[REVIEW] Wardah Hydrating Aloe Vera Gel*

Hi all! It’s me Indira and welcome (back) to my blog.


Aku sebelumnya belum pernah coba skincare dari brand Wardah, kalau untuk make up nya aku sudah coba beberapa. Alasan aku gak mencobanya dari dulu karena banyak beberapa orang yang aku kenal yang mencoba skincare nya Wardah ini reaksinya cukup kurang menyenangkan ke kulit mereka, kebanyakan (ngg, lebih tepatnya 4 orang sih) pada bilang terasa panas ke kulit. Itulah alasan kuat aku gak coba skincare nya Wardah dari dulu. Karena jujur aja ya, agak heran campur bingung gitu waktu bilang kulit mereka terasa panas. Karena sejauh ini, kalaupun gak cocok sama skincare atau suatu produk reaksi selain jerawatan yang pernah aku rasain iitu kulit jadi merah dan gatal-gatal, gak kebayang deh yang dimaksud panas oleh mereka itu gimana.


Pertama kali lihat Wardah Hydrating Aloe Vera Gel ini di supermarket dekat rumah, waktu ngelihat produk ini reaksinya cuma ‘oooh’ sambil ngangguk-ngangguk  gitu karena ngelihat warna packagingnya yang terkesan fresh. Tapi waktu itu aku belum tertarik untuk beli, karena pelembab yang aku punya masih bagus hasilnya di kulit aku. Sampai beberapa bulan yang lalu, produk-produk skincare yang aku pakai terasa kurang memuaskan lagi hasilnya makanya aku mulai coba ganti beberapa produk skincare, termasuk untuk pelembab.





Netto :
100ml
BPOM :
NA18140104143
Where to buy :
Offline: Wardah Store, Guardian, Watsons, Carefour.
Online: Sociolla* (use SBNLAH14 when checkout at Sociolla*, to get Rp 50.000 off with minimum purchase Rp 250.000).

Untuk yang sudah baca sebelumnya aku beli Wardah Hydrating Aloe Vera Gel ini waktu dapat voucher dari Sociolla dari partnership yang berjalan, untuk harganya setelah aku cek ke supermarket di dekat rumah memang sama. Waktu paketnya sampai ke rumah, aku baru sadar kalau gak ada plastic seal gitu, di bagian mulut tube-nya gak ada segelnya juga. Wah bisa dibilang bahaya ya, karena kalau beli produk ini di store yang gak ada testernya gak ketahuan kan kalau itu udah ada yang coba isinya walaupun sedikit.






Ingredients :
Aqua, Aloe Barbadensis (Aloe Vera) Leaf Extract, Beta-Glucan, Glycerin, Butylene Glycol, Propylene Glycol, Biosaccharide Gum-1, Phenoxyethanol, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Trideceth-9, Acrylates/C10-30 Alkyl  Acrylate Crosspolymer, Triethanolamine, 1,2 Hexanediol, Caprylyl Glycol, Glyceryl Polyacrylate, Allantoin, Disodium EDTA, Ethylhexylglycerin, Fragrance, Polysorbate 20


Bisa dilihat dari informasi yang tertulis di packaging-nya, produk ini di rekomendasikan untuk yang memiliki kulit kering selain itu multifungsi juga seperti bisa menghidrasi kulit, memberikan efek dingin ke kulit dan bisa dipakai ke kulit yang memerah akibat terkena sinar matahari, ada juga yang pakai ini di rambut dan banyak lagi. Setahu aku ini bisa di pakai di semua anggota tubuh, tapi aku pakai ini cuma di muka, untuk tubuh aku pakai produk lain. Kulit muka aku memang gak kering semua, karena jenis kulit aku kombinasi (kering-berminyak). Di bagian yang berminyak itu sering dehidrasi parah lebih tepatnya di bagian hidung, aku ulang ya, parah.


Seperti yang sudah aku tulis di  paragraph sebelumnya, kemasannya berbentuk tube dengan warna kemasan yang menurut aku segar dan transparan. Jadi, bisa siap-siap buat ngestock kalau dirasa sudah mau habis. Isinya memang gak penuh banget sampai ujung, tapi aku sudah pakai ini 2 bulan lebih isinya masih tersisa setengah seperti terlihat di foto. Oh ya, tutup nya yang flip top itu ada bunyi ‘tek’-nya kalau udah rapat, so make sure udah terdengar bunyi gitu waktu di tutup. Biar kalau mau dibawa isinya gak tiba-tiba beleber di dalam tas, tapi menurut aku ini lumayan besar dan makan tepat untuk dibawa-bawa.


Gel ini gak berwarna memiliki wangi yang menurut aku gak menyengat, lagipula wanginya cepat menghilang gak sampai hitungan menit. Ya maklumlah karena di ingredients juga tertulis ada fragrance. Fragrance nya tertulis nya hampir di bagian akhir sih. Aku pernah baca semakin posisi di ingredients list ada di belakang berarti semakin sedikit persentasenya dalam produk itu. Untuk yang paham tentang ini mungkin bisa bantu menjelaskan entah benar atau salah di komentar ya! ^_^

Untuk teksturnya sendiri ya seperti gel pada umumnya, kalau dari beberapa produk gel lain yang pernah aku coba sebelumya, ini terasa lebih thick. Apakah gel nya sama atau mirip dengan lidah buaya yang asli? Sorry, tak taulah aku, belum pernah pegang isinya lidah buaya cuma pernah pegang bagian luar doang. Foto di bawah ini, gel nya cukup buat kedua paha aku yang diameternya gak perlu ditanya deh, a little goes super long way.


Aku pakai ini biasanya di pagi dan malam hari. Oke, aku akui gak selalu rutin setiap hari pakai ini di waktu pagi dan malam. Terkadang cuma aku pakai waktu pagi atau malam, ya kalau lagi rajin aku pakai ini bisa pagi dan malam. Kalau di pagi hari aku biasa pakai setelah toner di lanjut sunscreen karena gak ada kandungan SPF nya. Waktu malam aku juga pakai ini setelah toner.

Pertama kali pakai ini waktu gel ini nempel ke muka aku gak ngerasa ada cooling sensation seperti yang ada di gambar tube bagian belakang. Yang aku rasain pada saat itu : lengket, menyerapnya lama lebih dari 30 menit. Udah duduk depan kipas di arahin ke muka juga gak ngaruh buat bikin cepat meresap. 30 menit lebih itu bukan perkiraan ya, aku pasang stopwatch di hp dan terasa banget lengketnya waktu belum menyerap itu, yang paling ngebetein sih terasa gerah di kulitnya. Sebenarnya bukan cuma rasa gerah, ada rasa lain yang aku gak tau itu namanya apa dan rasanya gak enak, tapi bukan rasa panas seperti yang teman-teman aku bilang. Meskipun begitu aku putuskan untuk terus pakai karena gak menyebabkan kemerahan atau gatal, aku anggap itu sebagai masa penyesuaian. Reaksi terasa gerah di kulit dan lama menyerap itu terus terasa sampai seminggu pemakaian.
.
.
.
.
.
Terus apa aku lanjut pakai?
“Setdah, ini titik titik titik titik titik nambahin panjang post nya aja -_-.“
.
.
.
.
.
Pas banget nih setelah seminggu pemakaian lebih cepat meresap di kulit aku. Ya hitungannya kira-kira 5 menit sih meresapnya, tapi yang bikin aku senang itu rasa gerah dan rasa gak enak yang gak bisa aku jelaskan sebelumnya udah gak terasa. Kelihatan banget di bagian yang biasanya kering itu terlihat lebih bagus tekstur kulitnya, terus pemakaian produk yang liquid (bb cream, cc cream, dd creamfoundation dan lain-lain) setelahnya jadi lebih gampang di blend.

RATING : 4/5

Overall, aku suka ya sama produk ini setelah masa penyesuaian itu berlalu hahah. Untuk cooling sensation yang terasa setelah masa penyesuaian itu, menurut aku gak terlalu yang wah banget efeknya. Kebanyakan review yang habis aku baca sih gak ada yang mengalami masa penyesuaian seperti aku, jadi mungkin ini cuma di aku aja. Ya bagus sih kalau emang gak terasa, soalnya aku juga hampir menyerah waktu masa-masa itu. Berdasarkan aku pakai ini selama 2 bulan lebih cocok nih sepertinya buat yang kulit nya kering dan dehidrasi karena buat pemakaian produk sesudahnya jadi gampang di blend. Well, I can’t guarantee so try it by yourself!

What I Like :
+ Easy to find
+ Cheap
+ Transparent packaging
+ Not strong scent
+ A little goes super long way
+ Moisturizing
+ Hydrating
+ Multitasking

What I Dislike :
- Bulky

- I hate the side effect I feel during adaptation time


Produk ini dan produk Wardah lainnya bisa dibeli di Sociolla. Pakai kode SBNLAH14 untuk dapat potongan Rp 50.000 dengan minimal pembelanjaan Rp 250.000,  keterangan lebih lengkap bisa cek disini.

Thank you very much for reading and I hope you liked this review!



Follow me on :
twitter // instagram // google plus // bloglovin // facebook 
blogbyindira@gmail.com



80 Comments

  1. Aku juga baru beli ini kemaren! Abisnya banyak banget yang review bagus #gampangkenaracun

    Sebelumnya skincare Wardah yang aku pernah cobain tu cuma sunblocknya dan bikin breakout :( abis itu gak pernah coba Wardah lagi. Tapi yang aloe vera ini enak si, cuma awal-awal gitu emang kerasa panas ya??

    my-makeupdiary.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya terasa gak enak di kulit waktu awal. Semoga yg ini gak bikin breakout ya mba ;)

      Delete
  2. Pengalamanku sama banget waktu pake skincare dari wardah, waktu itu pake milk cleanser dan kerasa panas gitu di kulit. Akhirnya ganti ke yang acne series dan ga ada masalah apa-apa siih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pakai acne series cuma yang face wash gel, untung gak ada rasa apa2, cuma wwanginya aja kuat banget ya ^^;

      Delete
  3. Pertama kali tau ada produk ini aku juga pengen beli karena ada bacaan cooling & soothing. Tapi nggak jadi karena nggak pernah cocok sama skin care-nya wardah :(

    ReplyDelete
  4. Aku cuma pernah nyobain facial foam sama toner nya yang acne series kalo nggak salah, tapi kurang cocok karena bikin kulitku makin berminyak, padahal produknya untuk kulit berminyak -____-
    Sejak itu jadi nggak yakin buat nyoba skin care wardah, pas liat gel ini juga nggak tertarik soalnya masih punya yang Nature Republic, kalo yg NR sih cepet banget nyerap ke kulitnya, dan nggak ada keluhan apa-apa sih di kulitku. Semoga aja yg wardah ini juga bisa cocok buat aku.

    Sitha | lemmeswatchit.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum coba Nature Republic XD

      Delete
    2. hi kak shita, kalau boleh tau waktu itu beli NR nya dimana ya dan harganya berapa kak :)

      Delete
    3. Kalau NR ada banyak di onlineshop ig kak. Tapi harus hati2 karena sudah ada yg palsu. Pokoknya range harganya paling murah 75k dibawah itu wajib ditanya keasliannya

      Delete
    4. Hai kak, aku lg pesan NR aloe vera gel di althea harganya 50ribuan lg diskon hihi. Tp smp skrg blm dtg kayanya gegara beacukai lg ketat huhu so sad:( apa nyobain aloe vera wardah dulu ya smbil nunggu NR nya dtg? Galauuu soalnya pake sunblock wardah keluar jerawatnya cuma 1-2 sih, smp skrg blm berani ak pake lg sunblocknya huhu *curhat

      Delete
    5. ini aku jawab berdasarkan pengalaman aku ya, kebetulan udah coba keduanya, tp perlu diingat bisa beda hasilnya di orang lain.

      dari tekstur beda yg aku rasa di kulit juga beda.
      wardah di kulit aku lebih bikin lembab tapi ya gitu waktu beberapa hari pemakaian pertama gak tau knp susah meresap.
      NR Aloe Vera gak terasa gimana2 sih di aku, meresap gitu aja kayak gak pakai apa2.

      tapi setau aku wardah aloe vera sekarang tulisannya gak ada 'pakai di muka' deh buat tubuh aja

      Delete
  5. apa cuma aku yang terasa panas iya pertama pake produk wardah nih?😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu gak sendiri kok, tmn aku ada juga yg ngerasa panas :)

      Delete
    2. Aku pakainya juga panas pertama kali nih..😂

      Delete
    3. Saya juga ngerasa panas pake produk ini .. apa gak akan knpa knpa ke kulitnya ???

      Delete
    4. Iya pake ini juga kulit mukaku panas .. apa gak akan knpa knpa ke kulitnya ya ???

      Delete
    5. Pake nya di kombinasiin. Kalo aq pake pelembab dulu trus pake aloe vera gel nya, ga terasa panas sama sekali. Pake nya jg dikit aja. Aq jg campur sama dd cream wardah, hasilnya jg jd bagus, tahan lama.

      Delete
  6. Cocok untuk kulit berminyak ga kak?

    ReplyDelete
  7. Teman" kka yg mukanya terasa panas waktu pemakaian, masih dilanjutin pemakaiannya engk? Trus ad efek sampingnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di kulit aku awal pemakaian panas bgt di kulit, tpi aku pikir itu cuma masa2 penyesuaian, tapi setelah 2 mingguan aku tetep pakai hasilnya malah bikin kulit muka aku berubah warna, jadi kaya' gosong gitu, gatal jg panas, brenti pke skincare ini deh jadinya. Dulu pke bedaknya jg langsung jerawatan parah bgt.

      Delete
    2. agree sist.. ku jga gitu, dpake trasa panas dan malah muncul jerawat kecil".. :(

      Delete
  8. Kak, ini bisa dibuat primer untuk make up gak ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. #bantujawab

      aku pake ini sebelum pake foundation soalnya kulit muka ku kering bgt kl langsung pake foundie bakal cakey banget. akhirnya aku pake ini dan it works well for me :)

      Delete
    2. ini sih bagus bgt sebagai primer dan awet seharian..aku udah buktikan!!
      kalo di aku sih ga berasa pamas sama skali ya malahan muka jadi seger mungkin efek ke kulit muka tiap orang beda2 ya sist😂

      Delete
  9. Ini Favourite aku bangeet, ngebantu muka aku jd lebih lembab terus agak nyembuhin bekas jerawat yg menghitam..Buat base makeup kulit berminyak juga oke👍🏻👍🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok aku berasa pedis yah?

      Delete
    2. Setuju sama yg ini... Awal pakai emang ngrasa gerah, trs perih di sekitar hidung dan lengket, tp setelah seminggu pemakaian udah mulai ilang rasa perihnya, gerahnya udah mulai biasa aja tapi untuk lengketnya masih bisa di maklumi di kulit aku, aku pakai ini setelah pakai toner viva green tea (pagi dan malam). Efek pagi hari setelah pakai aloevera wardah ini jadi lebih nempel make up nya, dd cream nya wardah jd makin keliatan ok. Trs efek pemakaian malem nya, bekas jerawat aku yg hitam2 makin berkuran (kliatan bgt berkurangnya)... Malam hari setelah pakai aloevera ini aku pakai in cream dokter (nigh cream brightning acne).. Dan gk ada masalah.... (meskipun tanpa konsul ke dokter ku dl)
      Hehe
      Tp kembali lagi setiap orang kulitnya beda2....

      Delete
  10. Aku juga udh nyobain ini produk hampir 2 bulan. Biasanya aku pake di pagi hari aja sbg moisturizer, baru 2 hari ini aku iseng coba pake sebelum tidur. Alhasil dahi jadi beruntusan huhuhu kaget banget. Bingung hrs kuterusin atau nggak

    ReplyDelete
  11. I have a dry skin and this product did the trick to me! Aloe vera also has an acne treatment property as it releases hormone that heals acne. I love this product! No exageration but after a day of using this product I already felt my skin got smoother! I highly recommend.

    ReplyDelete
  12. Pakai ini bisa bikin kulit tipis ga sih?terus bisa bikin muka merah kalu kena sinar matahari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok bisa mikir kulit tipis ya?
      Hmm setau saya kalau produk bisa kulit tipis itu, produk yang buat exfoliate, seperti scrub atau peeling.
      Terus juga kalau kulit merah kalau kena matahari saya ga pernah ngalamin.

      Delete
  13. halo.. mau tanya, apakah produk ini ada fakenya ? aku bru beli kemarin trus baca2 di kemasan bagian belakang di situ tertulis pemakaian utk kaki, tangan, dan badan, gak ada tulisan utk pemakaian wajah, jdi ragu pakai nya. mohon pencerahannya, trims sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum tau ya sudah ada fake nya apa belum.

      Tapi bisa dilihat di foto di atas dibagian cara pakai ada tulisan,
      "Gunakan pada wajah, kaki, tangan...."

      Jadi bisa dipakai untuk wajah

      Delete
  14. Ka dibagian blkng kemasan ini kan ada tulisanya dipakai di kaki tangan dan badan .emang boleh buat wajah ya?soalnya gada tulisan untuk wajah.makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab ya.. (aku gemes liat org yg ngeyel.hihi ups,,sorry)

      Cara pakai :
      Gunakan pada wajah, kaki, tangan, dan badan setelah mandi. Ulangi bila diperlukan.

      Disana ada tulisannya begitu kak. Coba deh baca lagi :)

      Delete
    2. Loh, dikemasan wardah hydrating aloe vera gel punyaku juga cuma ditulis "gunakan pada kaki, tangan, dan badan setelah mandi. Ulangi bila diperlukan"

      Apa kemasan wardah dikota satu sama kota lain beda tulisan?

      Delete
    3. Punya aku yg review disini ada tulisan bisa dipakai di muka ya.

      Mungkin punya km versi terbaru ^^

      Delete
    4. Dipunyaku juga tulisannya gitu sis,,, tp aku coba dulu deh,,, pemakaian pertama mmng ada sensasi panas2 gitu,,,tp pas ngaca emang bikin redaan kulit wajah memerah karena jerawat gitu

      Delete
    5. Buat punyaku yg gada tulisan wajah nya masih tetep bisakah dipakai di wajah...
      2 hari nyoba rasanya aneh lama ngeresapnya, tp kalau dipakai d tangan keringnya cepet gada 5 menit terus bkin alus juga.
      Btw aku coba d muka sampai skrg g ada efek kemerahan / berjerawat gitu...
      Saranya gimana , stop pemakaian / masi lanjut

      Delete
    6. Aku juga beli, tapi kata mba mba wardahnya untuk skrg tidak diaplikasikan utk wajah.. Begitu kakak kakak...

      Delete
  15. Banyak yg bilang bgus.. Kira" klo bwat nGiLangin komedo muka bruntusan bisa gg iiah sis...

    ReplyDelete
  16. Kak bantu info dong, aku rencana mau pake produk ini, nah kalo pake hydrating aloe vera gel ini dia di apply paling awal ya? Setelah itu harus pake sunscreen lagi ngga sebelum dipakein BB cream?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai ini dulu, sunscreen, bb cream

      btw di cek ya wardah hydrating aloe vera gel yg kamu punya itu dibagian cara pakai ada tulisan buat muka atau gak, yg baru gak bisa dipakai untuk muka kalau gak salah :)

      Delete
    2. Punyaku gk ada tulisan bwt muka seh,tp ttp aq pakein bwt muka dn hasilnya kulit aq yg kering dn kusam jg lembut dn bercahaya..jd makin suka sma ini produk

      Delete
    3. sama, aku baru beli kemarin, dan gak ada tulisannya buat wajah, tapi aku coba pakai dan rasanya biasa aja gak panas juga. semoga aja gak ada iritasi ya.

      Delete
  17. Mau nanya,Bisa dipakein dileher ga si ka ? Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, karena pakai pelembab di seluruh tubuh gak cuma muka aja

      Delete
    2. Bisa karena ini bisa di pake diseluruh badan....

      Emang awal2 pas dipake di wajah ada rasa panas tapi bentar banget abis itu ilang
      Tapi so far diaku baik2 aja ni prodak.
      Malah kulit bagian pojok bibirku kan kering banget kya ada kulit ngelupas gtu, rutin tiap hari aku kasih ini skrng udah gak ngelupas2 gtu

      Delete
  18. Wah..aku kulinya berminyak , sepertinya tidak bisa yah ? huhu .sebenarnya aku gak cocok utk skincare nya dari wardah juga sih,karena itu masih maju mundur mau coba,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai untuk kulit berminyak biasanya pakai pelembab water based atau yang teksturnya gel, mungkin cocok ya, silahkan coba sendiri karena reaksinya pasti berbeda.

      Delete
  19. Terus kamu pakai cream apa kak ? Aku paling galau nentuin skin care, soalnya wajahku berminyak parahhh :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa cek aja di tag, ada tulisan moisturizer :)

      Delete
  20. Aku justru beli ini produk karna beberapa MUA banyak yang pake ini sebelum pake foundation, agar ntar gak dehidrasi kulitnya pas ditumpuki make up, dulu pake toner wardah emang ada efek nya rada2 panas gitu ya, bukan panas segitu nya juga sih, tp ada rasa2 lengket yang seakan2 kayak panas gitu, juga lamaaaaa keringnya.

    aku baru make 1 kali, mudah2 an betahan :D

    ReplyDelete
  21. Misteri bangett deh. Di yang aku beli untuk kaki, tangan dan badan setelah mandi. Ulangi lagi bila diperlukan ������ bingung. Aku kira untuk mukaa. Aku baru aja beli ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, untuk yang gak ada tulisan muka sepertinya itu seri terbaru ya karena aku lihat expired date nya lebih lama :)

      Delete
  22. Aman tUk ibu hamil gag mba..?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanya dokter ya, biar di analisa ingredients nya

      Delete
  23. Baru beli 3 hari yg lalu. Buat di cara pemakaian itu hanya pada kaki dll gak ada untuk wajahhh. Akirnya ku coba nih pakai di muka rasanya aneh kurang nyaman muka kerasa bgt lembab nya (blm bisa ngerasain maksimal karna diimbangin sama flu), tpi kalau dipakai ditangan & lengan rasanya cepet kering dan aluss.

    ReplyDelete
  24. Blh make utk remaja umur 13 thn ga kak?

    ReplyDelete
  25. Kak, blh dipake utk remaja 13 thn gt ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab, 13 tahun jangan pake yang aneh2 dulu. Kalo buat tangan/ kaki sih gapapa. Kalo di muka jangan dulu. Sayang banget mukanya.

      Delete
  26. hai mbak, salam kenal. aku mau bagi pengalaman dikit untuk fungsi lain produk ini boleh kan?
    aku beli skitar sebulan lalu, di 'cara pakai'nya ngga ada tulisan untuk wajah. tapi aku tetap pakai untuk wajah di pagi hari sebelum pake sun screen :D awal aku pakai rasa panas dan meresapnya lama bikin hampir nyerah, aku pikir emang masa penyesuaian. lanjut pakai sampai 2 minggu dan akhirnya nyerah karena masih aja lama nyerapnya bikin males, kalo mau berangkat ngantor butuhnya yg cepet2. :D

    akhirnya skrg cuma aku pakai kalo kulit siku aku kering aja. :D

    seminggu yang lalu aku kena luka bakar karena uap air seluas telapak tangan, masih masuk kategori luka bakar level 1 sih. aku search di google untuk penanganan luka, pake lidah buaya bisa mendinginkan dan menyembuhkan luka bakar. aku coba pakein ini, 3hari doang langsung sembuh dan ngga meradang sama sekali (biasanya pakai bi*palcent*n bisa semingguan). caranya: setelah terpapar, bagian yg terpapar langsung dialiri air dingin dr kran (jangan air yg menggenang) skitar 20-30 menit, abis itu dilap pelan2 trus diolesin ini deh. ntah kenapa efek coolingnya baru aku rasain waktu ini, sebelumnya aku pakai pasti panas. :))

    ReplyDelete
  27. Kalo aku tipe kulit yg sensitif banget, pernah pake produk selain wardah tuh bener2 kyk jd merah2 malah kadang bentol2 banyak gt kyk digigit nyamuk, trus bisa bruntusan banyaaak bgt, untung gk jerawatan yg meradang gt, gk cuci muka sekali aja atau kepegang tangan sekali pasti kyk langsung bisa bruntusan. Nah aku pake wardah kan natural banget gaada alkohol atau bahan2 yg kyk ngerusak gt kan, aku pake juga gk panas, yg menurutku penting klo bersihin wajah pake kapas sm cleanser itu jangan yg di tekan atau digosok terlalu keras. Aku pernah begitu juga pake produk lain pun panas. Nah habis diusap2 lembut pake toner, yang biasa buat ngangkat sisa make up sama yang hydrating. Jd gausah digosok2 mukanya. Trus cuci muka juga jgn digosok2 terlalu keras gt, apalagi scrub atau exfoliating

    ReplyDelete
  28. Aku baru tau ada yang pake produk wardah terus ngerasa panas. Soalnya alhamdulillah aku cocok terus sama wardah apalagi produk yang ini,buat kulit wajah aku yang dibagian idung berminyak tapi yang lainnya kering banget itu bikin semuanya lembab merata,idung jg udh gaterlalu oily hehe btw makasih ya kak reviewnya^^

    ReplyDelete
  29. Kk cocok u/ kulit berjerawat g kk??? Kulit aq d bagian T zona juga berminyak

    ReplyDelete
  30. Sama, punya saya juga ga ada tulisan buat dipake di wajah. Tapi saya tetep pake di wajah karena menurut saya komposisinya masih keitung aman. Udah gitu ga ada alkohol dan silikonnya. Dan sampai saat ini, kayanya cuman Wardah yg ini yg ga bikin muka saya bermasalah. Awal pemakaian (1-2 hari) emang berasa nyelekit gatel, tapi saya rasa itu karena muka saya kering parah. Tapi sekarang udah jalan 8 bulan, yg saya rasain muka saya lebih halus dan lembab aja. Harusnya seumuran saya udah pake anti-aging, tapi muka ga cocok pake yg ada silikon dan alkoholnya. Pasti langsung gatal, bruntusan, dan kering. Makanya buat saya si Wardah ini berguna banget gacuma sebagai pelembab tapi juga pengganti primer.

    ReplyDelete
  31. Aku baru beli tadi, terus aku pake dimuka,punya aku gaada tulisannya buat muka tapi baru aja make rasanya rada panas gitu tapi baru sebentar make udh langsung nyerap, kalok dilanjutin di muka kirakira aman gk kak? Karena kan di produknya gaada untuk muka
    Bantu jawab dong ka plis muka aku bruntusan gitu, terus aku ketergantungan sama 1 salep muka gitu, kalo aku gk pake 2 hari aja jadi nambah banyak biang jerawat yg kecil kecil gitu sama gatel gatel
    Kira kira ini kalo di lanjutin aman gk ya kak? Tolong jawab dong

    ReplyDelete
  32. Iya, waktu aku pertama kali pakai emang seger wajahnya lumayan cerah gitu. Terus beberapa kali dipake kok jadi panas sama muka warna nya kayak merah merah kebakar gt. Aku takut nglanjutin gitu setelahnya, jadi aku pakai buat lotion badan ( sebelumnya jg kek gt, hehe). Oiya, btw muka ku berminyak. Gimana ya? Minta pendapat dan sarannya dong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mukaku juga berminyak aku pake soothing gel dr etudehouse, enak gak lengket gak panas dan setelah dipake masukin ke kulkas pas dipake jadi enak, oh iya coba pake bioderma yg sebium H2O sama pake innisfree no sebum itu menyerap sebum, selamat mencoba ��

      Delete
  33. Aku pake wardah juga gak cocok dan ada parabennya juga gatau kalo soothing gel nya, lama meresap u.u aku pake etudehouse beberapa menit udah kesat lembab dikulit

    ReplyDelete
  34. Ini aku baru pertama kali pake trs rasa awalnya panas* gitu, trs kulit wajah kok malah jg kyk gosong(item) gitu ya, minta sarannya dong kak ini di terusin apa tidak

    ReplyDelete
  35. ini bisa dijadiin dupenya nature republic nggak? :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. di kulit aku sih gak, karena rasanya beda ya.
      wardah ini lebih oke buat ngelembapin kulit aku, kalau nature republic aku gak ngerasa apa2

      Delete
  36. Aku baru nyoba nih,dan efeknya sama persis sama yang kamu review mungkin kulit aku juga lagi penyesuaian yaaa rada gerah gitu terus lengket padahal kata orang orang nggak gitu hehe

    ReplyDelete
  37. Aku itu lumayan cocok sama wardah, dari dulu pakai facial wash Wardah yang white secret, terus karena habis, coba pakai yang C-Defense. Kulit aku yang awalnya nggak berminyak jadi berminyak, padahal wardah yang C-Defense katanya buat ngurangi minyak, kenapa gitu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai kak, gak semua produk bekerja sesuai claim-nya kok :)

      Delete
  38. Aku pernah pake nr buat masker wajah juga lengket n gerah, abis itu dibilas air sih gada efek apa2, mau beli wardah nyoba buat maskeran jg ah

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.

Jika ingin berkomentar dengan meninggalkan link, silakan gunakan NAME&URL. Link pada kolom komentar akan dihapus.

Jika butuh jawaban cepat, silakan tanyakan melalui instagram: indiranyan