[FIRST IMPRESSION] Rivera Spa Treatment Series*

Hi all! It’s me Indira and welcome (back) to my blog.


Lagi-lagi saya diberi kesempatan untuk mencoba skincare dari brand lokal. Senangnya, karena selama ini skincare saya di dominasi dengan produk dari brand Korea. Skincare lokal yang baru-baru ini saya coba dari brand Rivera hasil kerjasama dengan KBBV. Rivera ini brand lokal yang bisa dibilang 'saudara'-nya dari Fanbo. 

Saya sendiri sudah pernah membaca beberapa review produk Rivera dan tertarik karena warna biru yang ada disebagian besar kosmetik nya itu cakep *kalian tau kan saya kalau mau beli harus tertarik dulu sama packaging-nya 😁*. Tapi nih sebelumnya saya belum pernah lihat produk Rivera secara langsung, selain produk yang akan saya share mengenai first impression-nya di postingan ini. So please let me know ya kalau ada yang tau dimana aja counter nya Rivera 😊.



Disclosure : Product mentioned here were sent to me for review purpose. However all opinion based on my experience. Read more here.

Skincare dari Rivera yang akan saya bahas ini merupakan rangkaian dari Spa Treatment nya. Urutan produk yang akan saya bahas berdasarkan cara pakainya yaitu Facial Wash, Facial Peeling Scrub dan Face & Body Massage Cream. Ketiga produk ini memiliki kemasan yang sama yaitu dalam tube. Terus karena ini first impression, ya ada sih produk yang sudah dipakai berkali-kali, tapi rentan waktu nya bisa dibilang belum pas untuk memberikan score heheh. Mungkin nanti akan saya update post ini atau dibuat post terpisah lagi ya masing-masing produk nya 😉.


Rivera Facial Wash 
★★★☆ (3.5/5)
Netto : 100ml
Ingredients :
Aqua, Sodium Laureth Sulfate, Cocamidopropyl Betaine, Sodium Cocoamphoacetate, Disodium Cocoyl Glutamate, Sodium PCA, Cocamide DEA, Sodium Laureth-8 Sulfate, PEG-120 Methyl Glucose Dioleate, Sodium Lactate, Sodium Oleth Sulfate, Fragrance, Niacinamide, Phenoxyethanol, Citric Acid, DMDM Hydantoin, Butylene Glycol, Citrus Grandis Peel Oil, Methylparaben, Sodium Metabisulfite, Ethylparaben, Butyl Paraben, Iodopropynyl Butylcarbanate, Propylparaben, Portulaca Oleracea Extract.

Description :
Busa pembersih wajah dengan pH balance & non alkali yang dapat membersihkan debu & sisa make up pada wajah tanpa menyebabkan kulit menjadi kuring. Diformulasikan dengan vitamin B3 & AHA serta Phyto Aromatic Grapefruit untuk menjaga kelembaban dan mencerahkan wajah dengan aroma yang menenangkan. 



Untuk Rivera Facial Wash ini yang membedakan dengan yang lain pada tube nya berwarna biru. Rivera Facial Wash ini satu-satunya di antara 3 produk yang saya terima yang pada bagian mulut tube tersegel dengan alumunium foil. Pada bagian belakang tube dilengkapi dengan informasi lengkap produk ini.

Waktu baca deskripsi saya kira face wash ini bakal yang teksturnya cream gitu, eh ternyata gel! Teksturnya yang gel langsung mengingatkan saya pada Cosrx Low pH Good Morning Cleanser. Tapi saya lebih suka ini karena wanginya terasa menyegarkan. Cara pakainya cukup tuangkan secukupnya ke telapak tangan yang basah, lalu gosok hingga berbusa. Busa yang dihasilkan itu kecil-kecil bukan seperti busa waktu kita mencuci baju dengan detergen hehe. Setelah dibilas muka gak berasa kering ketarik. Mungkin karena pH nya yang seimbang (menurut deskripsi sih) dengan kulit atau tidak terlalu tinggi, tapi saya belum ukur karena lagi kehabisan kertas untuk mengukur pH. Jadi, gini guys kalau ngerasa setelah cuci muka pakai suatu produk dan setelahnya kulit terasa kering ketarik itu biasanya pH produk nya terlalu tinggi hingga bisa sampai menyebabkan iritasi. 

Produk ini menggunakan Niacinamide atau Vitamin B3 dan Citric Acid yang merupakan AHA. Niacinamide ini berfungsi untuk mencerahkan dan bisa mengurangi noda hitam, sementara itu AHA dapat mengangkat sel kulit mati. Ya kedua ingredients tersebut gak ada di awal sih adanya di tengah, kemungkinan besar manfaat dari keduanya bakal butuh waktu yang lebih lama.

So far selama kurang 3 hari terakhir saya pakai Rivera Facial Wash Foaming Cleanser ini belum ada reaksi buruk terhadap kulit, soalnya kulit saya kalau gak cocok biasanya bereaksi dalam waktu 1 x 24 jam. 

Rivera Facial Peeling Scrub

★★★☆ (3/5)
Netto : 100g

Ingredients :
Aqua, Polyethylene,  Stearic Acid, Propylene Glycol, Prunus Armeniaca Seed Powder, Glyceryl Stearate, Cetyl Alcohol, Triethylhexanoin, Mineral Oil (Paraffinum Liquidum), Decyl Cocoate, Fragrance, Caprylic/Capric Triglyceride, DMDM Hydantoin, Glycol Distearate, Methylparaben, Triethanolamine, Cetearyl Alcohol, Chamomilla Recuttta Flower Extract, Propylparaben, PEG-20 Stearate, Panthenol, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Disodium EDTA, Aliantoin, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Pogostemon Cabin Oil, Tromethamine

Description :
Krem untuk kulit kasar & tebal. Mengandung Phyto Aromatic Nilam, Chamomile dan Licorice, dengan butiran lembut biji apricot yang dapat membantu mengurangi kotoran, sel-sel kulit mati atau kelebihan minyak pada wajah, sehingga kulit tampak lebih halus, segar dan bercahaya dengan aroma yang menenangkan. 



Untuk Rivera Facial Peeling Scrub ini selain didominasi warna putih ada sedikit warna turquoise. Bentuk dan ukuran tube nya juga sama, namun tidak dilengkapi dengan segel pada mulut tube hanya segel pada bagian luar. Di bagian belakang juga dilengkapi dengan informasi lengkap mengenai produk ini.

Rivera Facial Peeling Scrub ini berterkstur cream dan terdapat butiran scrub berwarna coklat muda dan coklat tua yang merupakan dari biji apricot. Butiran scrub nya waktu saya coba pencet-pencet gak hancur 😕. Karena ini scrub jadi pakainya jangan terlalu sering, maksimal 2 kali dalam seminggu. Saya sih baru coba pakai ini sekali. Cara pakainya basahkan wajah yang sudah bersih lalu pijat produk ini secara perlahan pada wajah, jangan terlalu lama cukup satu menit aja. Peeling scrub ini memiliki wangi yang lumayan tercium dan gak langsung hilang, untung cuma dipakai sebentar.

"Haaaah!" 

...itu reaksi yang muncul waktu ngaca setelah pakai produk ini. Saya ngelihat banyak putih-putih di daerah hidung dan sekitar pipi yang kemungkinan besar itu komedo. Selain bikin kulit terasa lebih lembut, komedo juga terdorong keluar. Terus bisa dilanjut dengan pore pack atau produk lainnya untuk mengangkat komedo 😤.

Saya suka sih melihat hasilnya yang bisa mendorong komedo keluar. Tapi wangi yang terlalu kuat dan butiran scrub yang gak hancur jadi perlu dipertimbangkan lagi.

Rivera Face & Body Massage Cream

★★★☆ (3.5/5)
Netto : 100g

Ingredients :
Aqua, Decyl Cocoate, Caprylic/Capric Tryglyceride, Stearyl Alcohol, Cetearyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Glycerin, Fragrance, DMDM Hydantoin, Ceterareth-33, Mineral Oil (Paraffinum Liquidum), Niacinamide, Methylparaben, Propylparaben, Chamomila Recutita Flower Extract, BHT, Pogosternon Cablin Oil, Hydrolyzed Collagen,Hyaluronic Acid, Sodium Chloride, Imidazolidinyl Urea, Potassium Sorbate

Description :
Krem untuk mengurut kulit wajah dan tubuh dengan kandungan Phyto Aromatic Nilam & Chamomille yang dapat menjaga kelembaban & kelembutan kulit dengan aroma yang menenangkan. Diperkaya dengan Vitamin B3 untuk wajah dan tubuh tampak lebih cerah.



Produk yang terakhir ini merupakan produk pertama yang saya coba dan paling sering saya pakai hampir setiap malam dalam seminggu terakhir. Kenapa? karena ini pertama kalinya nyoba produk face & body massage cream. Untuk tube nya terdapat sedikit warna orange untuk membedakan dengan produk lain dalam Rivera Spa Treatment Series ini. Bagian tutup yang flip top memang tersegel tapi mulut tube yang dalamnya tidak. Informasi lengkap mengenai produk juga terdapat pada bagian belakang.

Tekstur dari Rivera Face & Body Massage Cream ini cream yang terasa berminyak dan memiliki wangi. Saya gak bisa mendeskripsikan ini wangi apa (told ya I'm bad at describing scent 😂), yang jelas wanginya mirip sama sabun mandi yang sering saya pakai. Saya baru pernah pakai ini sekali saja pada wajah namun untuk tubuh hampir setiap hari. 

Cara pakai pada wajah yaitu setelah menggunakan Rivera Facial Peeling Scrub, kamu pijat-pijat wajah menggunakan Rivera Face & Body Massage Cream ini selama kurang lebih 5 menit setelah itu bilas dengan air hangat hingga terasa bersih. Sayangnya pengalaman pertama pakai ini muka saya terasa gatal dan ada beberapa bintik-bintik kemerahan. Makanya saya belum coba pakai ini lagi di muka, bekas yang merah-merah aja sekarang masih ada 😡.

Untuk pemakaian pada tubuh biasanya saya ratakan krim ini dan dipijat-pijat selama beberapa menit. Waktu awal memang wanginya tercium seperti sabun yang sering saya pakai. Namun setelah dipijat-pijat, saya merasa aromanya yang sudah menyatu dengan kulit malah bikin relax.


Yup segitulah first impression saya tentang skincare dari Rivera ini. Ada yang bikin saya jatuh hati dan ketagihan buat pakai terus sampai habis dan ada juga produk yang first impression-nya gak bagus di kulit saya. Tapi, ya suatu produk kan reaksinya gak sama di setiap individual. Semoga post ini bisa sedikit membantu 😇.

Brand Website : 
http://www.rivera-cosmetics.com/
Where to Buy: 
Elevenia, Tokopedia, Glamizka, Shopee, blanja.com, jelitajelita.com

Thank you very much for reading and I hope you liked this review!


Follow me on : 
blogbyindira@gmail.com

9 Comments

  1. eh, aku juga kalo punya scrub butirannya suka aku hancurin. terus kalo gak hancur jadi parno, apa ini plastik ya gitu heheh
    btw ini gede-gede ya isinya, awet jugaaa

    fujichan.net

    ReplyDelete
  2. Waaahhh ternyata rangkaian rivera skincarenya lumayan juga ya. aku penasaran sama peeling scrubnya ><


    Xoxo,
    Lintang
    www.mineisdreamers.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Scrub Rivera mirip banget tekstur dan wanginya dengan St Ives.

    ReplyDelete
  4. Iyaaa. Face scrub nya bikin komedo keluar. Fave dehhh.

    Caaantik.com~

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, seneng ngeliatin komedo yang keluar ahahhahh

      Delete
  5. Jadi penasaran sama facial scrubnya.

    Coolatmoshpeer.blogspot.com

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

Jika ingin berkomentar dengan meninggalkan link, silakan gunakan NAME&URL. Link pada kolom komentar akan dihapus.

Jika butuh jawaban cepat, silakan tanyakan melalui instagram: indiranyan