 11-Merlot, 12-Orage Smoothies, 13-Orange Brick,14-Fairy Fuchsia,15-Chilli Red, 16-Mauve, 17-Spice Mauve, 18-Angelic Peach, 19-Choco Pumkin, 20-Honey Nude .
Netto : 4 gram




Ingredients :
Isododecane, Castor (Ricinus Communis)Oil, Isostearyl Isostearate, Cyclopentasiloxane, Caprylyl Methicone, Beeswax, Dextrin Palmitate, Glyceryl Tribehenate/Isostearate/Eicosandioate, Polyethylene, Aluminum Starch Octenylsuccinate, VP/ Hexadecene Copolymer, Flavor, Silica, Phenoxyethanol, Dimethicone/ Vinyl Dimethicone Crosspolymer, Octyldodecanol, Silica Silylate Aluminum Hydroxide Hydrolized Adansonia Digitata Extract, Ethylhexylglycerin, Isopropyl Titanium  Triisostearate, Methicone.
May contain : CI77891, CI45410:2, CI15850:2, CI9140:1, CI77120, CI77499, CI77492, CI77007, CI45380, CI47005:1
mineral-botanica-smlc, mineral-botanica-soft-matte-lip-cream-mineral-botanica-merlot

Waktu masih baru lipstick ini tersegel dengan plastik, untungnya gak ada informasi apapun di plastic seal itu cuma barcode aja. Kemasannya berwarna abu kehitaman di bagian body lipstick ini tercetak informasi lengkap seperti nama brand, nama produk, ingredients, expired date. Pada body bagian bawah juga bisa dilihat warna dari lipstick ini. Bentuk kemasan mirip banget sama Zoya Lip Paint cuma beda di warna aja!

mineral-botanica-smlc, mineral-botanica-soft-matte-lip-cream-mineral-botanica-merlot


Pada bagian bawah terdapat sticker yang bertuliskan nama produk, no shade, nama shade, no bpom, netto dan website Mineral Botanica ini, tapi website nya mengarah ke facebook page mereka. Aku baru sadar kalau isinya cuma 4ml padahal ukurannya gak jauh beda sama Nabi Matte Long Lasting Lip Gloss yang isinya 9ml loh!
mineral-botanica-smlc, mineral-botanica-soft-matte-lip-cream-mineral-botanica-merlot

Ukuran lubangnya pas gak sempit seperti Nabi Matte Long Lasting Lip Gloss, jadi gak kesulitan karena gak kepentok tiap mau masukin atau keluarin aplikatornya.
mineral-botanica-smlc, mineral-botanica-soft-matte-lip-cream-mineral-botanica-merlot

Aplikatornya panjang, ya iyalah ukuran lipsticknya panjang. Aku sih gak ada complain sama bentuk aplikatornya karena gak mengalami kesulitan apapun untuk mengambil isi dan mengaplikasikannya hehe.
mineral-botanica-smlc, mineral-botanica-soft-matte-lip-cream-mineral-botanica-merlot

 
Wanginya enak dan gak terlalu nyengat menurut aku, setelah dipakai dan kering juga wanginya akan hilang. Not sure wangi tiap shade beda atau sama, tapi ya kebanyakan lipstick yang aku pernah coba dalam satu seri pasti wanginya sama.

mineral-botanica-smlc, mineral-botanica-soft-matte-lip-cream-mineral-botanica-merlot-swatch

Biasanya nih lipstick kalau aku swatch di tangan bagian dalam sama hasil warna di bibir suka beda, tapi hasil swatch di tangan sama bibir aku tuh warnanya sama! Warna yang dihasilkan di kulit aku warm red to brown gitu, yang kalau di skintone aku wearable dalam kegiatan apapun. Gak buat aku pucat atau seperti habis makan bayi. 

mineral-botanica-smlc, mineral-botanica-soft-matte-lip-cream-mineral-botanica-merlot-swatch

Perlu di ingat ya, warna satu lipstick di antara satu orang dan yang lain itu bisa berbeda tergantung skintone, warna asli bibir, dll. Aku lihat hasil swatch Mineral Botanica SMLC shade Merlot ini di lippielust itu merah tua yang vampy banget, mirip sama hasil City Color Creamy Lips - Chocolate Merlot. Sesungguhnya aku berharap warna lipstick ini juga seperti itu waktu aku pakai, tapi tak apalah hasilnya berbeda untungnya warna yang dihasilkan di kulit aku itu bagus. 

Cairan-nya tuh gak creamy, bisa dibilang cair tapi bukan tekstur tercair dari liquid lipstick yang aku punya. Mineral Botanica Soft Matte Lip Cream ini gampang banget di ratain pakai aplikatornya, gak ngegumpal deh. Aku gak tau apa semua shade teksturnya sama bagusnya seperti ini, karena nih biasanya dari satu seri ada aja yang teksturnya kurang enak, biasanya yang teksturnya kurang bagus tuh warna yang light seperti peach atau light pink gitu, ya semoga aja sih shade yang lain juga tekstur nya enak. 

Seperti yang aku tulis di paragraf sebelumnya, warna ini wearable banget di aku. Aku lihat di sepupu aku yang punya warna kulit lebih putih hasilnya terlihat gelap. Jadi aku gak yakin apa warna ini wearable buat semua skintone apa gak, intinya sih kalau kamu punya kulit yang terbilang putih dan suka warna yang gelap shade ini cocoklah, tapi kalau kulit kamu putih dan suka nya warna nude coba cek shade yang lain aja. Nah kalau yang punya kulit sawo terlalu matang seperti aku ini warnanya gak nude dan gak bold juga, cocok buat dipakai kapan pun!

Aku pakai liquid lipstick ini dengan 2 cara, yang pertama dengan cara memakai liquid lipstick ini di ratain sama applicator yang ada, jadi yang nempel di wand itu terpakai semua. Cara kedua, terkadang aku pakainya begini, tempelin wand di bagian tengah bibir terus ratain dengan jari, warna yang dihasilkan jadi MLBB (my lips but better) yah pokoknya terlihat lebih soft. Aku juga pernah sekitar 3 kali coba ini sebagai blush, tapi karena shade Merlot ini bisa di bilang warna yang terlalu tua kalau di jadiin blush pakainya dikit aja dan harus cepat-cepat di blend, tricky banget sih shade ini kalau mau di jadiin blush, telat untuk ngeblend sebentar aja jadi harus ngulang makeup semuka, mungkin harus cari shade yang lebih suitable warnanya kalau mau pakai liquid lipstick ini sebagai blush

Hasil akhirnya seperti namanya, soft matte, gak dry matte yang benar-benar bikin garis-garis bibir terlihat kok. Untuk ngeset jadi soft matte kira-kira kurang dari 5 menit, gak lengket hasilnya. Gak bikin bibir aku jadi kering juga setelah pakai ini meskipun sebelumnya gak pakai lip balm, untuk menghapusnya juga gampang kok!

Waktu aku makan pakai lipstick ini aku lihat ada yang transfer di sendok, tapi entah karena shade Merlot ini masuk ke warna yang bisa dibilang bold jadi gak begitu banyak memudar warna di bibir aku. Kalau bibir gak bersentuhan sama sesuatu yang basah sih pokoknya gak akan transfer.

RATING : 4.5/5

Secara keseluruhan berdasarkan aku coba Mineral Botanica Soft Matte Lip Cream shade Merlot ini kualitasnya bagus dan cocok buat yang nyari liquid lipstick yang nyaman di bibir. Bukan buat yang cari liquid lipstick yang bisa nempel seharian bagaikan cat tembok ya. 

What I Like :
+ Available in many shade
+ Cheap
+ Sweet-scent
+ Opaque result
+ Not drying
+ Easy to remove

What I Dislike :
- Nothing


mineral-botanica-smlc, mineral-botanica-soft-matte-lip-cream-mineral-botanica-merlot
Details :
Contact Lenses : Siena Brown ~ My DIY Cushion Foundation ~ LA GIrl HD Pro Concealer - Warm Honey ~ Fanbo Eyebrow - Brown ~ Lavie Lash - Fleur ~ Mineral Botanica SMLC - Merlot

Thank you very much for reading and I hope you liked this review!


Follow me on :
twitter // instagram // google plus // bloglovin // facebook 
blogbyindira@gmail.com



26 Comments

  1. Wajahnya mulus bangwt ngettt ngettt *salah fokus

    rima-angel.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Coba di zoom rima, itu pori2 gede banget :")

      Delete
    3. Ga gede-gede banget juga ah, masuk kategori normal aja menurut aku. Ga segede pori aku :( yg jelas itu tanpa noda. Aahhhhhh iri :D

      Delete
    4. Haha kebetulan yg ke shoot bagian mulus XDDD

      Delete
  2. Diraaaaa, akoh juga syukaaakkk!!!

    Satu-satunya lip cream Mica yang kupunya ya shde merlot. itu pun habis baca blog orang lain yang bilang dari semua warna yang dia suka dan teksturnya terbagus ya shade merlot. Emang sih dia warnanya bold, tapi wearable buat harian :))


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa wearable banget!

      Jujur sih iri sama yang kulitnya lebih putih, soalnga warna merahnya jadi lebih gelap.

      Skrg lg nungguin lipcream yg studio series rilis :D

      Delete
  3. I can't read indonesian but it's a really nice colour~~ hahaha

    ReplyDelete
  4. This is such a pretty shade! ♥
    Amy xx

    Little Moon Dragon

    ReplyDelete
  5. cantiknyaaaaa... :D mineral botanica ini emang liquid lipstick yg gak kering. aku suka. karena ringan tapi tetep awet juga. wanginya juga itu lohhh. XD

    redhacshinta.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Nah makin bingung antara Mica, LT Pro atau Beauty Story Dx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beauty story ngelihat hasil swatch orang lain sepertinya bakal kering banget di aku.
      Aku jg mau coba LT Pro ah :D

      Delete
  7. Banyak yang bilang Mica dan Zoya mirip ya ind?? dari kemasan dan texture?? aku jadi penasaran deh..
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Zoya shade Pink Powder menurut aku itu lebih cair dan lebih matte juga kak

      Delete
  8. Very nice color!

    www.thewanderingkitsune.com

    ReplyDelete
  9. Setuju banget sm postingan km. Tapi di aku mica yang shade merlot ini warnanya jadi merah kecoklatan yg masih taraf wajar hehe. Malah di aku jdi MLBB tanpa harus tipis" makenya hehe

    http://inezdivaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tergantung warna kulit juga ^^.
      Di aku juga jd MLBB kalau pakai ala3 liptint gitu.

      Delete
  10. Aku juga penasaran sama lipcream dari MICA ini Dir, sampe sekarang belum pernah cobain. Kemarin liat di toko kosmetik harganya si 50/60rbuan yak. lupa wkwkwk. Pankapan cobain ah..

    Itu yang lipswatch-nya bikin ngangaa yak, aku kalo bikin lipswatch gak bisa se-okeh itu TT__TT

    my-makeupdiary.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksimal banget ya eke mangap gitu? Habis kalau mingkem bibir aku tuh tipis jadi kurang bagus menurut aku di lihatnya XD

      Delete
  11. Warnanya cakepppp dikamu:)

    Aku upribadi lebih suka kemasan Zoya dan secara keseluruhan lebih suka Zoya Lip Paintnya juga :)

    -Lily Kanaya
    www.Glowlicious.Me

    ReplyDelete
  12. Aku dulu masih zamannya ini baru-baru langsung beli dua lho, yang 01 dan 08 (haceppp di bibir aku)

    cuma ya itu, kuasnya tumpul... kurang presisi

    anyway aku follow blog mu ya In (may I got your folllow? hihi)

    christinauntari.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

Jika ingin berkomentar dengan meninggalkan link, silakan gunakan NAME&URL. Link pada kolom komentar akan dihapus.

Jika butuh jawaban cepat, silakan tanyakan melalui instagram: indiranyan