Beauty Trend : 7 Skin Method

Hi all! It’s me Indira and welcome (back) to my blog.


Sudah tidak asing dengan 10 Step Korean Skincare Routine yang populer? Akhir-akhir ini ada trend skincare terbaru dari Korea dan gak membutuhkan banyak produk lho. Namanya, 7 Skin Method. Apaan sih ini? Baca terus untuk tau lebih lengkapnya ya 😉.



7 Skin Method, Skin merupakan sebutan di Korea untuk Toner. Jadi,  buat yang masih bingung kalau lihat produk korea bertuliskan Skin itu sama dengan Toner ya. 7 Skin Method ini merupakan cara memakai toner sebanyak 7 lapis. 

Tujuan dari '7 Skin Method' ini apa sih? 7 Skin Method ini bertujuan untuk melembabkan kulit yang kering, tanpa perlu menggunakan banyak produk berbeda dan gak menghabiskan waktu yang banyak. Namun tetap banyak kok yang melakukan 7 Skin Method ini didalam 10 Step Skincare Routine.

Toner apa yang bisa dipakai dalam 7 Skin Method ini? Semua toner yang tidak mengandung PHA (Lactobionic Acid & Gluconic Acid), AHA (Glycolic Acid, Malic Acid, Tartaric Acid, Mandelic Acid, Citric Acid & Lactic Acid), BHA (Salicylic Acid & Betaine Salicylate) dan Alcohol. Dikarenakan PHA, AHA BHA dan Alcohol bisa membuat kulit kering! 1 lapis aja bisa membuat beberapa kulit menjadi kering, bagaimana dipakai 7 lapis. Nah itu makanya yang ngerasa kulit kok jadi kering setelah pakai toner, mungkin toner yang kamu pakai terdapat salah satu ingredients yang aku sebutkan 😌. Dengan kata lain yang bisa dipakai adalah Hydrating Toner, ingredients yang berfungsi untuk hydrating setau aku Hyaluronic Acid dan Glycerin. Ada yang memakai toner ada yang memakai essence-toner. Essence-toner biasanya bertekstur sedikit lebih kental, dibanding toner saja. Aku memilih memakai toner bukan essence-toner karena pertimbangan kulit aku yang keadaannya kombinasi.

Aku sendiri sudah mencoba cara ini pada bulan Januari lalu, karena bulan lalu kulit aku sedang dalam kondisi yang gak biasanya. Biasanya kulit aku berminyak pada bagian hidung dan area lain kering. Namun bulan lalu rasa keringnya itu berbeda, sangat kering dan super kasar banget! Setelah mempraktikkan 7 Skin Method ini setiap malam hari, pada hari ke 4 kondisi kulit aku sudah kembali seperti sebelumnya, sudah gak sangat kering lagi. 

Cara aku mempraktikkan 7 Skin Method ini sebagai berikut, setelah membersihkan muka dengan sabun muka aku menuangkan toner di kapas untuk mengecek apakah masih ada kotoran yang belum terangkat. Setelah itu aku menuangkan beberapa tetes toner ke telapak tangan setelah itu aku menepuk-nepukannya ke muka. Biasanya aku menunggu sekitar 2-3 menit, setelah muka aku tidak terlalu basah baru aku apply lagi berulang-ulang selama 6 kali. Kok cuma 6, kan 7 lapis katanya? Satunya lagi kan yang aku tuang ke kapas, jadi total 7 kan 😊.


Toner yang aku pakai dalam 7 Skin Method ini adalah Corine de Farme Gentle Rose Water. Produk ini gampang banget dicarinya bisa beli di Guardian, Watsons atau kalau malas keluar rumah bisa cek di Sociolla, harganya pun terhitung murah cuma Rp 115.000 (terkadang bisa lebih murah lagi, tergantung promo di toko nya) dengan isi 200ml. 

Sedikit review tentang Corine de Farme Gentle Rose Water, wanginya mirip banget sama Viva Air Mawar. Awalnya aku merasa terganggu dengan wanginya tapi lama-kelamaan aku sudah terbiasa, malah sudah repurchase. Gentle Rose Water dari Corine de Farme ini tidak mengandung pewarna, hypoalergenic dan tidak mengandung alkohol. Ekstrak bunga mawar yang merupakan salah satu ingredient nya selain berfungsi untuk menyegarkan juga bisa membuat kulit terasa lembut. 


Aku merasa Corine de Farme Gentle Rose Water ini cocok banget dipakai dengan cara ditepuk-tepuk ke muka dengan telapak tangan, karena sebelumnya beberapa bulan lalu aku selalu memakai produk ini dengan cara menuangkannya ke kapas setelah itu aku usap kapasnya ke muka yang aku rasa cuma membuat permukaan kulit basah, setelah beberapa menit gak ada rasa lembabnya sama sekali. Tapi kalau aku pakainya dengan cara ditepuk-tepuk terasa banget efek melembabkannya. 👍

Dalam 7 Skin Method ini, apa cuma pakai satu produk toner aja? Waktu awal-awal trend ini muncul aku lihat kebanyakan cuma pakai satu produk aja, tapi akhir-akhir ini ada yang pakai 3 sampai 4 produk toner lho! Jadinya ya tergantung kamu dan kebutuhan kulit kamu aja. Untuk yang mau memakai 3 sampai 4 toner, lapisan pertama biasanya produk yang paling cair dan paling mudah meresap dilanjutkan dengan toner yang konsistensinya lebih thick.

Apa setelah pakai toner gak pakai produk lain seperti pelembab? Lagi-lagi aku jawab tergantung kamu dan kebutuhan kulit kamu, karena itu kulit kamu jadi kamu pasti lebih tau apa yang kulit kamu butuhkan. Untuk yang memiliki kulit kering kebanyakan dilanjutkan dengan toner, pelembab dll. Namun untuk yang memiliki kulit berminyak dari beberapa blog lain yang aku bacabiasanya dilanjutkan dengan sunscreen (kalau saat pagi hari) atau kalau pakai pelembab biasanya menggunakan pelembab yang bertekstur gel karena pelembab yang bertekstur cream bisa membuat kulit lebih berminyak.

Kesimpulan dari 7 Skin Method ini menurut aku :
♒Cocok untuk yang gak mau membeli berbagai macam jenis produk untuk melembabkan, cukup dengan satu produk saja hanya perlu dipakai berkali-kali.
Tekstur toner yang cair lebih mudah diserap oleh kulit, apalagi bagi pemilik kulit berminyak.
Bisa dipraktikkan pada pagi dan malam hari, karena toner mudah meresap. 
Membuat kulit lebih terhidrasi dengan hanya 1 produk saja.
♒Toner jadi lebih cepat habis (yang ini sudah pasti ya).

Bagaimana apa kalian tertarik mencoba 7 Skin Method ini? Atau sudah ada yang mencoba trend ini? Share di komentar ya pendapat kalian tentang 7 Skin Method ini 😇


Tertarik untuk mencoba 7 Skin Method ini?
Bisa coba cek berbagai pilihan Toner di Sociolla. Pakai kode SBNLAH14 untuk dapat potongan Rp 50.000 dengan minimal pembelanjaan Rp 250.000, keterangan lebih lengkap bisa cek disini.

Thank you very much for reading and I hope you liked this post!

Follow me on : 
blogbyindira@gmail.com

21 Comments

  1. Aku pengen nyobain, tapi eman coy :( hahaha.. Skrg lagi pakai Klairs sih, trus pakenya 3 layer tiap pagi sama malem.. belum kerasa bedanya soalnya baru 3 hari hahaha.

    Sama juga, kulitku lagi kering bgt, apa gara2 mau kemarau ya?

    fujichan.net

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha pakai toner yang lebih murah aja biar gak eman ngahaahaa x)

      Delete
  2. wihhhhhh baru tau nih Dir yang 7 skin method. kayanya kalo kulit gw lagi kering banget cocok deh dipakein ginian :D

    ReplyDelete
  3. Jadi pengen coba ini tonernya si corine lumayan ga mahal mahal amat tapi emang kayanya rata2 produknya corine tuh baunya nyengat. Aku kalo abis pake toner walaupun pake kapas pasti aku tepuk tepuk dan ternyata emang lebih lembap dan lebih meresap. Kalo untuk coba 7skin method ini pernah baru sampe 4 layer doang, sayang saya essence yg aku pake 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini tuh benar2 gak ada rasa kaya abis pakai toner, gak sampai 5 menit langsung kering deh XDDD

      Pakai hadalabo gokujun aja yg murah ahaha

      Delete
  4. Aku baru coba sampe 3 layer aja pagi ini! Kulitku oily acne-prone, jadi belum berani kalau langsung 7 layer :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sesuaikan kebutuhan kulit aja, gak semua trend harus diikutin kan? ^^

      Delete
  5. Wah baru tau 7 skin method ini dan pengen cobain sepertinya kalo kulit emang lg kering bgt��. Thankyou for sharing anywayyyy.



    zahwaaldila.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ngefek banget ke kulit yg kering lho, thank you for drop by~

      Delete
  6. Wow baru tahu ada 7 skin method, berkurang tahapannya dibandingkan dengan yang 10 steps.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngggg,gak juga sih, 7 skin method ini kan toner nya doang.
      sementara yg 10 step itu full, mulai dari cuci muka sampai cream nya ehehehh

      Delete
  7. Aku baru tau loh kalo ada metode pake toner sampe 7 lapis begini biar kulit lebih lembab. Btw i'm following you. Mind to following my blog? Thanks^^

    kaniarda.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  8. I really need to try this method! and I didn't know that Cordine de Farme product, I think we have the brand here so I should give it a try :) (ps google translate works great :D)

    ReplyDelete
  9. metodenya bisa ngehemat produk skincare lain tp boros toner yahh klo cm pake 1 produk toner haha.. mau coba jg ahh XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak digabung sama 10 step sih hemat yg lain ya, kalau gabung nambah boros hehe

      Delete
  10. Owalaaahh, jadi ini ya 7 skin method yang happening belakangan.
    Tapi menurutku memang bagus dan ngefek sih kalau toner berlapis. Karna nyerapnya cepat di kulit. Bisa mencegah dehidrasi. Dulu aku sering pake 2 toner berbeda dilapis berkali-kali. Atau satu toner aja dilapis sampe 4 kali doang dulu maksimal, ga sampe 7. hihihi..

    ReplyDelete
  11. Ka, kalau pake micellar water bisa ngga ya?

    ReplyDelete
  12. micellar water sama toner kan fungsinya beda

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

Jika ingin berkomentar dengan meninggalkan link, silakan gunakan NAME&URL. Link pada kolom komentar akan dihapus.

Jika butuh jawaban cepat, silakan tanyakan melalui instagram: indiranyan