Menyusuri Keindahan Gili Trawangan*

Saturday, October 15, 2016

Hi all! It’s me Indira and welcome (back) to my blog.

Di kalangan para traveler, nama Gili Trawangan tentu sudah tidak asing lagi. Tempat ini sudah cukup populer bagi wisatawan, khususnya bagi yang ingin menikmati suasana pantai dan bahari laut. Gili Trawangan adalah sebuah pulau kecil yang berada di sebelah barat laut Lombok. Kata Gili sendiri berarti pulau kecil. Maka sesuai dengan nama, wilayah pulau ini pun tak terlalu luas. Panjang pulau ini sekitar 3 km dan memiliki lebar 2 km.

Dengan jumlah penduduk sekitar 800 jiwa saja, membuat pulau ini terbilang asri. Hampir tidak ditemukan sampah yang bertebaran mengotori sisi pantai di tempat ini. Di tambah lagi dengan fasilitas pendukung seperti hotel dan penginapan di sekitarnya yang bervariatif dan nyaman. Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan budget pribadi. Tentunya ini akan memanjakan perjalanan travelling anda.

Penginapan di Gili Trawangan 
(source : senang-villa.com)

Selain itu ada aturan lokal yang menarik, yaitu tidak boleh ada kendaraan bermotor yang berlalu lalang disana dan para wisatawan bisa memilih alternatif kendaraan, sepertI : cidomo (kendaraan khas lombok), sepeda ataupun berkuda. Barulah untuk perjalanan atar pulau kamu bisa memilih kendaraan seperti speed boat dan kapal bermotor.

Dari sisi sejarah, Gili Trawangan pun memiliki historical yang unik. Awalnya pulau ini merupakan tempat pembuangan para tahan. Dahulu kala, raja pernah membuang 350 pemberontak Sasak di tempat ini. Barulah pada tahun 1970-an, pulau ini menjadi persinggahan rutin bagi orang Bugis yang berlayar dari Pulau Sulawesi. Hingga saat ini, Gili Trawangan pun akhirnya dihuni oleh orang dari suku Sasak dan Bali.





Lalu bagaimana cara untuk menjangkau pulai ini? Tidak usah khawatir, banyak pilihan transportasi yang bisa kamu gunakan. Jika kamu berangkat dari Bandara Internasional Lombok, kamu bisa naik kendaraan langsung menuju Pelabuhan Bangsal. Dari Pelabuhan Bangsal dilanjutkan dengan public boat langsung menuju Gili Trawangan.

Sesampainya di Gili Trawangan, kamu akan disambut dengan keramahan penduduk lokal. Selain itu kamu pun bisa memilih wisata bahari seperti diving, fishing atau bahkan snorkeling. Untuk kamu yang belum pernah diving pun tak usah khawatir. Bagi calon penyelam, kamu bisa memilih penyedia jasa diving yang terpercaya, karena semua penyedia jasa sudah dilengkapi dengan standarisasi nasional dan internasional. Keunggulan lainnya adalah banyak spot diving disana.


Pemandangan keindahan Gili Trawangan 
(source : wisatadilombok.com)

Tak hanya wisata lautnya, kamu pun bisa menikmati wisata lainnya seperti wisata kuliner. Kamu akan disuguhi dengan deretan restoran dan kafe di tempat ini. Mulai dari harga yang terjangkau, sampai harga yang terbilang mahal. Terdapat juga tempat makan yang cukup terkenal seperti Warung Indonesia. Warung ini menyediakan segala macam makanan khas Indonesia, alias yang belum cocok dengan makanan khas barat.

Jika ingin puas wisata kuliner sambil hunting tempat menarik, datanglah ke Pasar Seni. Pada malam hari, banyak pedagang  yang menggelar jajanannya. Disini kamu bisa menikmati berbagai macam panganan malam khas Indonesia dengan harga murah dan terjangkau. Setidaknya kamu dapat mengangkat perekonomian masyarakat sekitar yang berjualan di malam hari.

Selain wisata diatas, aku punya beberapa rekomendasi wisata kalau kamu mau berkunjung ke Gili Trawangan :

1. Wisata Konservasi Penyu
Di wilayah pelabuhan Gili Trawangan, ada sebuah tempat yang dinamakan Turtle Conservation. Area ini memang merupakan tempat untuk penangkaran penyu yang saat ini jumlahnya terbilang langka. Hewan bertempuruing ini dikembangbiakkan di dalam aquarium besar yang ada di daerah konservasi. Pengunjung bisa melihat langsung keadaan penyu tersebut. 

Penyu yang telah cukup besar, dilepaskan dengan cara adat. Prosesi ini sangat menarik perhatian para pengungjung. Selain itu pengunjung pun bisa memnambah wawasan mereka tentang penyu dan kepedulian dalam menjaga lingkungan. Konservasi penyu ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Gili Trawangan.

2. Film Pinggir Pantai
Hal unik lainnya yang tidak ditemukan di pantai lain adalah adanya menonton film di pinggir pantai. Kamu bisa memilih tempat-tempat yang menyediakan berbagai macam film yang kamu sukai. Baik dalam bentuk TV ataupun layar lebar. Kamu tak perlu membayar tiket, cukup dengan membeli makanan dan minuman yang tersedia di tempat tersebut.
3. Presean
Presean atau yang lazim dikenal dengan istilah stick fighting merupakan seni bela diri tradisional asal Lombok. Presean sendiri adalah bertandingan antara dua pepadu (petarung). Masing-masing pepadu dibekali dengan tongkat rotan yang disebut penjalin, dan juga sebuah tameng kulit yang dinamakan ende. Biasanya presean ini dimainkan oleh petarung suku sasak yang sudah ahli dan diadili oleh seorang wasit yang dinamakan pakembar.

Pertarungan presean di Lombok 
(source : kidnesia.com)

Itulah beberapa ulasan mengenai objek wisata Gili Trawangan. Pastinya kalau kamu mau kesana siapkan perlengkapan dan budget yang cukup. Sebab itu akan menentukan peralanan kamu nantinya. Selamat berlibur!

Oh iya, untuk penginapannya sendiri kamu bisa coba melakukan booking online via situs traveloka, sehingga akan lebih mempermudah kamu ketika berkunjung ke Gili.

Thank you very much for reading and I hope you liked this post!


Follow me on :
  twitter // instagram // google plus // bloglovin // facebook 
blogbyindira@gmail.com

RELATED POST

3 komentar

  1. Aku pengen kesana nah Dir :( Kayanya bagus banget kalo buat refreshing :D aaah iya, aku punya temen asal Lombok, wkwk seenggaknya bisa lah ya buat diajak nemenin ngiterin sana :D


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Pengen banget liat penyu - penyu unyu di Wisata Konservasi Penyu :)

    - Lily Kanaya
    www.Glowlicious.Me

    ReplyDelete
  3. Aku kangen Gili Trawangan :''') Indahnya tiada tara ampe mau nangis wkwk lebay banget ya xD

    www.magellanictivity.com

    ReplyDelete

Hello. Thank you for visiting my blog and share your opinion. I'll reply comment after I read. Make sure you use active profile when leave comment so I can visit your blog too.


Comment with active links (clickable link) to your own blog, giveaway post, referral links won't be approved to make this blog spam-free.

Welcome to What Indira Loves